Wajib Tahu, Ini 6 Tanda Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

komunikasi satu arah tanda cinta bertepuk sebelah tangan
Komunikasi satu arah bisa jadi tanda cinta Anda bertepuk sebelah tangan

Saat Anda sedang jatuh cinta, setiap tindakan atau umpan balik yang diberikan oleh orang yang ditaksir mungkin sering dianggap sebagai tanda yang positif.

Sayangnya, rasa suka tersebut bisa saja berujung pada sakit hati ketika Anda mengetahui bahwa respons yang diberikan Si Dia bukan pertanda ia menyukai Anda. Maka dari itu,  inilah tanda cinta bertepuk sebelah tangan.

Kenali tanda cinta bertepuk sebelah tangan ini

Sebagian besar orang mungkin tidak sadar jika sedang mengalami cinta tak berbalas atau cinta bertepuk sebelah tangan. Agar tidak terus-terusan berharap pada sesuatu yang tidak pasti, mari simak tanda-tanda cinta bertepuk sebelah tangan ini.

1. Anda yang selalu mengawali komunikasi

Salah satu tanda cinta bertepuk sebelah tangan adalah dari komunikasi yang dilakukan antara Anda dan Si Dia.

Jika selama ini hanya Anda saja yang mengawali komunikasi dan menanyakan bagaimana kehidupannya dan kegiatan sehari-harinya, bisa jadi ini merupakan sebuah pertanda.

Pasalnya, komunikasi dapat berjalan dengan lancar apabila kedua belah pihak saling peduli satu sama lain dan saling memotivasi.

Selain itu, hubungan yang terjalin dapat dikatakan berhasil apabila Anda dan Si Dia dapat saling menjaga komunikasi satu sama lain, serta tidak membebankannya kepada salah satu pihak saja.

2. Dia tidak tertarik menghabiskan waktu berdua dengan Anda

Anda mungkin ingin mengenal Si Dia lebih dalam dengan cara mengajaknya pergi kencan berdua. Sayangnya, ia justru terlihat menjaga jarak atau bahkan menolak ajakan tersebut.

Jika Si Dia mengiyakan ajakan tersebut, mungkin ia malah mengajak teman-teman lain untuk ikut bergabung. Ini bisa jadi tanda cinta Anda bertepuk sebelah tangan.

3. Dia jarang mengirimkan pesan singkat

Mengirimkan pesan teks atau chat online bisa menjadi salah satu cara untuk melihat respons Si Dia menyukai Anda atau tidak. Jika tertarik, Dia akan membalas pesan dengan balik bertanya atau menggodanya.

Sebaliknya, jika dia jarang atau tidak membalas pesan singkat dan telepon dari Anda, bahkan hingga berhari-hari, bisa jadi Dia tidak memprioritaskan Anda. Hal inilah yang merupakan tanda cinta bertepuk sebelah tangan.

4. Hanya Anda yang melakukan sentuhan fisik

Selain komunikasi, suatu hubungan antara kedua belah pihak dapat berhasil apabila ada sentuhan fisik, seperti bergandengan tangan, berpelukan, atau berciuman. Melalui sentuhan fisik, Anda bisa mengetahui apakah cinta yang Anda bina selama ini bertepuk sebelah tangan atau tidak.

Jika hanya Anda saja yang berusaha menggandeng tangannya atau berusaha memberikan tepukan pada pundak atau lengannya, tetapi Dia tidak melakukan hal yang sama. Maka bisa jadi ini adalah tanda cinta bertepuk sebelah tangan.

5. Tidak memandang diri Anda secara realistis

Setiap orang tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, tak terkecuali Anda dan Si Dia. Untuk mengetahui tanda cinta bertepuk sebelah tangan, Anda bisa melihatnya melalui cara pandang dirinya mengenai Anda.

Sebuah hubungan asmara yang sehat seharusnya dapat menerima seluruh kekurangan, kelemahan, dan ketidaksempurnaan satu lain.

Hubungan asmara yang sehat juga berarti menjaga rasa saling pengertian melalui kekurangan masing-masing sehingga menjadi kunci kedekatan emosional untuk hubungan ke depannya.

Namun, apabila Si Dia tidak mau mengerti atau menerima semua kekurangan yang ada pada diri Anda, bukankah ini yang dinamakan tanda cinta bertepuk sebelah tangan?

6. Dia tidak ada usaha untuk mengenal Anda lebih dalam

Mengenal orang lain memang membutuhkan waktu. Seiring berjalannya waktu, seseorang akan berbagi pengalaman bersama, mengajukan pertanyaan, dan berupaya memahami dan saling mengenal satu sama lain. 

Sayangnya, Anda mungkin akan tersadar bahwa Dia tidak ada usaha untuk mengenal Anda lebih dalam, seperti mengawali pembicaraan atau mengajukan pertanyaan mengenai diri Anda. Inilah yang menjadi tanda cinta bertepuk sebelah tangan.

Bagaimana cara move on dari cinta bertepuk sebelah tangan?

Move on dari cinta bertepuk sebelah tangan mungkin tak semudah kelihatannya. Terlebih jika Si Dia merupakan teman dekat Anda atau Anda masih berinteraksi dengannya untuk urusan pekerjaan.

Guna membantu Anda bangkit dari keterpurukan cinta yang tak terbalas, simak tips move on berikut ini agar dapat kembali termotivasi melanjutkan rutinitas:

1. Menerima kenyataan

Perih cinta bertepuk sebelah tangan tak ubahnya seperti sebuah perasaan penolakan. Kondisi ini tentu dapat menimbulkan kesedihan yang mendalam.

Karena itu, terimalah kenyataan pahit bahwa kesempatan Anda dengan Si Dia sudah berakhir. Akan tetapi, bukan berarti cinta tak terbalas menunjukkan bahwa Anda kurang menawan atau tidak pantas untuk Dia.

Tanda cinta bertepuk sebelah tangan bisa saja menjadi sinyal kiriman dari alam semesta untuk memberi tahu Anda bahwa Dia bukanlah orang yang tepat untuk Anda cintai, dan mencintai Anda.

2. Keluarkan uneg-uneg Anda kepada orang lain

Hal yang lazim apabila Anda merasa sangat sedih, kecewa, malu, dan marah akibat cinta bertepuk sebelah tangan. Oleh sebab itu, luangkanlah waktu untuk menyendiri.

Keluarkan seluruh perasaan yang tengah berkecamuk dalam dada Anda. Menangislah jika Anda memang ingin menangis, jangan ditahan. Bila perlu, Anda dapat mengeluarkan uneg-uneg kepada sahabat.

Melepaskan kesedihan dengan menangis dan menceritakannya kepada orang lain dapat membantu Anda mendapatkan energi baru yang positif. Dengan begitu, Anda akan merasa terbebas dan pada akhirnya menjadi lega.

3. Melakukan kegiatan yang menyenangkan

Cobalah menyibukkan diri dengan melakukan kegiatan menyenangkan yang Anda sukai. Penting untuk diketahui bahwa dunia belum berakhir dan masih banyak yang bisa Anda lakukan apabila tanpa dirinya.

Apa pun yang terjadi, Anda tentu mendapatkan yang lebih baik dari Si Dia. Bukalah pikiran serta hati Anda dan carilah lawan jenis yang baru. Ingatlah bahwa masih banyak ikan di lautan sana yang menanti Anda.

Mati satu, tumbuh seribu. Jangan mau terpuruk dalam tanda cinta bertepuk sebelah tangan.

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/unrequited-love-4175362
Diakses pada 22 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/unrequited-love
Diakses pada 22 November 2019

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-couch/201502/6-ways-get-past-the-pain-unrequited-love
Diakses pada 22 November 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed