Kondisi payudara besar sebelah dapat diatasi dengan menyelipkan busa khusus dalam bra
Payudara besar sebelah bisa disiasati dengan memakai busa dalam bra

Pada dasarnya, kedua sisi tubuh manusia memang tidak seratus persen simetris. Khusus payudara dengan ukuran berbeda satu sama lain, mungkin akan tampak lebih jelas.

Pada sebagian besar kasus payudara besar sebelah, perbedaan ukuran ini masih dianggap sebagai hal yang wajar. Banyak faktor yang bisa memicu kondisi ini, dari hormon, keturunan, hingga penyakit tertentu.

Penyebab payudara besar sebelah

Ukuran payudara yang berbeda bisa disebabkan oleh beragam hal. Berikut penjelasannya:

  • Pengaruh hormon

Kondisi payudara besar sebelah terkadang sudah muncul sejak masa pubertas. Saat sepasang payudara mulai tumbuh, salah satunya bisa berkembang lebih cepat dibanding yang lain.

Tidak diketahui pasti mengapa kondisi tersebut bisa terjadi. Namun terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan ukuran payudara berubah secara tidak simetris.

Secara umum, payudara besar sebelah disebabkan oleh adanya perubahan hormon. Mungkin saja terdapat lebih banyak sel-sel pada jaringan payudara di salah satu sisi, atau sel-selnya lebih sensitif terhadap estrogen sehingga tumbuh lebih besar. 

Misalnya, pada periode tertentu dalam siklus menstruasi, pada masa kehamilan dan masa menyusui, ketika memasuki masa menopause, serta penggunaan kontrasepsi hormonal.

Perubahan-perubahan pada bentuk dan ukuran payudara yang disebabkan oleh hormon ini biasanya akan kembali normal bila kadar hormon sudah kembali stabil. 

  • Kehamilan dan menyusui

Bisa saja payudara membesar secara tidak simetris selama kehamilan. Pada masa hamil, terjadi perubahan hormon dan payudara bersiap untuk proses menyusui.

Selama masa menyusui pun, payudara dapat berubah dan ukurannya menjadi berbeda. Hal ini terutama muncul saat bayi lebih suka menyusu pada satu sisi payudara ibunya. 

Bukan tak mungkin terjadi perubahan kontur pada masing-masing payudara setelah membengkak pada masa menyusui dan menyusut kembali saat anak telah disapih.

Banyak perempuan yang ukuran kedua payudaranya menjadi tidak simetris lagi, ketika masa menyusui terlah berakhir. Payudara bisa menjadi besar sebelah hingga satu cup lebih besar.  

  • Faktor keturunan

Jika tidak disebabkan oleh hormon, payudara besar sebelah umumnya terjadi akibat variasi dalam masa pertumbuhan payudara yang bersifat keturunan. Artinya, bila ibu atau nenek kandung Anda memiliki payudara dengan bentuk dan ukuran yang tidak simetris, payudara Anda juga kemungkinan besar memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. 

  • Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis di bawah ini juga bisa membuat seorang wanita memiliki payudara besar sebelah:

  • Atipical ductal hyperplasia

Atipical ductal hyperplasia atau disingkat ADH adalah kondisi terjadinya pertumbuhan jaringan yang berlebihan di dalam saluran air susu pada payudara.

ADH bukanlah gejala kanker. Meski begitu, kondisi ini bisa meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker payudara di masa depan. 

  • Payudara hipoplastis

Kondisi payudara hipoplastis disebut juga payudara tak berkembang. Penampakan payudara penderita biasanya kecil, cenderung rata, jarak antara kedua payudara yang cukup jauh, dan bentuk kedua payudara yang tidak sama.

Tak ada penyebab yang diketahui di balik payudara hipoplastis. Para pakar menduga bahwa kondisi medis ini mungkin dipicu oleh masalah hormon, cedera pada payudara, atau penyakit tertentu. 

  • Juvenile hypertrophy

Payudara besar sebelah yang perbedaan ukurannya signifikan, bisa disebabkan oleh kondisi langka yang disebut juvenile hypertrophy. Penyebab kondisi ini pun belum jelas, namun diduga berkaitan dengan produksi hormon atau sensitivitas terhadap hormon.

Kondisi juvenile hypertrophy mulai muncul saat pubertas. Biasanya berawal dengan pembesaran salah satu payudara secara ekstrem dalam waktu enam bulan. Pertumbuhannya kemudian melambat, namun sebenarnya terus berlangsung. Kondisi ini bisa diatasi dengan cara operasi. 

Menyiasati payudara besar sebelah

Payudara besar sebelah tak perlu menjadi kekhawatiran bila tidak menimbulkan masalah kesehatan. Pada selisih ukuran yang terlalu banyak, perbedaan antara kedua payudara memang sulit disembunyikan. Lakukan ini untuk menyiasatinya:

  • Menggunakan padding khusus pada bra. Dengan ini, ukuran payudara menjadi lebih seimbang.
  • Mengenakan busana berwarna gelap.
  • Memakai aksesoris tertentu yang menutupi dada.

Bila payudara besar sebelah terasa sangat mengganggu hingga menghambat rutinitas Anda, jalan mengatasinya adalah dengan melakukan operasi. Prosedur ini bertujuan membuat kedua payudara mendekati simetris. 

Apa payudara besar sebelah berisiko kanker?

Beberapa penelitian memang menemukan bahwa perempuan yang memiliki payudara besar sebelah dengan perbedaan ukuran melebihi 20%, lebih berisiko terkena kanker payudara. Namun risiko ini juga harus dibarengi dengan adanya faktor pendukung lain, seperti adanya riwayat kanker dalam keluarga (keturunan).

Meski demikian, masih diperlukan riset lebih jauh dan lebih luas untuk menentukan peran perbedaan ukuran payudara dalam berkembangnya risiko kanker. 

Baik wanita dengan payudara simetris maupun payudara besar sebelah, dianjurkan untuk tetap rutin melakukan langkah periksa payudara sendiri (SADARI). Cermati apakah ada perubahan pada ukuran, bentuk, dan penampakan di masing-masing payudara Anda. Jika ada perubahan yang mengkhawatirkan, segera konsultasi dan periksakan diri ke dokter.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321823.php
Diakses pada 13 Agustus 2019

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/after-nursing#2
Diakses pada 13 Agustus 2019

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/one-breast-bigger-than-other-3969225
Diakses pada 13 Agustus 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed