Sederet Vitamin untuk Penderita Asam Lambung


Vitamin yang baik untuk penderita asam lambung diantaranya adalah vitamin A, B, C dan vitamin E. Selain itu, mengonsumsi suplemen, herbal dan probiotik juga dapat bermanfaat.

0,0
16 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Vitamin untuk penderita asam lambung antara lain vitamin A, B, C, dan EVitamin untuk penderita asam lambung bisa membantu mengurangi gejala
Vitamin untuk penderita asam lambung dapat membantu meringankan gejala dan mencegah kekambuhan kondisi tersebut. Istilah asam lambung kerap digunakan untuk menyebut penyakit refluks asam lambung, seperti heartburn dan refluks gastroesofageal (GERD).
Kondisi asam lambung dapat menyebabkan berbagai keluhan seperti nyeri ulu hti, mual, hingga nyeri dada. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda sehingga perlu dilakukan penanganan yang tepat menggunakan obat-obatan maupun vitamin dan suplemen.Anda juga perlu melakukan perubahan gaya hidup, modifikasi diet serta berolahraga teratur agar kondisi lambung bisa terus terjaga.

Jenis vitamin yang baik untuk penderita asam lambung

Vitamin yang baik untuk penderita asam lambung antara lain vitamin A, B, C, dan E
Vitamin untuk penderita asam lambung ada beragam
Ada cukup banyak jenis vitamin, herbal atau suplemen yang dapat dikombinasikan dengan perawatan medis untuk mengatasi asam lambung. Beberapa jenis vitamin untuk penderita asam lambung meliputi:

1. Vitamin B

Vitamin B12, vitamin B6 dan asam folat (vitamin B9) adalah kelompok vitamin yang dapat bermanfaat bagi penderita asam lambung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa melengkapi diet dengan vitamin B dapat membantu mengurangi gejala asam lambung serta mencegah kondisinya berkembang semakin parah.

2. Vitamin A dan C

Vitamin untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah vitamin A dan C yang memiliki sifat antioksidan. Senyawa antioksidan dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan sumber penyakit yang dapat menyebabkan gejala GERD kambuh atau memburuk.

3. Vitamin E

Vitamin E dapat membantu meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan jantung serta melindungi dari memburuknya kondisi GERD. Namun, karena efek samping yang mungkin ditimbulkannya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu jika Anda hendak mengonsumsi suplemen vitamin E sebagai vitamin untuk meredakan asam lambung.

4. Betaine hidroklorida

Saat kadar asam lambung lebih rendah dari normal, pencernaan akan berjalan lambat dan mengganggu penyerapan nutrisi. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai keluhan seperti nyeri ulu hati, mulas dan refluks asam lambung.Untuk mengatasi hal ini, mengonsumsi suplemen yang mengandung betaine hidroklorida dinilai dapat membantu. Biasanya, senyawa ini banyak dikombinasikan dengan pepsin dalam berbagai suplemen.Pepsin sendiri merupakan enzim pencernaan yang terdapat pada asam lambung dan berfungsi memecah protein menjadi unit yang lebih kecil sehingga mudah dimanfaatkan oleh tubuh.Selain dengan betain hidroklorida, kombinasi pepsin dengan asam amino hidroklorida juga dianggap mampu mengurangi gejala-gejala refluks asam.Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih banyak untuk memastikan efektivitas pepsin dan betaine HCl untuk mengobati refluks asam lambung.

5. Melatonin

Melatonin adalah hormon yang fungsi utamanya untuk mengatur kapan Anda tidur atau bangun. Namun, hormon ini juga dinilai dapat membantu mengurangi refluks asam lambung serta melindungi dari risiko gangguan kesehatan jangka panjang yang disebabkan oleh GERD.

6. Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan para penderita asam lambung. Mengonsumsi jahe dapat meringankan gejala gangguan pencernaan dan membantu mempercepat pengosongan perut.Jahe yang dikombinasikan dengan bahan lain seperti daun perilla dan artichoke, juga dapat membantu menurunkan frekuensi refluks asam lambung.

7. Probiotik

Manfaat probiotik bagi kesehatan pencernaan sudah tidak diragukan lagi. Ini membuatnya cocok digunakan sebagai tambahan asupan untuk penderita asam lambung. Probiotik juga dapat membantu meringankan gejala refluks asam lambung.Jika digunakan dengan obat asam lambung, probiotik dapat mengurangi risiko kekambuhan setelah pengobatan.Probiotik juga dapat membantu mencegah perubahan flora usus yang disebabkan oleh penggunaan obat golongan proton pump inhibitor (PPI) jangka panjang.

Tips mengonsumsi vitamin untuk penderita asam lambung

Tips minum vitmain untuk penderita asam lambung
Perhatikan cara mengonsumsi vitamin yang aman untuk penderita asam lambung
Beberapa jenis suplemen atau vitamin untuk penderita asam lambung mungkin saja dikombinasikan dengan bahan yang dapat memperburuk gejala dan kondisi GERD. Misalnya saja multivitamin yang mengandung seng, zat besi, atau kalsium.Untuk mencegah memburuknya gejala GERD akibat cara mengonsumsi multivitamin yang tidak tepat, berikut ini beberapa tips mengonsumsi vitamin untuk penderita asam lambung yang bisa Anda ikuti:
  • Hindari mengonsumsi multivitamin tepat sebelum berolahraga.
  • Sebaiknya isi perut Anda terlebih dahulu sebelum mengonsumsi multivitamin. Anda juga dapat mengonsumsi multivitamin bersamaan dengan makanan.
  • Pilihlah sediaan multivitamin yang mudah dicerna, seperti serbuk, tablet kunyah, cairan serta sediaan lain yang lebih cepat larut.
  • Jangan mengonsumsi multivitamin dengan mega dosis. Seperti misalnya multivitamin yang dikonsumsi sebulan sekali atau seminggu sekali namun dalam dosis besar.
  • Sebaiknya, konsumsi multivitamin untuk penderita asam lambung dalam dosis harian yang lebih kecil.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dengan pengaturan makan (diet) yang sehat bergizi.
Itulah sederet vitamin untuk penderita asam lambung serta tips mengonsumsinya secara aman. Jika perubahan gaya hidup, modifikasi diet serta konsumsi multivitamin tidak membantu perkembangan kondisi asam lambung Anda, segera hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan.
asam lambungvitamin
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamins-for-acid-reflux
Diakses 3 November 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/376906-vitamins-for-acid-reflux/
Diakses 3 November 2021
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/beyond_food_what_triggers_heartburn_and_gerd/article.htm#can_multivitamins_cause_heartburn
Diakses 3 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait