5 Vitamin untuk Kebas dan Kesemutan yang Bisa Anda Konsumsi

(0)
18 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu vitamin untuk kebas dan kesemutan adalah vitamin B6Vitamin B6 dapat membantu mengatasi kesemutan atau kebas
Kebas dan kesemutan umumnya merupakan gejala ringan yang berlangsung sementara dan tidak berbahaya. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengubah posisi tubuh dan menghilangkan tekanan pada saraf, hingga mengonsumsi vitamin untuk kebas dan kesemutanKebas dan kesemutan biasanya terjadi akibat melakukan gerakan berulang-ulang atau karena bertahan dalam posisi yang sama dalam jangka waktu lama. Di sisi lain, kesemutan juga bisa mengindikasikan adanya gangguan atau penyakit saraf (neuropati) yang dapat berakibat fatal.Untuk menjaga fungsinya dengan baik, kebutuhan nutrisi saraf perlu dipenuhi. Terdapat beberapa mineral atau vitamin untuk kebas dan kesemutan yang dapat menjaga kesehatan saraf sekaligus meringankan gejala neuropati.

Jenis suplemen dan vitamin untuk kebas dan kesemutan

Selain berfungsi menjaga fungsi saraf, nutrisi untuk saraf juga bermanfaat untuk meringankan dan mencegah gejala neuropati bahkan memulihkan saraf yang sakit. Vitamin untuk kebas dan kesemutan tersebut meliputi vitamin B, vitamin E, asetilkarnitin, alpha lipoic acid (asam alfa lipoat), dan asetilsistein.

1. Vitamin B

Vtamin B dapat menjaga fungsi saraf supaya tetap normal dan memelihara kesehatan, melindungi sel, dan mempercepat regenerasi jaringan saraf. Vitamin untuk kebas dan kesemutan meliputi vitamin B1 (tiamin), vitamin B6, dan vitamin B12.Sebaiknya konsumsi ketiganya secara terpisah ketimbang dalam bentuk vitamin B kompleks. Kekurangan vitamin B berisiko menyebabkan kerusakan saraf permanen apabila tidak segera diobati.Namun, konsumsi vitamin B6 tidak boleh melebihi 200 miligram setiap harinya karena kelebihan vitamin ini juga dapat menyebabkan kerusakan saraf.

2. Vitamin E

Vitamin E bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, organ reproduksi, darah dan otak. Kandungan antioksidan pada vitamin E mampu melindungi kesehatan sel dan menurunkan risiko penyakit berbahaya.Di sisi lain, kekurangan vitamin E dapat menyebabkan neuropati perifer yang merupakan salah satu penyakit saraf. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan asupan vitamin E sebagai vitamin untuk kebas dan kesemutan. Dosis vitamin E yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 15 mg per hari.

3. Asetil L-karnitin (ALC)

Asetil L-karnitin (ALC) atau asetilkarnitin merupakan asam amino dan antioksidan. Nutrisi ini juga tersedia dalam bentuk suplemen. ALC dapat membantu meningkatkan fungsi saraf dan mengontrol rasa sakit neuropati akibat diabetes.Penelitian lainnya menunjukkan bahwa ALC membantu mengurangi gejala neuropati bagi pasien yang menjalani kemoterapi. Namun, perlu diingat bahwa temuan penelitian mengenai hal ini cukup beragam dan masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

4. Alpha lipoic acid (ALA)

Alpha lipoic acid (asam alfa lipoat) dapat memperlambat atau bahkan menghentikan kerusakan saraf. ALA dapat digunakan sebagai vitamin untuk kebas dan kesemutan.Nutrisi ini mampu mengatasi gejala-gejala neuropati dalam hitungan minggu, termasuk rasa panas dan tertusuk. ALA juga dapat melancarkan peredaran darah dan meringankan peradangan.

5. Asetilsistein

Nutrisi lainnya untuk kebas dan kesemutan berikutnya adalah asetilsistein. Berdasarkan beberapa penelitian, asetilsistein dapat melindungi sistem saraf dari peradangan, mengurangi sakit neuropatik, dan dapat meningkatkan koordinasi motorik.Sifat antioksidan pada asetilsistein mampu mengurangi kerusakan saraf yang disebabkan oleh stres oksidatif dan apoptosis.Selain vitamin untuk kebas dan kesemutan di atas, terdapat beberapa mineral dan nutrisi lainnya yang juga berfungsi menjaga dan meningkatkan kesehatan saraf, seperti:
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Senyawa kurkumin dari kunyit
  • Minyak ikan.
Untuk mendapatkan manfaat vitamin untuk kebas dan kesemutan, Anda bisa memperolehnya dari berbagai sumber makanan atau suplemen. Beberapa asam amino yang diperlukan juga diproduksi oleh organ tubuh yang berfungsi dengan baik.Apabila membutuhkan asupan tambahan, Anda dapat mengonsumsi berbagai vitamin di atas dalam bentuk suplemen. Sebaiknya konsultasikan pada dokter mengenai dosis pemakaian yang sesuai dengan kondisi Anda supaya meminimalisir terjadinya efek samping yang tidak diinginkan.
neuropati periferkesemutan
Healthline. https://www.healthline.com/health/tingling-in-feet
Diakses 6 September 2020
Healtline. https://www.healthline.com/health/neuropathy-supplements
Diakses 6 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326917
Diakses 6 September 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-vitamin-e/art-20364144#:~:text=Vitamin%20E%20is%20also%20available,is%2015%20milligrams%20a%20day.
Diakses 6 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait