Walau Menyehatkan, Harus Tetap Waspada dengan Efek Samping Kacang Almond Ini

(0)
28 Aug 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Efek samping kacang almond bila dikonsumsi berlebihan adalah memicu masalah pencernaanMeski tergolong camilan sehat, mengonsumsi kacang almond dapat memicu pertambahan berat badan
Kacang almond merupakan salah satu kacang yang sangat menyehatkan untuk tubuh. Kacang tinggi vitamin E ini berpotensi untuk mengontrol gula darah, mengendalikan tekanan darah, bahkan menurunkan kolesterol. Walau begitu, konsumsi kacang almond harus dilakukan dengan bijak dan tidak berlebihan. Pasalnya, ada beberapa efek samping kacang almond yang berisiko terjadi jika konsumsinya tak terkontrol. Apa saja efek samping kacang almond tersebut?

Risiko dan efek samping kacang almond jika dikonsumsi berlebihan

Jika dikonsumsi berlebihan, efek samping kacang almond berikut bisa terjadi:

1. Naiknya berat badan

Pada porsi yang tidak berlebihan, kacang almond dapat menjadi camilan sehat. Namun, jika tidak bijak mengonsumsinya, kacang almond berisiko memicu pertambahan berat badan. Rekomendasi aman satu sajian kacang almond yakni sekitar 28,3 gram - di mana kalori yang diberikan bisa mencapai 163 dengan 14 gram lemak. Apabila Anda mengonsumsi kacang almond hingga tiga kali lipat dalam sehari, maka kalori yang masuk ke tubuh bisa mencapai 378.Jika kebutuhan kalori Anda dalam sehari idealnya 2000 per hari, jumlah kalori dari kacang almond tersebut bisa hampir 20% dari kebutuhan energi harian dari makanan. 

2. Risiko interaksi dengan obat

Risiko efek samping kacang almond lainnya adalah interaksi dengan beberapa jenis obat. Pasalnya, kacang almond mengandung nutrisi yang disebut mangan – yang jika terlalu banyak di tubuh dapat berinteraksi dengan obat tertentu.Setiap 28,3 gram kacang almond mengantongi mangan sekitar 0,6 miligram – yang memenuhi 27% dari kebutuhan harian tubuh terhadap nutrisi ini. Tubuh memerlukan sekitar 1,8 -2,3 miligram mangan untuk berfungsi dengan normal.Konsumsi kacang almond berlebihan, terutama jika diiringi sumber mangan lainnya, berisiko memicu interaksi obat. Obat yang dapat berinteraksi dengan mangan dalam kadar tinggi yakni antasida, antipsikotik, obat pencahar, obat tekanan darah, dan beberapa jenis antibiotik.

3. Masalah pencernaan

Perut kembung dan sembelit merupakan efek samping kacang almond jika dikonsumsi berlebihan
Mengonsumsi kacang almond berlebihan dapat memicu perut kembung
Setiap 28,3 gram kacang almond mengandung serat sekitar 3,5 gram. Walau serat diperlukan tubuh untuk pencernaan yang sehat, asupan serat yang berlebihan sebaliknya juga dapat memicu sembelit dan perut kembung  - jika tubuh Anda tidak terbiasa diberikan terlalu banyak serat dengan tiba-tiba.Apabila Anda mengonsumsi banyak kacang almond, iringi dengan konsumsi air putih untuk membiasakan tubuh terhadap serat yang masuk.

4. Kelebihan vitamin E

Efek samping kacang almond yang juga perlu Anda waspadai adalah kelebihan vitamin E. Kacang almond memang menjadi sumber vitamin E, sebagai vitamin yang memiliki efek antioksidan.Terlalu banyak vitamin E dapat berbahaya untuk tubuh, terutama jika Anda mengonsumsi sumber vitamin E lain seperti bayam, telur, dan biji serealia utuh. Kelebihan vitamin E dapat menimbulkan efek samping seperti lelah berlebih dan rasa kantuk yang tidak normal (letargi), diare, sakit kepala, hingga gangguan penglihatan. Risiko flatulence atau keluarnya gas dengan berlebihan juga bisa terjadi.

Peringatan alergi kacang almond

Selain efek samping kacang almond, risiko alerginya juga perlu diperhatikan. Orang dengan alergi kacang harus menghindari kacang almond. Apabila Anda atau orang terdekat mengalami reaksi berikut ini setelah konsumsi kacang almond, segeralah cari bantuan medis:
  • Pembengkakan di area tubuh
  • Gatal-gatal
  • Sulit bernapas
Jika Anda memiliki riwayat alergi kacang, Anda harus senantiasa teliti untuk memeriksa label makanan. Pastikan pula tidak ada kandungan kacang dalam makanan yang Anda beli di restoran, termasuk kacang almond.

Peringatan tersedak dan aspirasi paru

Hal lain yang patut diwaspadai dari konsumsi kacang almond adalah risiko tersedak dan aspirasi paru. Risiko tersedak biasanya terjadi pada anak-anak, beberapa kelompok orang lanjut usia, dan individu yang memiliki kesulitan dalam menelan.Aspirasi paru, yakni kondisi masuknya makanan ke dalam paru-paru, juga perlu diperhatikan dalam konsumsi kacang almond. Peringatan ini perlu diperhatikan oleh pasien demensia dan pasien penyakit Parkinson. 

Catatan dari SehatQ

Efek samping kacang almond perlu diwaspadai jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak. Pada akhirnya, seperti jenis makanan apa pun, kacang almond bisa dikonsumsi dengan wajar dalam sehari, yakni sekitar 28,3 gram.
makanan sehatmasalah pencernaanalergi kacang
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/9-proven-benefits-of-almonds
Diakses pada 15 Agustus 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/468243-side-effects-of-eating-a-lot-of-almonds
Diakses pada 15 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/269468
Diakses pada 15 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait