logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Melihat Fakta Pasangan dengan Wajah Mirip Adalah Jodoh

open-summary

Ciri-ciri jodoh mungkin saja karena alasan wajah mirip, kesamaan sifat, hobi, dan kebiasaan. Hal ini bisa terjadi karena Anda bertemu di tempat yang sama.


close-summary

18 Mar 2020

| Annisa Amalia Ikhsania

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Wajah mirip

Sekarang lihat wajah pasangan Anda

Table of Content

  • Ciri-ciri jodoh wajah mirip berarti cocok
  • Jodoh yang tidak mirip
  • Faktor yang buat wajah mirip dengan pasangan
  • Catatan dari SehatQ

Pernahkah Anda menemukan sepasang kekasih yang wajahnya terlihat mirip satu sama lain? Atau justru Anda dan pasanganlah yang kerap kali dibilang memiliki wajah yang mirip? Nah, konon katanya pasangan kekasih yang punya wajah mirip pertanda jodoh. Benarkah demikian?

Advertisement

Ciri-ciri jodoh wajah mirip berarti cocok

ciri-ciri jodoh wajah mirip
Manusia akan lebih tertarik dengan orang yang punya banyak kesamaan

Mungkin sudah beberapa kali Anda tidak sengaja melihat pasangan kekasih yang memiliki wajah mirip. Tidak sedikit pula yang memperkirakan kalau pasangan tersebut akan berjodoh di pelaminan.

Memang banyak anggapan yang beredar di masyarakat kalau orang yang punya wajah mirip dengan pasangannya pertanda jodoh. Selain wajah, beberapa sifat, kepribadian, perilaku, dan kebiasaan pun seringkali tidak jauh berbeda. Lantas, mengapa ini bisa terjadi?

Para peneliti pun sudah lama mempelajari fenomena unik ini. Sebenarnya, ada unsur kecenderungan yang membuat seseorang akan lebih memilih pasangan yang memiliki aspek kesamaan dengan dirinya.

Hal tersebut karena manusia memang secara alami akan tertarik kepada orang lain yang mirip dengannya. Proses ini terjadi di dalam alam bawah sadar manusia. Manusia akan lebih tertarik dengan orang lain yang memiliki kesamaan berupa fisik, hobi, sifat, kebiasaan, dan lain-lainnya. Maka dari itu, mereka akan merasa lebih mudah untuk saling akrab satu sama lain.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool, Inggris, meminta para partisipan penelitian untuk memilih dua foto berbeda, yakni masing-masing 1 pria dan 1 wanita. Selanjutnya, mereka menilai kepribadian orang yang mereka pilih.

Menariknya, sebagian besar partisipan memilih sepasang foto yang ternyata adalah pasangan yang telah menikah cukup lama. Mereka memilih pasangan tersebut karena dinilai memiliki kepribadian yang cenderung mirip.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti mengambil kesimpulan bahwa dengan memiliki kepribadian yang serupa membuat pasangan kekasih memiliki wajah yang terlihat mirip.

Tak hanya itu, sebuah studi lain juga menyebutkan bahwa seseorang, baik pria maupun wanita, akan cenderung memilih pasangan yang punya kemiripan wajah dengan orangtua mereka yang berlainan jenis kelamin.

Sederhananya, para anak perempuan akan mencari pasangan yang mirip dengan ayah mereka, serta anak laki-laki akan mencari pasangan yang mirip dengan ibunya. Lagi-lagi, alasannya karena selama ini manusia lebih tertarik kepada hal yang bersifat familiar.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika pada akhirnya pasangan kekasih yang memiliki wajah mirip seringkali dianggap sebagai pertanda jodoh. 

Jodoh yang tidak mirip

wajah dari pasangan yang mirip
Tidak mirip belum tentu tidak berjodoh, loh

Anda tidak perlu berkecil hati apabila Anda dan pasangan memiliki wajah yang tidak mirip, bukan berarti kalian berdua tidak berjodoh, lho. Seorang peneliti dari University of Michigan pernah mempelajari kasus bahwa pasangan yang sudah lama menikah justru semakin memiliki kemiripan wajah dari hari ke hari.

Peneliti menganalisis foto-foto pasangan yang diambil saat mereka masih menjadi pengantin baru dan membandingkannya dengan foto-foto setelah 25 tahun menikah.

Hasilnya menunjukkan bahwa semakin lama pasangan menjalin hubungan bersama maka akan semakin terlihat kemiripan kepribadian, cara berekspresi, dan kebiasaan satu sama lain. Bahkan, faktor kebahagiaan bersama juga dapat menjadi pemicu munculnya kesamaan fisik pada diri pasangan.

Pasangan yang sudah lama menjalin hubungan terlihat lebih mirip karena keduanya secara tidak sadar saling meniru ekspresi wajah masing-masing. Contoh sederhananya, bila pasangan Anda memiliki selera humor yang bagus dan banyak tertawa, ia mungkin akan memiliki garis-garis halus di area wajah. Nah, sama halnya dengan diri Anda.

Faktor yang buat wajah mirip dengan pasangan

Faktor wajah pasangan mirip
Memilih pasangan biasanya berasal dari lingkungan pertemanan yang sama

Disadari atau tidak, sebenarnya ada hal-hal yang membuat Anda dan pasangan memiliki wajah yang terlihat mirip. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Memilih pasangan dari lingkungan yang sama

Salah satu alasan paling sederhana yang membuat pasangan kekasih memiliki wajah mirip adalah karena sebagian besar dari mereka memilih pasangan yang berada di lingkungan yang sama. Misalnya, karena satu sekolah, satu lingkungan pertemanan, satu lingkup pekerjaan, atau satu tempat ibadah.

Melalui seringnya frekuensi pertemuan serta diiringi kesamaan kebiasaan inilah yang kemudian menimbulkan kecocokan antara Anda dan pasangan. Pada akhirnya, cinta akan tumbuh di antara satu sama lain.

2. Memilih pasangan yang mirip dengan diri sendiri

Semakin sering kita melihat sesuatu, semakin Anda akan menyukainya. Kebanyakan orang memutuskan untuk melabuhkan hatinya pada orang yang menurutnya memiliki kemiripan dengan dirinya, baik dari segi fisik maupun sifat.

Memahami dan mengenal diri sendiri membuat Anda tanpa sadar menjadikan hal tersebut sebagai patokan Anda dalam memilih pasangan.

Misalnya, Anda menginginkan seseorang yang memiliki bentuk mata, hidung, bibir, rahang, yang mirip dengan diri Anda. Atau Anda yang berkacamata mungkin memiliki kriteria untuk mencari pasangan yang juga berkacamata sama seperti diri Anda.

3. Sering melakukan hal bersama

Sepasang kekasih punya wajah mirip setelah melakukan hal bersama dalam waktu yang cukup lama. Mungkin saja ada sepasang kekasih yang mulanya terlihat tidak mirip sama sekali. Namun, seiring berjalannya waktu, keduanya akan terlihat mirip, cocok, dan tampak serasi satu sama lain. Hal tersebut bisa jadi akibat sering melakukan hal bersama dalam waktu yang cukup lama.

4. Bahagia saat bersama

Kebahagiaan juga menjadi faktor penentu Anda dan pasangan terlihat sangat mirip. Makin sering tertawa bersama, makin mungkin juga wajah Anda dan pasangan serupa. Hal ini bisa disebabkan oleh tawa yang dimunculkan ketika Anda bersama dengan pasangan.

Jadi, apa jodoh itu mirip dari awalnya? Belum tentu juga. Bisa jadi, kemiripan itu terbentuk setelah Anda menjalani kehidupan bahagia bersama.

Baca juga: Manfaat Panggilan Sayang untuk Pasangan

Catatan dari SehatQ

Pasangan kekasih punya wajah mirip pertanda jodoh memang bukan hanya kebetulan semata. Pasalnya, ada beberapa hal yang membuat kita sebagai manusia dalam halmenginginkan sesuatu, termasuk mencari pasangan, melihatnya berdasarkan kemiripan sifat dan fisik diri sendiri.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar jodoh dan kemiripan wajah, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

percintaanmenjalin hubungan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved