Vitamin untuk Anak 12 Tahun ke Atas yang Direkomendasikan

(0)
10 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kebutuhan vitamin untuk anak 12 tahun ke atas perlu dipenuhiKebutuhan vitamin untuk anak 12 tahun ke atas dapat dipenuhi lewat makanan dan suplemen
Pertumbuhan dan perkembangan tubuh terjadi dengan pesat pada masa kanak-kanak dan remaja. Ketika menginjak usia 12 tahun ke atas, anak laki-laki atau perempuan memasuki masa remaja dan umumnya mulai menjalani masa pubertas.Pada masa ini, diperlukan berbagai nutrisi yang dapat menunjang kebutuhan fisik dan mental anak, salah satunya adalah vitamin untuk anak 12 tahun ke atas. Selain untuk membantunya tumbuh sempurna menjelang dewasa, pada periode ini anak-anak juga sangat aktif beraktivitas.Oleh karena itu, konsumsi vitamin dan mineral sangat penting untuk memperkuat sistem imun tubuh sekaligus menunjang pertumbuhan mereka.

Vitamin untuk anak 12 tahun ke atas

Sebuah studi dalam Journal of the America Dietetic Association mengungkapkan bahwa remaja yang setiap harinya mengonsumsi suplemen multivitamin, memiliki pola makan dan gaya hidup lebih sehat jika dibandingkan dengan remaja yang tidak mengonsumsi vitamin.Para ahli juga membeberkan beberapa jenis vitamin untuk anak 12 tahun ke atas yang sebaiknya dikonsumsi untuk mendukung pertumbuhan mereka. Berikut adalah jenis-jenis vitamin yang perlu dikonsumsi.

1. Vitamin A

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, vitamin A turut dikenal memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel. Selain itu, vitamin ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh supaya terjaga dari sumber penyakit.

2. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks termasuk vitamin untuk anak 12 tahun ke atas yang memiliki beragam jenis. Setiap jenis vitamin B memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing, seperti:
  • Vitamin B1 (thiamin) bermanfaat untuk memecah karbohidrat menjadi energi, dan membantu menjaga fungsi jantung dan saraf.
  • Vitamin B2 (riboflavin) berfungsi menjaga kesehatan mata, serta terlibat dalam produksi energi dan sel darah merah.
  • Vitamin B3 (niasin) bermanfaat untuk mengubah makanan menjadi energi, bermanfaat bagi fungsi saraf, dan menjaga kesehatan kulit.
  • Vitamin B6 membantu dalam menjaga fungsi otak dan saraf.
  • Vitamin B9 atau asam folat penting untuk produksi DNA dan produksi sel darah merah.
  • Vitamin B12 penting untuk menjaga fungsi sel saraf dan membantu produksi sel darah merah.

3. Vitamin C

Vitamin lainnya yang diperlukan untuk anak 12 tahun ke atas adalah vitamin C. Selain untuk membentuk kolagen dan menjaga kesehatan pembuluh darah, vitamin C juga penting untuk membentuk dan menjaga kesehatan tulang, gigi, serta gusi.Tidak hanya itu, vitamin C dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan kekebalan tubuh.Agar kebutuhan vitamin C-nya tercukupi, Anda dapat memberikan buah-buahan jenis sitrus dan beri pada anak-anak. Selain itu, paprika, brokoli, tomat, dan jambu juga termasuk dalam sumber vitamin C yang baik.

4. Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk membentuk dan memperkuat tulang dengan membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Vitamin yang satu ini dapat diproduksi oleh tubuh saat kulit terkena sinar matahari pagi.

5. Vitamin E

Vitamin E dapat melindungi dan menjaga kesehatan sel tubuh dan sel darah merah. Vitamin ini juga dikenal memiliki antioksidan yang baik bagi kesehatan kulit. Sumber makanan yang mengandung vitamin E, di antaranya kacang-kacangan, alpukat, biji-bijian, serta sayur-mayur.

Mineral untuk anak 12 tahun ke atas

Selain vitamin untuk anak 12 tahun ke atas, anak remaja juga memerlukan asupan mineral yang kaya manfaat untuk perkembangan mereka.Beberapa jenis mineral diperlukan dalam jumlah besar, contohnya kalsium. Namun sebagian mineral lainnya, misalnya zinc, hanya diperlukan sedikit saja dalam nutrisi harian anak. Berikut adalah rincian mineral yang diperlukan oleh anak 12 tahun ke atas.

1. Kalsium

Kalsium bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi supaya remaja tumbuh optimal. Kepadatan tulang yang baik dapat mencegah osteoporosis setelah lanjut usia. Nutrisi ini dapat ditemukan pada produk olahan susu, sayuran hijau, ikan salmon, hingga gandum utuh.

2. Zat besi

Zat besi bermanfaat sebagai transportasi sel darah merah yang mengandung oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Zat besi bisa didapatkan dari bayam, hati (sapi atau ayam), dan kacang-kacangan.

3. Magnesium

Magnesium memiliki peran dalam menjaga kesehatan otot, saraf, tulang, dan ritme jantung. Makanan yang mengandung magnesium, di antaranya gandum utuh, bayam, alpukat, buah naga, hingga edamame.

4. Kalium

Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dalam darah dan jaringan tubuh, serta bermanfaat untuk otot dan sistem saraf. Mineral ini dapat ditemukan pada pisang, sayuran hijau, hingga alpukat.

5. Zinc

Zinc memiliki peranan penting bagi anak usia remaja karena dapat membantu pertumbuhan normal tubuh. Mineral ini juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan proses penyembuhan luka. Zinc dapat ditemukan pada kerang, daging merah, hingga produk olahan susu.Itulah beberapa mineral dan vitamin untuk anak 12 tahun ke atas yang bermanfaat di masa remaja. Nutrisi ini dapat diperoleh dari makanan seimbang, seperti sayuran aneka warna, daging merah, daging unggas, ikan, serta produk olahan susu.Apabila hingga usia remaja anak masih sering memilih-milih makanan, maka tidak ada salahnya memberikan suplemen multivitamin dengan tambahan mineral yang diperlukan tubuh.
vitaminnutrisi anakvitamin anak
Kids Health. https://kidshealth.org/en/teens/vitamins-minerals.html
diakses 29 Agustus 2020
My Vitamins. https://www.myvitamins.com/articles/nutrition/vitamins-for-teenagers/
Diakses 29 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/health-insurance/features/family-vitamins
Diakses 29 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait