Walau Belum Familiar, Tepung Kelapa Memiliki 6 Manfaat yang Menakjubkan Ini

Tepung kelapa terbuat dari daging kelapa yang dikeringkan dan digiling
Tepung kelapa berupa serbuk putih bertekstur ringan

Apakah Anda pernah menggunakan tepung kelapa? Tepung kelapa adalah tepung yang terbuat dari daging kelapa yang telah dikeringkan dan digiling. Tepung ini berupa serbuk putih halus dengan tekstur yang ringan. 

Meski tak sepopuler tepung terigu dan tepung beras, tapi tepung ini juga dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat kue. Bahkan tak kalah dengan tepung lainnya, tepung kelapa juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. 

Nutrisi yang terkandung dalam tepung kelapa

Tepung kelapa adalah pilihan yang tepat jika Anda memiliki alergi kacang dan gluten. Di samping itu, tepung ini juga memiliki nutrisi yang beragam. Seperempat cup atau sekitar 30 gram tepung kelapa mengandung nutrisi, sebagai berikut:

  • 120 kalori
  • 18 gram karbohidrat
  • 10 gram serat
  • 6 gram protein
  • 4 gram lemak
  • 6 gram gula
  • 20% nilai harian zat besi

Tepung yang berasal dari kelapa umumnya dianggap sebagai serat rendah karbohidrat. Selain kaya akan serat, tepung kelapa juga menyediakan asam lemak rantai sedang dan zat besi nabati yang baik untuk tubuh. 

Manfaat tepung kelapa untuk kesehatan

Dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, tepung kelapa dipercaya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Adapun manfaat tepung kelapa untuk kesehatan, yaitu:

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam tepung kelapa juga baik untuk pencernaan. Serat tak larut yang dikandungnya dapat memperlancar perpindahan makanan melalui usus, dan mengurangi kemungkinan sembelit. Sementara, serat larutnya dapat memberi makanan pada bakteri baik dalam usus. Dengan begitu, kesehatan pencernaan pun menjadi meningkat.

2. Membantu menurunkan berat badan

Tepung kelapa dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung serat dan protein yang bisa mengurangi rasa lapar dan nafsu makan. Selain itu, asam lemak rantai sedang yang ada di dalamnya juga dapat mengurangi nafsu makan dan diproses secara berbeda dari lemak rantai panjang sehingga membantu membakar kalori sedikit lebih banyak. Namun, efek ini memiliki kemungkinan yang kecil.

3. Berpotensi membunuh virus dan bakteri

Asam laurat yang terkandung dalam tepung kelapa dapat membantu melawan infeksi tertentu seperti yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus dan jamur Candida albicans. Setelah dicerna, asam tersebut membentuk senyawa monolaurin. Penelitian tabung menunjukkan bahwa asam laurat dan monolaurin dapat membunuh virus, jamur, dan bakteri yang berbahaya. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia.

4. Membantu metabolisme

Tepung kelapa memiliki asam lemak rantai sedang yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa asam leak tersebut bertindak sebagai pengatur nutrisi dan metabolisme penting dalam tubuh. Asam lemak rantai sedang digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi, dan mendorong metabolisme yang sehat.

5. Menjaga gula darah stabil

Tepung kelapa kaya akan serat yang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal itu terjadi karena serat bisa memperlambat kecepatan gula untuk memasuki aliran darah. Selain itu, tepung kelapa juga lebih rendah karbohidratnya dibanding tepung yang lain sehingga menjadi pilihan yang lebih baik bagi penderita diabetes atau orang yang ingin menjaga gula darah.

6. Menjaga kesehatan jantung

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 15-25 gram serat kelapa setiap hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total sebesar 11%, kolesterol LDL sebesar 9%, dan trigliserida darah hingga 22%. Di samping itu, asam laurat yang terkandung dalam tepung kelapa juga dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan penumpukan plak di arteri. Sementara, efek asam laurat pada kolesterol dapat bervariasi tergantung pada individu.

Anda dapat membeli tepung kelapa di toko makanan organik maupun toko-toko daring. Tepung kelapa umumnya digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat roti, pancake, kue atau makanan panggang lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya sebagai pengental sup sehingga terasa lebih gurih dan lezat.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-flour#comparison
Diakses pada 22 April 2020

Dr. Axe. https://draxe.com/nutrition/coconut-flour-nutrition/
Diakses pada 22 April 2020

Artikel Terkait