Wajah Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

(0)
Wajah kusam saat hamil dikenal dengan chloasma atau melasmaKulit wajah kusam saat hamil ditandai dengan adanya flek kecoklatan di area dahi, hidung, pipi, dan bibir
Memasuki masa awal kehamilan akan ada banyak perubahan yang terjadi. Selain pada tubuh, perubahan juga dapat terlihat melalui penampilan wajah. Sebagian ibu hamil ada yang merasakan kulitnya semakin glowing. Namun, sebagian lainnya justru mengalami wajah kusam saat hamil. Mengapa bisa demikian?

Apa penyebab kulit wajah kusam saat hamil?

Kehamilan tidak hanya menyebabkan perubahan pada bentuk tubuh, melainkan juga pada kulit Anda. Umumnya, perubahan ini disebabkan oleh pengaruh hormon saat hamil yang tentu memberi efek yang berbeda-beda pada setiap ibu hamil.Ada yang memberi efek positif pada kulit, seperti kulit wajah jadi tampak lebih bersinar atau glowing. Akan tetapi, ada pula yang justru mengalami masalah kulit, seperti jerawat hingga kulit wajah kusam saat hamil.Kulit wajah kusam saat hamil ini sering dikenal dengan nama chloasma atau melasma.
Wajah kusam saat hamil merupakan hal yang normal
Wajah kusam saat hamil dikenal dengan chloasma atau melasma
Kemunculan chloasma ditandai dengan adanya pigmentasi berwarna kecoklatan di area dahi, hidung, pipi, dan bibir. Selain itu, chloasma juga dapat muncul pada area tubuh yang banyak terpapar sinar matahari, seperti leher atau bawah lengan.Flek kecoklatan di wajah tersebut juga kerap disebut dengan “mask of pregnancy”. Kondisi kulit ini dapat dialami oleh 50-70 persen ibu hamil di seluruh dunia.Meski kemunculan chloasma cukup mengganggu penampilan, flek kecoklatan ini merupakan kondisi yang normal dan tidak membahayakan. Adapun beberapa penyebab chloasma yang muncul pada ibu hamil, yaitu:

1. Perubahan hormon

Salah satu penyebab chloasma pada ibu hamil adalah adanya stimulasi sel-sel penghasil pigmen yang muncul dari hormon seks wanita.Kondisi ini yang kemudian mendorong kulit untuk menghasilkan lebih banyak pigmen melanin sehingga membuat kulit wajah terlihat lebih gelap.Tak hanya pada ibu hamil, chloasma juga rentan dialami oleh orang yang sedang menjalani terapi pengganti hormon atau mengonsumsi pil KB akibat adanya perubahan hormon.

2. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari juga menjadi penyebab chloasma muncul pada ibu hamil. Hal ini karena sinar ultraviolet dari matahari mendorong melanosit untuk memproduksi melanin. Akibatnya, chloasma dapat berkembang atau malah memperburuk kondisi chloasma yang sudah ada sebelumnya.

3. Faktor keturunan

Menurut American Academy of Dermatology, orang yang memiliki warna kulit sawo matang atau gelap lebih mungkin mengalami chloasma karena sel melanosit penghasil pigmen yang cenderung lebih aktif.Jika ada garis keturunan yang memiliki chloasma, maka seseorang tersebut juga akan lebih mungkin untuk mengalaminya.Kendati demikian, orang dengan warna kulit terang dan tidak memiliki anggota keluarga yang mengalami chloasma juga dapat berisiko memiliki kondisi melasma.

Cara mencegah kulit wajah kusam saat hamil

Sebenarnya, tidak ada cara mengobati chloasma yang tepat. Kondisi kulit wajah kusam saat hamil ini akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan saat Anda melahirkan atau memasuki masa menyusui.Namun, jika Anda merasa terganggu dengan keberadaan chloasma, Anda dapat melakukan beberapa cara mencegah kulit wajah kusam saat hamil berikut ini.

1. Pakai sunscreen (tabir surya) secara rutin

Wajah kusam saat hamil bisa ditangani dengan sunscreen
Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30
Paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab kulit wajah kusam saat hamil. Nah untuk mencegahnya, selalu gunakan sunscreen (tabir surya) setiap Anda beraktivitas di luar ruangan, termasuk apabila cuaca sedang mendung.Pilihlah tabir surya dengan minimal SPF 30. Jangan lupa pilih produk sunscreen yang berlabel broad spectrum agar dapat melindungi Anda dari paparan sinar UVA dan UVB.Sebagai perlindungan ekstra, Anda juga bisa menggunakan topi dan payung saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

2. Mengonsumsi asam folat secara teratur

Konsumsi sayur bayam bisa mencegah wajah kusam saat hamil
Bayam mengandung asam folat yang baik bagi kesehatan kulit ibu hamil
Cara mencegah kulit wajah kusam saat hamil berikutnya adalah dengan mengonsumsi asam folat (vitamin B9) secara teratur. Konsumsi asam folat diyakini dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan kondisi chloasma saat hamil.Anda dapat meningkatkan asupan asam folat harian melalui beberapa jenis makanan, seperti bayam, pasta, nasi, kacang-kacangan, dan buah-buahan citrus (jeruk, lemon).Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kesehatan yang mengandung asam folat sebagai asupan tambahan, tetapi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Gunakan produk perawatan kulit wajah untuk kulit sensitif

Gunakan produk untuk kulit sensitif agar terhindar dari wajah kusam saat hamil
Gunakan produk perawatan wajah untuk kulit sensitif
Saat hamil, kulit wajah Anda cenderung akan lebih sensitif.Maka dari itu, penting untuk menggunakan produk perawatan kulit wajah yang berlabel noncomedogenic (tidak rentan menyebabkan penyumbatan pori-pori) dan hypoallergenic (tidak rentan menyebabkan reaksi alergi).Penggunaan produk skincare yang berisiko mengiritasi kulit, seperti astringent, dapat memperburuk kondisi chloasma pada sebagian orang yang mengalaminya.

Catatan dari SehatQ

Perubahan yang terjadi pada kulit, termasuk kulit wajah saat hamil, tidak membahayakan Anda maupun janin yang tengah dikandung. Sangat jarang sekali kulit wajah kusam saat hamil berhubungan dengan kondisi kesehatan tertentu.Akan tetapi, selalu konsultasikan dengan dokter apabila kulit wajah saat hamil disertai peradangan, ruam, iritasi, gatal, atau ada perubahan warna kulit yang tidak lazim.
perawatan kulithamilkehamilanperawatan wajah
Verywell Fit. https://www.verywellfamily.com/what-is-chloasma-4177760
Diakses pada 4 Agustus 2020
Pregnancy Birth Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/changes-to-your-skin-during-pregnancy
Diakses pada 4 Agustus 2020
American Pregnancy Association. https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/skin-changes-during-pregnancy/
Diakses pada 4 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait