Walau Banyak Lemak, Manfaat Kacang Tanah Bisa Cegah Kegemukan

Manfaat kacang tanah bisa melindungi jantung hingga menurunkan kolesterol
Banyak lemak tetapi baik untuk jantung, itulah salah satu manfaat kacang tanah

Berdasarkan hasil sebuah riset, manfaat kacang tanah bagi kesehatan berkaitan dengan lebih sedikitnya angka kematian pada penderita obesitas yang parah, diabetes, perokok berat, dan pecandu alkohol, pada semua kelompok etnik yang sering mengonsumsi kacang tanah.

Menurut para penliti yang melakukan riset tersebut, konsumsi kacang yang termasuk bahan makanan dengan harga murah, bisa dianggap sebagai cara hemat biaya dalam upaya meningkatkan kesehatan kardiovaskular. 

Kacang tanah mengandung serat yang membantu menurunan kolesterol LDL, vitamin E dan L-arginine yang membantu dalam menjaga pembuluh darah tetap sehat serta bebas dari penumpukan plak. Pembuluh darah yang sehat tentu berdampak pada menurunnya risiko penyakit jantung dan kondisi medis yang kronis lainnya. 

Kandungan nutrisi kacang tanah yang tak bisa diremehkan

Kacang tanah adalah bahan makanan yang mengandung cukup banyak lemak sehat berupa lemak tak jenuh. Selain itu, kacang tanah merupakan sumber yang baik untuk mendapatkan serat, protein, dan nutrisi mikro lainnya. 

Berikut ini sederet nutrisi yang terdapat dalam 100 gram kacang tanah mentah:

  • Kalori: 567 kkal.
  • Protein: 25,8 gram.
  • Karbohidrat: 16,1 gram.
  • Gula: 4,7 gram.
  • Serat: 8,5 gram.
  • Lemak: 49,2 gram, yang terdiri dari 6,28 gram lemak jenuh, 24,43 gram lemak tak jenuh tunggal, dan 15,56 gram lemak tak jenuh ganda.
  • Air: 7%

Kacang tanah juga kaya akan vitamin dan mineral. Misalnya, vitamin B7 (biotin) dan B1 (thiamine), vitamin E, tembaga, niacin, folat, mangan, fosfor, serta magnesium. 

Nutrisi dalam kacang tanah masih dilengkapi pula dengan senyawa bioaktif nabati yang bersifat antioksidan. Apa sajakah jenisnya?

  • Arginine, yaitu jenis asam amino yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.
  • Resveratrol yang membantu dalam meredakan peradangan.
  • Fitosterol yang membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Flavonoid yang membantu dalam meredakan peradangan dan mencegah keping darah menempel di pembuluh arteri. 

Manfaat kacang tanah berkat kandungan baiknya

Seperti yang ditemukan dalam beberapa riset, mengonsumsi kacang tanah memiliki manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Menjaga berat badan ideal

Meski termasuk makanan yang tinggi lemak dan tinggi kalori, kacang tanah ternyata tidak memberikan kontribusi signifikan dalam kenaikan berat badan. Suatu riset justru menyimpulkan bahwa konsumsi kacang ini membantu menjaga berat badan normal serta mengurangi risiko obesitas. 

Dari hasil penelitian, para perempuan yang mengonsumsi kacang tanah dua kali seminggu memiliki risiko yang sedikit lebih rendah untuk mengalami kenaikan berat badan hingga obesitas dalam jangka waktu delapan tahun bila dibandingkan dengan para wanita yang jarang mengonsumsi kacang. 

Manfaat kacang tanah ini muncul karena beberapa faktor berikut ini:

  • Sebagai makanan camilan, kacang tanah mampu memberikan rasa kenyang sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil makanan yang lain.
  • Mengingat kalori dan lemaknya yang cukup tinggi, orang biasanya akan menghindari atau mengurangi konsumsi makanan berlemak lainnya setelah mengonsumsi kacang tanah.
  • Kandungan protein dan lemak tak jenuh dalam kacang tanah bisa meningkatkan pembakaran kalori.
  • Kacang tanah mengandung serat tak larut yang membantu dalam mencegah kenaikan berat badan. 

2. Menjaga kesehatan jantung

Kacang tanah memang berlemak, tapi kandungan lemaknya mayoritas lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Proporsi kandungan lemak ini menjadikan kacang kulit sebagai bahan makanan sumber lemak yang baik bagi kesehatan jantung.

Mengonsumsi 46 gram kacang tanah atau selai kacang bisa meningkatkan kondisi kesehatan jantung bagi mereka yang menderita diabetes. Meski begitu, perlu diperhatikan komposisi bahan dalam kemasan karena biasanya selai kacang dicampur dengan gula.

3. Mengendalikan kadar gula darah

Dengan angka indeks glikemik 23, kacang tanah dapat menjadi pilihan camilan sehat bagi penderita diabetes atau orang yang rentan terkena diabetes. Pasalnya, jenis kacang ini tidak akan menimbulkan peningkatan tajam pada kadar gula darah. 

Kadar gula darah bisa tetap terkontrol karena kacang tanah mengandung karbohidrat yang relatif rendah dan tinggi kandungan protein, lemak, dan serat. Serat akan memperlambat proses pencernaan, sehingga pelepasan energi juga melambat dan terkendali. Protein juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibanding karbohidrat sederhana. 

Agar manfaat kacang tanah bagi kesehatan didapat lebih optimal, konsumsilah kacang tanah beserta kulit arinya karena kandungan antioksidannya akan lebih banyak.

Anda juga lebih baik memilih kacang tanah rebus dibanding kacang tanah panggang dalam kemasan yang sudah diberi banyak garam. Berhubung kandungan kalorinya cukup tinggi, konsumsilah kacang tanah secukupnya saja.

Apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum mengonsumsi kacang tanah dalam jumlah banyak. Dokter akan menentukan apakah manfaat kacang tanah akan membantu dalam memperbaiki kesehatan Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/peanuts
Diakses pada 14 Oktober 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/news/eat-peanuts-live-longer/
Diakses pada 14 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325003.php
Diakses pada 14 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed