Beragam Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Wanita Usia 40-an


Seiring usia, fungsi tubuh akan mengalami penurunan. Makanan saja kadang belum cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Itu sebabnya, ada beberapa vitamin dan mineral yang sebaiknya dikonsumsi saat seorang wanita memasuki usia 40.

0,0
01 Nov 2021|Rena Widyawinata
vitamin untuk usia 40 tahunMemasuki usia 40 tahun, wanita perlu konsumsi beberapa vitamin dan mineral untuk mencegah osteoporosis
Berjalannya usia nyatanya tidak hanya memengaruhi tampilan luar. Sayangnya, organ dan fungsi tubuh Anda mungkin saja mengalami perubahan pula. 
Dibandingkan pria, perubahan wanita ketika memasuki usia 40-an mungkin akan muncul lebih dulu. Perubahan ini bisa saja berdampak pada kesehatannya secara menyeluruh. Itu sebabnya, beberapa wanita mungkin membutuhkan vitamin saat memasuki usia 40 tahun untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatannya.

Perubahan yang terjadi saat wanita memasuki usia 40 tahun

Seiring berjalannya waktu, tubuh akan terus mengalami perubahan. Pada wanita, perubahan ini akan lebih cepat muncul dan berpengaruh lebih dulu dibandingkan pria.Beberapa perubahan yang terjadi saat wanita memasuki usia 40 tahun, antara lain:
  • Penurunan massa otot

Tubuh manusia terdiri atas lemak, jaringan otot dan organ, tulang, serta air. Mulai di usia 30, jaringan otot dan organ akan mulai mengalami penurunan fungsi. Bahkan mulai 40 tahun ke atas, sebuah penelitian menyebutkan bahwa pada usia yang sama, perempuan mengalami kehilangan massa otot dua kali lebih banyak dibandingkan pria. 
  • Kenaikan berat badan

Hal ini masih berhubungan dengan kehilangan massa otot yang dialami oleh perempuan. Otot jauh lebih aktif dalam proses metabolisme. Itu sebabnya, mereka yang berotot umumnya membakar kalori lebih banyak bahkan pada saat istirahat, dibandingkan orang yang memiliki lebih banyak lemak di dalam tubuhnya.Berkurangnya massa otot ini pada akhirnya juga akan menyebabkan para wanita kesulitan mengontrol berat badan.
  • Penurunan kepadatan tulang

Tak hanya massa otot, tulang juga mungkin saja mulai kehilangan mineral penyusunnya, seperti kalsium. Akibatnya, kepadatan tulang menurun (osteopenia) dan berisiko menyebabkan osteoporosis (tulang keropos). 
  • Hormon estrogen menurun

Menurunnya hormon estrogen pada wanita saat memasuki usia 40 tahun juga turut berkontribusi terhadap pengeroposan tulang.Perubahan-perubahan tersebut tidak mungkin dihindari. Akan tetapi, membekali diri dengan menjalani gaya hidup sehat, seperti makan makanan sehat, berolahraga, dan rutin minum suplemen dapat membantu memperlambat proses penuaan ini.

Berbagai vitamin dan mineral untuk wanita usia 40 tahun ke atas

Kekuatan tulang dan sistem imun berhubungan erat. Tulang yang kuat memungkinkan Anda dapat bergerak bebas dan melakukan berbagai aktivitas fisik. Sementara, Harvard Medical School menyebut, aktivitas fisik, seperti olahraga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda secara umum.Sebaliknya, berolahraga secara rutin, selain meningkatkan sistem imun juga dapat memperkuat tulang dan otot. Hal ini tentu berguna untuk menjaga kesehatan tulang.Sayangnya, sistem imun tubuh dan kesehatan tulang dapat menurun seiring Anda memasuki usia 40. Hal ini membuat Anda jadi semakin rentan pada penyakit kronis. Selain, terus menjalankan gaya hidup sehat, Anda mungkin membutuhkan konsumsi vitamin dan mineral untuk wanita usia 40 tahun ke atas untuk menunjang kesehatan.

1. Kalsium

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seiring usia, tulang bisa hilang kepadatannya. Apalagi, kemampuan tulang menyerap kalsium jadi lebih sedikit daripada yang dibutuhkan.Tidak hanya soal tulang kuat, manfaat kalsium juga dapat membantu kerja otot, sel, saraf, dan pembuluh darah. Wanita berusia 40-50 tahun setidaknya membutuhkan 1.000 mg kalsium setiap harinya.Makan makanan mengandung kalsium, seperti susu, yogurt, dan keju. Dalam beberapa kasus, Anda juga mungkin membutuhkan kalsium tambahan dari suplemen.

2. Vitamin C

Beberapa orang, khususnya yang punya masalah lambung, biasanya menghindari minum vitamin C. Meski begitu, vitamin C sangatlah berguna, khususnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh.Tak hanya itu, vitamin C juga membantu meningkatkan zat kimia otak, yakni norepinephrine untuk membuat Anda lebih waspada dan konsentrasi.Jumlah vitamin C dalam tubuh dapat menurun seiring berjalannya waktu atau ketika Anda mengalami stres. Jika ragu mengonsumsi jenis vitamin C mana yang aman bagi lambung, cobalah konsultasikan ke dokter untuk memilih yang paling tepat.

3. Vitamin D

Vitamin D telah dikenal sebagai salah satu vitamin “sakti”. Tak hanya hanya memperkuat tulang, vitamin D juga dikenal dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.Seiring berjalannya waktu, risiko penyakit kronis akan meningkat, khususnya untuk wanita usia 40 tahun ke atas. Nah, kekurangan vitamin D telah dihubungkan dengan kejadian penyakit kronis itu, seperti diabetes, penyakit jantung, atau kanker payudara.Vitamin D juga dapat membantu tubuh menyerap kalsium. Itu sebabnya, Anda sebaiknya mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium secara bersamaan. Dengan begitu, kerja keduanya saling melengkapi. Anda memang bisa mendapatkan asupan vitamin D dengan berjemur. Akan tetapi, mulai usia 40, tubuh akan mulai kesulitan “mengaktifkan” vitamin D di dalam tubuh dengan bantuan sinar matahari. Itu sebabnya, dokter mungkin akan meminta Anda untuk minum suplemen vitamin D. untuk anjuran terbaik, konsultasikanlah dengan dokter mengenai dosis yang tepat.Selain ketiga vitamin dan mineral utama di atas, ada beberapa vitamin dan mineral lain yang juga berguna untuk wanita berusia 40 tahun ke atas, seperti:
  • Vitamin B6 dan B12
  • Magnesium
  • Zinc
  • Kalium
Vitamin dan mineral tersebut diketahui bermanfaat untuk perkembangan sel saraf di otak dan pembentukan sel darah. Sel saraf di otak dan sel darah sendiri diketahui dapat menurun fungsinya seiring berjalannya waktu.Sementara itu, magnesium, bersama dengan vitamin D, juga dapat membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan tulang yang lebih sehat.

Hal yang harus diperhatikan sebelum konsumsi vitamin untuk usia 40 tahun ke atas

Biocalci mengandung vitamin D3 1000 IU, kalsium, dan vitamin C yang baik bagi tulang dan sistem imun
Biocalci mengandung kalsium organik, vitamin C, dan vitamin D3 yang baik untuk kekuatan tulang dan sistem imun
Memasuki usia 40 tahun, baik untuk wanita ataupun pria, akan ada banyak perubahan yang terjadi. Baik itu sisi fisik, seperti mulai menurunnya fungsi tubuh atau sisi emosional yang dipengaruhi oleh level hormon yang turut berubah.Untuk mencukupi kebutuhan itu, tak jarang Anda membutuhkan vitamin dan mineral yang tepat untuk usia 40 tahun, sambil tetap tidak meninggalkan gaya hidup sehat. Vitamin yang dipilih pun tak bisa sembarangan.Masalahnya, seiring berjalannya usia, tubuh jadi lebih sensitif. Misalnya, Anda mungkin lebih rentan terhadap penyakit lambung. Itu sebabnya, pemilihan vitamin pun jadi perlu lebih hati-hati.Mengingat kebutuhan vitamin untuk usia 40 tahun ke atas cukup beragam, pilihlah vitamin dan mineral yang telah dikemas dalam 1 tablet. Jadi, kemungkinan lupa mengonsumsi vitamin dapat diminimalisir.Salah satu vitamin yang dapat Anda konsumsi adalah Biocalci Organic Calcium plus Ester C + Vitamin D3. Vitamin ini sangat tepat untuk wanita usia 40 tahun ke atas karena bentuknya tablet. Jadi, tentu lebih praktis jika dibandingkan yang berbentuk effervescent.Biocalci mengandung kalsium organik, vitamin C, dan vitamin D3. Kandungan 72 mineral di dalamnya juga menambah lengkap nutrisi yang Anda butuhkan saat memasuki usia 40 tahun. Anda tidak perlu khawatir karena Biocalci tidak mengandung soda dan vitamin C-nya berasal dari Ester-C, sehingga tidak bersifat asam dan lebih nyaman di lambung.Pastikan Anda juga tetap menjalankan gaya hidup sehat, seperti makan makanan sehat dan berolahraga minimal 30 menit sehari. Jika Anda mengonsumsi vitamin, bacalah dengan teliti anjuran pemakaiannya.Anda sebaiknya menghindari minum vitamin bersamaan dengan kopi, teh, atau soda karena dapat mengganggu penyerapannya.
kesehatan wanitavitamin dadv biocalci
Prevention. https://www.prevention.com/health/a20483697/vitamins-you-need-after-age-40/
Diakses pada 25 Oktober 2021
Web MD. https://www.webmd.com/healthy-aging/ss/slideshow-aging-vitamins-older-people
Diakses pada 25 Oktober 2021
Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/article/003998.htm
Diakses pada 25 Oktober 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/features/fighting-40s-flab#1
Diakses pada 25 Oktober 2021
Family Doctor. https://familydoctor.org/40-womens-nutrition-metabolism-needs/
Diakses pada 25 Oktober 2021
Harvard Medical School. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system
Diakses pada 25 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait