Waktu Mandi yang Baik untuk Bayi agar Tidak Rewel karena Masuk Angin, Kapan?


Waktu mandi yang baik untuk bayi agar tidak masuk angin bisa tiap pagi setelah berjemur matahari atau sore hari. Jangan mandikan bayi terlalu dekat waktu makan dan waktu tidurnya.

(0)
waktu mandi yang baik untuk bayi bersama ibuwaktu mandi yang baik untuk bayi adalah saat ia tidak sedang kelaparan, kekenyangan, mengantuk, atau kecapekan.
Waktu mandi yang baik untuk bayi sedikit berbeda dengan orang dewasa. Sebab, beda usia bayi, beda pula waktu mandinya.2 bulan pertama setelah dilahirkan, bayi cukup dimandikan sekali sehari karena ia masih beradaptasi dengan suhu lingkungan sekitarnya. Sementara itu, bayi berusia 2 bulan ke atas dapat dimandikan dua kali sehari setiap hari.Lantas, kapan waktu mandi yang baik untuk bayi agar tidak masuk angin; pada pagi hari atau sore hari sebelum tidur malam? 

Waktu mandi yang baik untuk bayi agar tidak masuk angin

Memandikan bayi adalah salah satu prinsip perawatan kulit bayi yang tidak boleh terlewatkan. Namun, kapan tepatnya waktu memandikan bayi yang baik juga perlu diperhatikan agar si Kecil tidak rewel dan kedinginan.Kapan waktu terbaik memandikan bayi baru lahir? Sebenarnya boleh dimandikan kapan saja, terserah Anda. Anda boleh memandikan si Kecil pada pagi hari atau sore hari. Begitu juga untuk bayi yang sudah lebih besar.Tipsnya, pilihlah waktu saat bayi Anda sedang merasa “segar” dan melek. Ada baiknya pula untuk pilih waktu saat Anda tidak terburu-buru atau kemungkinan besar akan diganggu oleh kegiatan lain.Sebaiknya jangan mandikan bayi saat ia masih lelah dan mengantuk sehabis bangun pagi atau baru mau tidur siang agar ia tidak rewel. Sebaiknya juga hindari memandikan bayi saat si Kecil lapar atau langsung setelah menyusu saat ia sudah merasa kenyang.Jika pagi hari adalah waktu mandi yang baik untuk bayi menurut Anda, mandikanlah kira-kira sekitar pukul 6 pagi sampai dengan pukul 8 pagi setelah bayi berjemur. Rentang waktu ini ideal untuk memandikan bayi agar ia tidak masuk angin karena kedinginan.Sementara jika sore hari adalah waktu yang lebih baik untuk Anda, selipkanlah jadwal mandi bayi antara pukul 4 sampai dengan pukul 5 sore.Rentang waktu dari jam 4 sampai 5 sore adalah waktu mandi yang ideal karena bayi sudah makan dan sudah bangun cukup lama dari tidur siangnya. Rentang waktu ini juga ideal karena tidak terlalu dekat dengan waktu tidur atau waktu makan malam bayi. 

Tips memandikan bayi yang harus Ibu perhatikan

Kapan waktu mandi yang baik untuk bayi bisa berbeda, tergantung usia si Kecil dan kebiasaan satu keluarga dengan yang lain.Beberapa orang tua memilih memandikan anaknya pagi-pagi saat mereka semua sudah merasa segar. Orang tua yang lain lebih suka menjadikan waktu mandi bayi sebagai bagian dari ritual tidur malam agar si Kecil tidur nyenyak.Pada dasarnya ketika orang tua sudah menemukan jadwal tidur dan jadwal menyusui untuk si Kecil, Anda akan lebih mudah menentukan waktu mandi yang baik untuk bayi.Oleh karena itu, orang tua dianjurkan untuk melakukan segala rutinitas, seperti menyusui, makan, memandikan, dan menidurkan bayi dalam jadwal yang teratur agar Si Kecil juga terbiasa melakukannya. Akan tetapi, Anda juga bisa menyesuaikan waktu mandi bayi dengan cuaca hari itu. Bila cuaca sedang panas-panasnya dan Si Kecil banyak berkeringat karena kegerahan, tidak apa untuk memandikannya dua kali sehari atau setiap hari.Kapan pun sebetulnya merupakan waktu mandi yang baik untuk bayi, asalkan Anda membasuh badan si Kecil dengan air hangat suam kuku.Memandikan bayi dengan air dingin dapat membuatnya menggigil kedinginan dan masuk angin. Kulit bayi juga mungkin lebih rentan kering jika terlalu sering dimandikan.

Pesan dari SehatQ

Beda usia bayi, beda pula waktu memandikannya. Memandikan bayi baru lahir cukup satu kali sehari. Anda bebas pilih waktunya, baik pada pagi saja atau sore hari saja. Sementara jika usia bayi sudah lebih dari 2 bulan boleh dua kali sehari, pada pagi dan sore hari atau pagi dan malam hari.Apabila Anda tidak ingin sering-sering memandikan bayi, Anda bisa selingi waktu mandinya dengan mengelap tubuh Si Kecil menggunakan waslap lembap yang dibasahi air hangat. Peras dengan baik untuk pastikan waslap tidak terlalu basah atau airnya masih menetes-netes. Lap wajah, leher, tangan, telinga, badan bayi, sampai kakinya dengan gerakan menyeka lembut. Bersihkan pantat dan area kelamin bayi dengan waslap lain.Begitu pula saat membersihkan mata bayi. Laman NHS menyarankan Anda untuk membersihkan masing-masing mata bayi dengan kain lembut yang lembap yang berbeda. Ini agar kotoran atau infeksi apa pun tidak berpindah dari satu mata ke mata lainnya.Baik memandikan bayi di pagi, sore, maupun malam hari, kuncinya adalah selalu usahakan untuk tidak membuat jadwal mandi terlalu dekat waktu makan atau menyusui dan waktu tidurnya agar ia tidak rewel. Jangan pula memandikan si Kecil saat ia sedang kecapekan.Chat dokter langsung di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar perawatan bayi. Kunjungi juga Toko SehatQ dan temukan penawaran menarik terkait perlengkapan mandi bayi.Download aplikasinya gratis sekarang di App Store dan Google Play Store.
mengatasi bayi rewelkotoran bayimerawat bayibau badanperkembangan bayimandi
Baby Centre https://www.babycentre.co.uk/a37/bathing-your-babyDiakses 15 Feb 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/healthy-baby/art-20044438Diakses 15 Feb 2021NHS. https://www.nhs.uk/conditions/baby/caring-for-a-newborn/washing-and-bathing-your-baby/Diakses 15 Feb 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait