Wajib Tahu, Penyakit Aneh dan Langka Ini Bisa Terjadi pada Manusia

(0)
09 Jun 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Sindrom tangan alien adalah penyakit aneh yang membuat seseorang sama sekali tak dapat mengendalikan tangannya sendiriPenyakit aneh sindrom tangan alien menyebabkan penderitanya mencekik diri sendiri tanpa bisa dikendalikan
Tahukah Anda jika di belahan bumi ini ada sebagian manusia yang terkena penyakit aneh? Mungkin saja Anda pernah melihatnya di acara televisi Ripley’s Believe It or Not yang kerap menayangkan fenomena-fenomena “tak masuk akal.”Tak seperti kanker, serangan jantung, atau diabetes yang sudah umum terjadi, penyakit-penyakit aneh ini sangatlah langka dan bisa membuat tim medis kebingungan. Bahkan mayoritas penyakit ini tak memiliki pilihan pengobatan.

Penyakit aneh yang dapat terjadi

Berikut penyakit aneh yang benar-benar terjadi dan dapat Anda temukan di dunia:

1. Sindrom auto brewery

Beberapa orang bisa mengalami mabuk dan keracunan tanpa minum alkohol dalam jumlah yang banyak atau bahkan tanpa mengonsumsi alkohol sama sekali. Kondisi ini disebut dengan sindrom auto brewery, di mana alkohol murni (etanol) akan diproduksi pada usus seseorang setelah mengonsumsi makanan kaya karbohidrat.Kelebihan ragi Saccharomyces cerevisiae dalam usus menjadi penyebab utama fermentasi yang menghasilkan etanol tersebut. Orang yang menderita penyakit aneh ini juga bisa merasakan gejala, seperti bersendawa, kelelahan kronis, pusing, disorientasi, dan sindrom iritasi usus besar. 

2. Forreign accent syndrome

Bagaimana jika suatu hari Anda terbangun dan tiba-tiba berbicara dengan aksen Perancis padahal sebelumnya tak pernah mempelajari aksen tersebut? Bila hal itu terjadi, maka bisa saja Anda terkena forreign accent syndrome. Sindrom ini adalah gangguan bicara yang dihasilkan dari kerusakan pada bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur ucapan.Kerusakan otak tersebut dapat terjadi akibat stroke atau cedera otak traumatis. Ketika gangguan bicara berkembang, maka akan terdengar seperti suara aksen asing. Pada kasus tertentu yang tak memiliki bukti adanya kerusakan neurologis, kondisi ini dikaitkan dengan psikogenik (gangguan jiwa atau psikologis).

3. Sindrom bau ikan

Seseorang yang terkena sindrom bau ikan akan mengeluarkan bau badan yang sangat mengganggu seperti bau ikan yang busuk melalui keringat, napas, dan urine. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tak mampu memecah senyawa triethylamine organik yang menghasilkan bau khas ini.Kekuatan bau pun bisa bervariasi dari segi waktu dan antar individu. Akan tetapi, biasanya berdampak parah pada kehidupan sehari-hari dan kesehatan mental penderitanya. Dalam suatu ulasan di The Journal Clinical and Aesthetic Dermatology, dikatakan bahwa pasien mengalami rasa malu yang hebat bahkan tercatat kasus percobaan bunuh diri.

4. Fatal familial insomnia

Fatal familial insomnia adalah kelainan otak degeneratif di mana seseorang mengalami insomnia yang semakin parah bahkan mengarah pada kemunduran fisik dan mental. Insomnia ini juga dapat berdampak pada sistem saraf otonom yang mengatur proses pernapasan, detak jantung, dan suhu tubuh. Penyebab insomnia menurun di keluarga ini kemungkinan besar karena mutasi gen PRNP (prion protein) yang dapat mengakibatkan kerusakan pada thalamus di otak. Lama-kelamaan sel-sel otak pun rusak dan menyebabkan gejala fisik maupun mental yang parah.

5. Sindrom proteus

Sindrom proteus bisa menyebabkan seseorang memiliki wajah seperti gajah. Ini merupakan suatu kondisi di mana berbagai jenis jaringan, terutama kulit dan tulang tumbuh secara tidak proporsional. Sindrom proteus disebabkan oleh mutasi pada gen AKT1 yang terjadi secara acak dalam rahim.Sindrom ini juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti kecacatan intelektual, penglihatan yang buruk, kejang, tumor, dan trombosis vena dalam. Menurut catatan sejarah, kasus sindrom proteus yang paling terkenal yaitu Joseph Carey Merrick yang dijuluki manusia gajah pada abad ke-19.

6. Sindrom mayat berjalan

Sindrom mayat berjalan atau sindrom cotard membuat penderitanya merasa seperti sudah mati padahal sebenarnya masih hidup. Seseorang yang mengalami gangguan ini akan menghindari makan dan minum dengan keyakinan tak memerlukannya lagi karena merasa dirinya sudah tidak ada. Ia juga akan lebih sering mengunjungi pemakaman dan mengabaikan kebersihan pribadi maupun kesehatannya. Karena sangat jarang terjadi, maka penyebab pastinya belum diketahui secara jelas. Akan tetapi, sindrom mayat berjalan dapat terjadi bersamaan dengan penyakit mental lainnya, seperti skizofrenia, depresi, dan gangguan mood.

7. Sindrom tangan alien

Sindrom tangan alien adalah penyakit aneh yang membuat seseorang sama sekali tak dapat mengendalikan tangannya sendiri. Berdasarkan laporkan, kondisi ini bahkan bisa menyebabkan pasien menampar dan mencekik dirinya sendiri.Sindrom tangan alien biasanya dihasilkan dari suatu tumor, stroke, atau pembedahan yang memengaruhi corpus callosum (penghubungan dua belahan otak). Kerusakan pada belahan kanan berdampak pada tangan kiri, begitu pula sebaliknya.

8. Sindrom Alice in Wonderland

Sindrom Alice in Wonderland adalah gangguan otak yang merusak persepsi ukuran seseorang. Penderita gangguan ini akan melihat benda atau manusia menjadi lebih besar atau lebih kecil dari yang sebenarnya. Pasien juga bisa mengalami halusinasi dan merasa waktu berlalu sangat lambat atau cepat. Sindrom Alice in Wonderland paling sering terjadi pada anak-anak, namun bisa bertahan hingga dewasa. Tidak diketahui secara pasti apa yang menyebabkan sindrom ini, namun telah dikaitkan dengan epilepsi, tumor otak, dan penggunaan obat-obatan psikoaktif.

9. Sindrom manusia serigala

Sindrom manusia serigala dikenal sebagai lanuginosa hipertrikosis kognitif yang disebabkan oleh mutasi genetik langka. Seseorang yang lahir dengan kondisi bawaan ini mengalami pertumbuhan rambut yang sangat cepat bahkan menutupi wajah sehingga terlihat seperti serigala. Perawatan waxing dan laser tak dapat memberi hasil yang permanen dalam mengontrol pertumbuhan rambut berlebih tersebut.

10. Sindrom kepala meledak

Sindrom kepala meledak atau exploding head syndrome adalah gangguan tidur yang menyebabkan Anda mendengar suara dentuman keras, seperti bom, tembakan, sambaran petir atau tabrakan keras di dalam kepala. Meski tidak menyebabkan sakit fisik, namun gejalanya bisa sangat mengganggu. Kondisi ini kemungkinan disebabkan oleh insomnia, gangguan tidur umum, dan jenis kecemasan tertentu. 

11. Progeria

Progeria yang juga dikenal sebagai sindrom progeria Hutchinson-Gilford adalah kondisi genetik langka yang menyebabkan anak-anak tampak seperti lansia berusia 80 tahun. Kesalahan pada gen tertentu menyebabkannya menghasilkan protein abnormal. Ketika sel menggunakan protein tersebut (progerin), mereka akan memecah lebih mudah.Progerin yang menumpuk di banyak sel pun menyebabkan anak-anak menjadi cepat tua. Kondisi ini ditandai dengan rambut yang rontok dan menipis, kulit kendur dan keriput, mata besar, kepala besar, rahang bawah kecil, serta hilangnya lemak dan otot tubuh.

Catatan SehatQ

Adanya berbagai penyakit aneh mungkin membuat Anda percaya tak percaya. Akan tetapi, ini merupakan kondisi langka yang benar-benar terjadi. Meski sebagian besar penyakit tersebut belum memiliki pilihan pengobatan, namun penelitian lebih lanjut terus dilakukan sebagai upaya dalam menemukan penanganan yang tepat. 
penyakitgangguan tidurinsomniakesehatan otak
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323395#Proteus-syndrome
Diakses pada 26 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/312509#1)-Alice-in-Wonderland-syndrome
Diakses pada 26 Mei 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/news/weird-but-real-medical-conditions/
Diakses pada 26 Mei 2020
WebMD. https://www.webmd.com/children/progeria#1
Diakses pada 26 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait