Vitamin untuk Kulit Lengkap dengan Fungsi dan Cara Mendapatkannya


Ada berbagai jenis vitamin untuk kulit tetap sehat yang wajib dipenuhi agar terhindar dari masalah kulit. Anda bisa memperolehnya dari berbagai sumber makanan mengandung vitamin kulit A, C, D, E, K, dan B-kompleks. Pastikan juga untuk memenuhi asupan nutrisi lain, seperti mineral, protein, dan lemak sehat.

0,0
02 Nov 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada banyak vitamin untuk kulit salah satunya adalah vitamin CVitamin C merupakan pilihan vitamin untuk kulit karena tinggi antioksidan
Kulit membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk dapat menjalankan fungsinya dalam melindungi tubuh. Nah, Anda bisa memperolehnya melalui pola makan sehat dan bergizi dengan memperhatikan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Lantas, apa saja vitamin untuk kulit agar tampak sehat dan awet muda?

Berbagai jenis vitamin untuk kulit

Ada berbagai jenis vitamin yang bagus untuk kulit tetap sehat dan cerah. Berikut adalah jenis vitamin kulit yang perlu Anda penuhi setiap hari.

1. Vitamin A

Vitamin A dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata. Namun lebih dari itu, ada berbagai manfaat vitamin A untuk kulit yang ternyata sayang dilewatkan. Sebab, jika kulit kekurangan asupan vitamin A, kulit jadi terasa kering dan gatal.Manfaat vitamin A untuk kulit, di antaranya dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengendalikan produksi minyak di wajah, mencegah kulit kering, memperbaiki lapisan kulit yang rusak, memperlambat kerutan dan tanda penuaan dini lainnya, hingga mempercepat penyembuhan luka atau goresan.Menurut Angka Kecukupan Gizi yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan, orang dewasa membutuhkan 600-650 mikrogram vitamin A tiap harinya.
Vitamin untuk kulit adalah vitamin A
Wortel merupakan salah satu makanan tinggi vitamin A
Untuk memperoleh asupan vitamin A, Anda bisa mengonsumsi makanan tertentu, seperti wortel, sayuran hijau, ubi, hati ayam, dan telur. Mangga dan pepaya juga termasuk buah-buahan yang kaya akan vitamin A.Selain dari konsumsi makanan mengandung vitamin A, vitamin kulit ini bisa didapat melalui penggunaan produk perawatan kulit, termasuk krim atau serum wajah.Beberapa jenis turunan vitamin A yang banyak digunakan pada produk tersebut adalah retinoid, retinol, tretinoin, dan isotretinoin.

2. Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin untuk kulit yang utama dibutuhkan tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Hal ini bahkan dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients.Vtamin C juga mengandung kolagen. Maka, tak heran bila vitamin C kerap menjadi salah satu bahan utama dalam produk anti-aging (perawatan kulit anti-penuaan).Pada tubuh, vitamin kulit ini dapat ditemukan dalam lapisan epidermis (lapisan luar kulit) dan lapisan dermis (lapisan dalam kulit). Adapun manfaat vitamin C untuk kulit ini, yaitu:
  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  • Memperlambat munculnya kerutan dan tanda penuaan dini lainnya
  • Memperbaiki dan mencegah kulit kering
  • Membuat kulit lebih sehat, kenyal, dan cerah
  • Mengurangi kerusakan sel dan membantu proses penyembuhan luka
Jumlah asupan vitamin C harian yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah 75–90 miligram.    Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C untuk kulit, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan, seperti jeruk, stroberi, cranberry, blueberry, blackberry, apel, melon, dan jambu biji. Sumber vitamin C lainnya juga terdapat pada sayur-mayur, seperti brokoli dan bayam.BACA JUGA: Rekomendasi Suplemen Vitamin C yang Baik untuk Kulit dan Imun Tubuh

3. Vitamin E

Sama seperti vitamin C, vitamin E untuk kulit berperan sebagai antioksidan. Umumnya, tubuh memproduksi vitamin E melalui sebum, yaitu minyak alami yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit.  Jika jumlahnya seimbang, sebum dapat membantu menjaga kulit dari kondisi kering.Tak hanya mengatasi kulit kering, manfaat vitamin E untuk kulit lainnya adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mencegah munculnya keriput dan bintik hitam di wajah, serta mengatasi peradangan kulit.Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Advances in Nutrition, fungsi vitamin E juga dapat menyeimbangkan sistem imun kulit sehingga baik sebagai anti aging.
Vitamin untuk kulit berikutnya adalah vitamin E
Anda bisa memenuhi asupan nutrisi vitamin E dari makanan
Selain menggunakan produk perawatan kulit tertentu yang mengandung vitamin E, Anda juga dapat memenuhi asupan nutrisi vitamin kulit ini melalui makanan.Misalnya, dari telur, brokoli, sayuran hijau lain, serta kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti almond, hazelnut, dan biji bunga matahari.Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin E bila perlu. Namun, pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu guna mengetahui dosis dan rekomendasi suplemen yang tepat sesuai kondisi Anda.Umumnya, rata-rata orang dewasa membutuhkan vitamin E sebanyak 15 mikrogram tiap hari.

4. Vitamin D

Anda mungkin mengenal manfaat vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium pada tulang. Padahal, vitamin D juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.Salah satu manfaat vitamin D untuk kulit, yakni dapat mengatasi peradangan berkat sifat antiradang di dalamnya yang mampu mengatasi jerawat hingga psoriasis.Sebuah studi yang dimuat dalam PLOS One menyebutkan, asupan vitamin D yang cukup dapat membantu mengobati jerawat yang meradang.Pada studi lainnya yang dimuat pada Journal of Dermatological Treatment, penggunaan krim yang mengandung vitamin D dan E mampu meringankan gejala dermatitis atopik.
Kuning telur merupakan sumber vitamin untuk kulit
Kuning telur jadi sumber vitamin D
Jumlah asupan vitamin D harian yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah sekitar 15 mikrogram. Sedangkan, untuk lansia adalah sekitar 20 mikrogram.Cara paling mudah untuk memperoleh vitamin kulit ini adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Ketika kulit menyerap sinar matahari, kolesterol dalam tubuh diubah menjadi vitamin D.Nantinya, vitamin D akan diambil oleh hati dan ginjal dan disebarkan ke seluruh tubuh untuk membantu pembentukan sel-sel kulit yang sehat.Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin D melalui konsumsi ikan salmon, ikan sarden, kuning telur, serta sereal dan susu bubuk yang diperkaya vitamin D.

5. Vitamin K

Vitamin K berfungsi dalam membantu pembekuan darah pada tubuh. Maka, tak heran bila vitamin kulit ini berperan penting dalam proses penyembuhan luka, lebam, hingga area kulit bekas operasi.Tak hanya itu, manfaat vitamin K dianggap mampu membantu meredakan masalah kulit lain, seperti stretch mark, bekas luka, bintik-bintik hitam, dan kantung mata.Asupan vitamin K yang dibutuhkan oleh orang dewasa per harinya adalah 55-65 mikrogram. Selain dari penggunaan krim kulit, vitamin yang bagus untuk kulit ini bisa ditemukan dalam sejumlah makanan, seperti sayuran hijau, termasuk brokoli dan bayam, minyak nabati, serta biji-bijian.

6. Vitamin B-kompleks

Beberapa vitamin B-kompleks juga tergolong sebagai pilihan vitamin untuk kulit yang perlu dipenuhi. Ada berbagai hasil studi yang menyebutkan manfaat vitamin B untuk kulit.Studi yang dimuat dalam Advances in Wound & Skin Care menyebutkan, vitamin B-kompleks dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel-sel kulit sehat.
Vitamin kulit adalah vitamin B kompleks
Ada ragam sumber vitamin B yang bisa dikonsumsi
Vitamin B3 atau niacinamide, misalnya, dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan. Beberapa studi juga menyebutkan niacinamide dapat mengurangi tampilan bercak hitam di wajah sekaligus meratakan warna kulit.Sedangkan, vitamin B5 atau asam pantotenat membantu mengatasi jerawat dan penuaan kulit.Berbagai jenis vitamin B dan masing-masing vitamin dibutuhkan dalam jumlah yang berbeda. Untuk kebutuhan orang dewasa, misalnya:
  • Vitamin B1: 1,2 miligram
  • Vitamin B2: 1,1 – 1,3 miligram
  • Vitamin B3: 14 – 16 miligram
  • Vitamin B5: 5 miligram
  • Vitamin B6: 1,2 – 1,7 miligram
  • Vitamin B12: 4 mikrogram
Anda bisa memperoleh manfaat vitamin B secara maksimal bila mengoleskannya secara langsung ke kulit melalui penggunaan sejumlah produk skincare.Namun, Anda juga dapat memperolehnya dari asupan makanan, seperti oatmeal, gandum, kacang-kacangan, daging, dan ikan.Jika kekurangan vitamin B-kompleks, Anda lebih berisiko mengalami berbagai gangguan kulit seperti dermatitis, kulit berminyak, kulit kering, kulit keriput, ketombe, dan bibir pecah-pecah.BACA JUGA: Deretan Makanan yang Bagus untuk Kulit Sehat dan Cerah

Ragam mineral yang baik untuk kulit

Selain vitamin kulit ada mineral yang tak kalah penting
Konsumsi suplemen untuk kulit sebaiknya mematuhi dosis yang tertera
Tak hanya vitamin kulit yang bagus dikonsumsi, beberapa jenis mineral juga baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi mineral bersamaan dengan vitamin.Berikut adalah ragam mineral yang baik dikonsumsi untuk kulit Anda.

1. Zinc

Salah satu jenis mineral yang baik untuk kulit adalah zinc atau seng. Zinc dapat membantu kulit untuk lebih cepat sembuh saat terjadi cedera. Hal ini dibutuhkan untuk menjaga dinding sel tetap stabil saat sel kulit membelah dan tumbuh.Zinc juga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV) karena perannya sebagai antioksidan.Jika tubuh kekurangan zinc, kulit akan terlihat mengalami ruam gatal mirip dengan eksim. Agar tidak kekurangan asupan zinc, Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan, seperti tiram, kepiting, udang, jamur dan bayam. Umumnya, orang dewasa membutuhkan 29-30 miligram zinc tiap harinya.

2. Selenium

Selenium merupakan mineral pembantu antioksidan tertentu yang mampu melindungi kulit dari sinar UV.Mengutip dari laman resmi Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, selenium dan vitamin C berperan penting dalam menangkal radikal bebas untuk mencegah kerusakan sel, termasuk sel kulit.Jika tubuh kekurangan selenium, maka risiko kanker kulit bisa meningkat. Oleh karena itu, mengonsumsi selenium sangat penting untuk mencegah penuaan dini dan kanker kulit. Daging dan makanan laut diketahui mengandung banyak selenium.Itulah berbagai jenis vitamin untuk kulit yang penting Anda penuhi asupannya setiap hari. Di samping mineral dan vitamin yang bagus untuk kulit, Anda juga perlu mencukupi asupan nutrisi lain guna menjaga kesehatan kulit, seperti protein dan lemak sehat.Selain mengonsumsi vitamin, mineral, dan berbagai asupan nutrisi lain yang berasal dari makanan sehat untuk kulit, jangan lupa untuk senantiasa minum air putih yang cukup serta melakukan perawatan kulit mendasar secara rutin.Masih punya pertanyaan seputar vitamin untuk kulit atau mengalami gejala-gejala yang berkaitan dengan gangguan kulit?Coba konsultasikanlah ke dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Pastikan Anda sudah mengunduhnya di App Store dan Google Play.
vitaminvitamin kvitamin dvitamin avitamin ckulit dan kecantikanvitamin e
Healthline. https://www.healthline.com/health/4-best-vitamins-for-skin
Diakses pada 14 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324943.php
Diakses pada 14 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/nutrients-for-healthy-skin
Diakses pada 14 Desember 2020
PLOS One. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0161162
Diakses pada 1 November 2021
Journal of Dermatological Treatment. https://www.tandfonline.com/doi/citedby/10.3109/09546630903578566?scroll=top&needAccess=true
Diakses pada 1 November 2021
Advances in Skin & Wound Care. https://journals.lww.com/aswcjournal/Abstract/2018/05000/Effects_of_Vitamin_B_Complex_and_Vitamin_C_on.7.aspx
Diakses pada 1 November 2021
Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia. https://perdoski.id/article/detail/1595-7-vitamin-dan-mineral-yang-wajib-anda-konsumsi-agar-kulit-tetap-sehat
Diakses pada 1 November 2021
Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan Masyarakat Indonesia. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf
Diakses pada 1 November 2021
Nutrients. https://www.mdpi.com/2072-6643/9/8/866
Diakses pada 1 November 2021
Advances in Nutrition. https://academic.oup.com/advances/article/9/5/533/5071780
Diakses pada 1 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait