Wajah Cerah dengan 17 Cara Menghilangkan Mata Panda Ini

Mengompres mata dengan kantung teh bisa jadi salah satu cara menghilangkan mata pada yang efektif
Ada banyak cara menghilangkan mata panda, salah satunya dengan kompres kantung teh

Panda memang hewan yang lucu. Namun, kalau wajah kita yang jadi seperti panda, tentu tidaklah lucu. Memiliki mata panda, justru membuat penampilan kita jadi terlihat lesu. Karena itu, berbagai cara menghilangkan mata panda patut dicoba.

Mata panda bisa muncul karena berbagai sebab. Selain karena kurang tidur, dehidrasi dan paparan sinar matahari juga bisa jadi biang keroknya. Agar wajah kembali cerah, jangan tunda untuk mencoba cara-cara di bawah ini.

Pilihan cara menghilangkan mata panda

Tidak perlu bingung saat mata panda mulai muncul. Berikut ini cara menghilangkan mata panda yang bisa Anda coba.

1. Tidur yang cukup

Tidur dengan cukup adalah cara paling mudah dan sederhana untuk mengatasi mata panda. Tidak hanya sekedar membuat mata menjadi lebih cerah, saat tidur, tubuh juga akan memperbaiki kerusakan sel-sel yang terjadi di kulit.

2. Kurangi konsumsi alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein bisa membuat mata panda semakin terlihat jelas. Pasalnya, kedua bahan ini bisa menyebabkan dehidrasi ringan. Kurangi konsumsinya, jika ingin mata panda segera hilang.

3. Kompres dingin

Cara menghilangkan mata panda yang satu ini sederhana. Cukup celupkan handuk ke air es, lalu letakkan di bawah mata selama 20 menit.

Suhu dingin yang diterima kulit dapat membantu mengurangi pembengkakan, dan akan membantu mengecilkan pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah dapat berjalan lebih baik.

4. Kompres dengan timun

Mengompres mata dengan timun, bisa mengistirahatkan kulit dan menghilangkan pembengkakan di area mata. Tingginya kandungan air dan vitamin C dalam timun juga dapat menutrisi dan melembapkan kulit.

5. Kompres dengan kantung teh

Teh mengandung antioksidan dan kafein yang yang dapat menstimulasi sirkulasi darah, menyempitkan pembuluh darah yang melebar, dan mengurangi penumpukan cairan di bawah kulit sekitar mata.

Untuk menggunakannya, seduh kantung teh hitam atau teh hijau dengan air panas selama 5 menit. Setelah itu, masukkan ke kulkas agar dingin, selama 15-20 menit.

Letakkan kantung teh yang sudah dingin tersebut di atas mata tertutup selama 10-20 menit. Lalu, bilas wajah dengan air dingin.

6. Tidur dengan bantal yang tinggi

Cara Anda tidur juga bisa memengaruhi munculnya mata panda. Tidur dengan bantal yang disusun ke atas, bisa mencegah cairan berkumpul di bawah mata, yang bisa menyebabkan wajah terlihat bengkak.

7. Pijat wajah

Jika sirkulasi darah di sekitar mata tidak baik, maka kemunculan mata panda sulit dihindari. Untuk melancarkan sirkulasi, Anda dapat memijat area mata dengan lembut.

8. Gunakan produk yang mengandung antioksidan

Krim wajah dan produk perawatan lain yang mengandung antioksidan, bisa membantu memudarkan warna gelap di bawah mata. Vitamin E dan vitamin C adalah antioksidan yang berguna untuk mengatasi mata panda.

9. Tutupi dengan make up

Anda bisa menutupi warna gelap di bawah mata dengan memiliki concealer yang berwarna lebih terang. Pilih concealer dengan kandungan SPF 15 atau lebih. Jika kulit Anda cenderung berminyak, gunakan concealer yang tidak mengandung minyak tambahan.

Cara menghilangkan mata panda secara medis

Jika cara menghilangkan mata panda di atas tidak juga membuahkan hasil yang diinginkan, ada beberapa macam perawatan yang dapat diberikan dokter, seperti berikut ini.

1. Pemberian krim

Krim pencerah kulit bisa membantu memudarkan mata panda yang disebabkan oleh produksi melanin berlebih. Krim yang mengandung bahan seperti hidrokuinon dan retinol, dianggap efektif untuk mengatasi masalah ini.

2. Asam azelaic

Dokter dapat meresepkan produk perawatan kulit yang mengandung asam azelaic untuk mengatasi mata panda. Bahan ini juga aman untuk digunakan dalam jangka panjang.

3. Asam kojic

Penggunaan asam kojic untuk menghilangkan mata panda memang belum banyak diteliti. Namun, bahan ini dipercaya efektif untuk memudarkan warna gelap di bawah mata.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya. Sebab, bahan ini disebut berisiko menimbulkan dermatitis kontak dan kemerahan di kulit.

4. Vitamin C topikal

Menggunakan vitamin C yang dioleskan secara rutin selama 6 bulan, disebut dapat membantu memudarkan mata panda.

5. Chemical peel

Pada prosedur chemical peel, bahan asam alfa hidroksid seperti asam glikolat, digunakan untuk membantu mencerahkan warna kulit di sekitar mata. Untuk hasil yang lebih maksimal, perawatan ini bisa dikombinasikan dengan penggunaan krim wajah.

6. Laser

Perawatan laser intensitas rendah efektif untuk mengatasi mata panda. Selain itu, perawatan ini juga akan mengurangi risiko terbentuknya bekas luka atau efek samping lainnya.

7. Filler

Jika mata panda muncul akibat adanya pembuluh darah yang pecah, maka dokter dapat merekomendasikan suntikan filler untuk mengatasinya.

Filler juga akan membantu mengatasi kondisi hilangnya jaringan lemak di bawah mata, yang juga bisa menjadi penyebab mata panda muncul.

8. Operasi

Prosedur operasi bernama blefaroplasti dapat membantu menghilangkan mata panda, yang disebabkan oleh adanya kulit atau lemak berlebih di sekitar area mata.

Mata panda bisa dicegah

Anda bisa mencegah timbulnya mata panda dengan melakukan hal-hal di bawah ini.

• Tidur yang cukup dan kurangi stres

Mengalami stres, bisa membuat warna kulit di bawah mata semakin gelap. Seiring dengan hal itu, istirahat yang cukup dan menjalani pola hidup sehat, akan mengurangi diskolorasi atau perubahan warna kulit, termasuk di bawah mata.

• Lindungi mata dari paparan sinar matahari

Paparan matahari berlebih bisa menyebabkan lingkaran di bawah mata jadi lebih gelap. Untuk mencegah hal ini, gunakan kacamata hitam yang bisa melindungi mata, dari paparan sinar ultraviolet. Selain itu, jangan lupa gunakan sunscreen di area sekitar mata.

• Berhenti merokok dan kurangi konsumsi alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol berlebih bisa mempercepat proses penuaan. Hal ini membuat risiko munculnya mata panda juga akan semakin meningkat.

Catatan dari SehatQ

Mata panda bisa muncul kapan saja dan pada siapa saja. Berbagai faktor penyebab timbulnya kondisi ini, tidak terkait dengan usia maupun jenis kelamin. Karena itu, mulailah dari melakukan pencegahan untuk kondisi ini .

Jika mata panda sudah terlanjur muncul dan Anda bingung menentukan metode mana yang paling tepat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/eyes-puffy-circles#1
Diakses pada 4 Oktober 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/dark-circle-under-eyes
Diakses pada 4 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325989.php
Diakses pada 4 Oktober 2019

Banner Telemed