Vitamin untuk Tulang Lain yang Juga Perlu Dipenuhi, Selain Vitamin D

Selain vitamin D, vitamin A, B, K ternyata juga diperlukan
Selain vitamin D, vitamin untuk tulang lain seperti vitamin K dan A juga perlu dipenuhi kebutuhannya

Selama ini, informasi yang ditayangkan melalui iklan televisi, konten di media sosial, bahkan artikel-artikel media massa dan buku, banyak menyebut peran vitamin D untuk kesehatan tulang. Tahukah Anda, vitamin untuk tulang sebenarnya bukan hanya vitamin D, terutama pada lansia, yang rentan mengalami osteoporosis?

Vitamin lain seperti vitamin A dan vitamin K, juga dianggap penting untuk membuat tulang tetap sehat. Karena dampak kerusakan tulang bisa dirasakan dalam jangka panjang, maka pencegahannya pun harus dilakukan sejak dini.

Jenis vitamin untuk tulang yang perlu dipenuhi

Kalsium dan vitamin D adalah komponen nutrisi serta vitamin untuk tulang, yang paling penting. Meski begitu, kebutuhan tubuh terhadap vitamin A, vitamin K, vitamin C, dan vitamin B juga harus dipenuhi, untuk mendapatkan tulang yang sehat.

1. Vitamin A

Selain baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga memiliki peran untuk membangun tulang yang sehat dan kuat. Sebab, sel yang digunakan untuk membangun tulang (osteoblas), dipengaruhi oleh vitamin yang satu ini.

Meski begitu, jangan sampai kadar vitamin A dalam tubuh menjadi berlebih. Jika berlebihan, kepadatan tulang malah akan berkurang. 

Anda bisa mendapatkan vitamin A dari wortel, melon, telur, daging, ikan yang mengandung banyak lemak seperti salmon, hati, bayam, dan mangga.

2. Vitamin K

Vitamin lain yang mungkin belum Anda ketahui perannya bagi kesehatan tulang adalah vitamin K. Kekurangan vitamin K bisa menyebabkan tulang menjadi lebih lemah, dan meningkatkan risiko patah tulang.

Jenis vitamin K yang dianggap paling penting untuk kesehatan tulang adalah vitamin K2. Berikut ini manfaat suplemen vitamin K2 bagi Anda:

  • Memperlambat proses pelemahan tulang setelah menopause.
  • Meningkatkan kekuatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang, jika Anda seorang wanita yang mengalami menopause.
  • Meningkatkan efektivitas dari pengobatan osteoporosis.

3. Vitamin C

Vitamin C penting untuk pertumbuhan gusi dan tulang. Vitamin C merupakan bahan penting untuk pembentukan kolagen, yang merupakan fondasi dari proses pembentukan tulang.

Vitamin ini juga dapat meningkatkan tingkat kepadatan tulang. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengonsumsi brokoli, paprika, kembang kol, lemon, stroberi, pepaya, dan jeruk.

4. Vitamin B

Vitamin B, terutama vitamin B6,B12, serta asam folat juga memiliki peran untuk melindungi Anda dari osteoporosis. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan fungsi vitamin B, dalam mencegah risiko patah tulang, pada penderita osteoporosis.

Tips menjaga kesehatan tulang, selain dengan vitamin untuk tulang

Memenuhi kebutuhan vitamin untuk tulang yang kuat, juga perlu diimbangi dengan langkah lain berikut ini.

  • Konsumsi makanan bergizi seimbang yang mengandung protein, dan perbanyak asupan sayur dan buah-buahan segar.
  • Jaga indeks massa tubuh (IMT) agar tetap ideal. IMT yang kurang dari batas normal, akan meningkatkan risiko osteoporosis.
  • Olahraga teratur, untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.
  • Hindari merokok. Sebab, merokokdapat mengganggu kerja sel yang berfungsi untuk membangun tulang, dan mengurangi risiko patah tulang.
  • Hindari mengonsumsi alkohol secara berlebihan.
  • Batasi konsumsi garam dan kopi, karena keduanya bisa menghilangkan kalsium dari tubuh.

Meski saat ini telah tersedia berbagai suplemen vitamin untuk tulang, tapi cara terbaik untuk mendapatkannya, tentu tetap dengan cara alami, melalui konsumsi makanan sehat. Jika merasa perlu mengonsumsi suplemen, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter mengenai dosis dan jenis yang cocok, sesuai kondisi Anda.

American Bone Health. https://americanbonehealth.org/nutrition/vitamins-for-bone-health/
Diakses pada 24 Juni 2019

International Osteoporosis Foundation. https://www.iofbonehealth.org/sites/default/files/PDFs/good_nutrition_for_healthy_bones.pdfDiakses pada 24 Juni 2019

Osteoporosis Australia. https://www.osteoporosis.org.au/vitamin-k
Diakses pada 24 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed