Jenis Vitamin untuk Gigi agar Kesehatan Mulut Tetap Terjaga


Vitamin untuk gigi diperlukan untuk menjaga kesehatan mulut. Vitamin-vitamin yang harus dipenuhi kebutuhannya, antara lain vitamin A, B, C, D, dan E.

(0)
Vitamin untuk gigi diperlukan agar kesehatan mulut terjaga dengan baikVitamin C dari apel adalah salah satu vitamin untuk gigi
Mempunyai senyum yang indah sudah pasti menjadi dambaan setiap orang. Hal utama yang harus dilakukan untuk mendapatkannya adalah dengan menjaga kesehatan mulut dan gigi. Selain rutin berkonsultasi dengan dokter gigi setiap 6 bulan sekali, jangan lupa juga memenuhi kebutuhan asupan vitamin untuk gigi.

Apa saja vitamin untuk gigi?

Gigi membutuhkan asupan vitamin supaya tetap sehat. Asupan vitamin dapat diperoleh melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari atau dengan minum suplemen. Berikut beberapa vitamin untuk gigi:

1. Vitamin A

Vitamin A berperan untuk menjaga suplai air liur dalam mulut. Air liur penting bagi kesehatan gigi karena berguna untuk membersihkan bakteri maupun partikel makanan yang terdapat di sela-sela gigi dan gusi.Selain itu, vitamin ini juga turut membantu menjaga kesehatan selaput lendir (membran mukosa) yang melapisi gusi dan juga pipi dari serangan penyakit. Asupan vitamin A bisa diperoleh dengan konsumsi makanan seperti wortel, jeruk, kangkung, bayam, kuning telur, dan ikan.

2. Vitamin B

Vitamin B, khususnya niasin dan riboflavin, menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara menangkal sariawan, serta peradangan pada gusi atau lidah. Kedua kandungan vitamin B tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan-makanan seperti ikan, susu, daging unggas, daging merah, dan kacang-kacangan.

3. Vitamin C

Banyak ditemukan dalam buah-buahan seperti jeruk dan stroberi, vitamin C berguna untuk menjaga jaringan ikat pada gusi tetap kuat. Ketika jaringan ikat pada gusi lemah, gigi Anda dapat lepas. Tak hanya itu, Anda mungkin juga akan mengalami perdarahan pada gusi.

4. Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang punya peranan penting dalam menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan gigi. Selain itu, vitamin ini juga membantu mencegah Anda mengalami kerusakan gigi dan penyakit gusi. Asupan vitamin D bisa didapatkan dengan konsumsi makanan seperti ikan berlemak, jeroan, telur, dan produk olahan susu (yogurt, keju)

5. Vitamin E

Vitamin E kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan stres oksidatif pada jaringan gusi. Vitamin ini juga membantu meredakan peradangan di mulut. Anda bisa mendapat asupan vitamin E dari makanan-makanan seperti sayuran berdaun hijau, ikan, alpukat, biji-bijian, serta kacang-kacangan.

Mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi

Selain memenuhi asupan vitamin, pastikan juga kebutuhan mineral tubuh terpenuhi dengan baik untuk menjaga kesehatan gigi. Sejumlah mineral yang diperlukan untuk menjaga supaya gigi tetap sehat, di antaranya:
  • Kalium

Kalium merupakan mineral yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Mineral ini bekerja dengan cara menghentikan zat tertentu dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan.Kalium juga membantu proses pembekuan darah saat gusi Anda terluka. Anda dapat memperoleh asupan kalium dari konsumsi makanan seperti sayuran berdaun hijau tua, produk olahan susu, pisang, jamur, labu, dan kacang-kacangan.
  • Kalsium

Asupan kalsium sangatlah penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Kalsium dibutuhkan agar perkembangan tulang dan gigi berjalan normal. Tak hanya itu, mineral ini membantu membuat gigi dan tulang tetap kuat. Sejumlah makanan yang kaya akan kandungan kalsium meliputi brokoli, almond, produk susu, dan kerang.
  • Fosfor

Fosfor adalah mineral yang membantu agar tubuh dapat menyerap kalsium dengan baik. Kalsium sendiri berguna untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Fosfor bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi produk olahan susu, daging, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
  • Fluoride

Fluoride umumnya ditemukan dalam pasta gigi. Mineral ini berguna untuk melawan sekaligus mengobati kerusakan pada gigi dan gusi. Untuk memperolehnya, Anda bisa mengonsumi makanan laut dan teh hitam.

Catatan dari SehatQ

Vitamin untuk gigi diperlukan untuk menjaga agar gigi Anda tetap sehat. Selain mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A,B,C,D,E,  asupan mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, dan fluoride juga penting untuk kesehatan gigi.Selain dari asupan makanan, vitamin untuk gigi juga bisa diperoleh lewat suplemen. Namun, jika Anda hendak mengonsumsi suplemen tertentu, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter. Jangan lupa juga menjaga kesehatan gigi dengan rajin menggosok gigi serta rutin memeriksakan kesehatan mulut ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai mengenai vitamin untuk gigi dan sumbernya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan gigisakit gigi
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/does-vitamin-d-influence-your-dental-health-4144768
Diakses pada 15 Mei 2021
123 Dentist. https://www.123dentist.com/best-vitamins-and-minerals-for-teeth/
Diakses pada 15 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait