Vitamin Penambah Nafsu Makan yang Bagus


Mengonsumsi vitamin penambah nafsu makan penting dilakukan jika seseorang mengalami kondisi tertentu, salah satunya malnutrisi. Selain mengonsumsi vitamin, untuk menambah nafsu makan juga bisa mengonsumsi obat.

0,0
14 Dec 2020|Dedi Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
vitamin penambah nafsu makan dewasa juga terkadang diperlukanVitamin nafsu makan dewasa bisa saja diresepkan oleh dokter
Pada orang dewasa, banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan. Kehilangan nafsu makan sendiri bisa diartikan sebagai kondisi di mana seseorang memiliki keinginan yang rendah untuk makan. Untuk mengatasinya, Anda mungkin memerlukan vitamin penambah nafsu makan.Berkurang atau hilangnya nafsu makan yang terjadi selama beberapa hari tentu harus diwaspadai. Dikutip dari penelitian tersebut, keadaan tersebut bisa saja membuat seseorang mengalami penurunan berat badan atau malnutrisi. Patut dikhawatirkan juga bahwa ada penyakit yang berdiam dalam tubuh sehingga orang jadi hilang nafsu makan.Penyakit mental dan fisik bisa saja menjadi penyebab seseorang kehilangan nafsu makan. Selain itu, hilangnya nafsu makan bisa membuat orang yang ingin menaikkan berat badannya stres. Beruntung, banyak cara untuk mengembalikan nafsu makan seseorang, salah satunya dengan mengonsumsi suplemen.

Suplemen penambah nafsu makan

Pada keadaan normal, banyak yang menganggap kenaikan nafsu makan sebagai sesuatu yang harus dihindari. Namun jika orang tersebut menderita kanker, kondisi psikologis tertentu, dan penuaan, nafsu makan bertambah bisa jadi hal yang dibutuhkan.Untuk menaikkan selera makan mereka, berikut beberapa vitamin penambah nafsu makan untuk dewasa:

1. Zinc

Vitamin penambah nafsu makan berikutnya adalah zinc atau seng. Zinc dibutuhkan tubuh terutama untuk proses pertumbuhan, menjaga sistem kekebalan tubuh, hingga proses reproduksi.Kekurangan senyawa zinc atau seng mungkin menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan. Selain itu, kurang zinc bisa menyebabkan kekebalan tubuh seseorang menurun drastis.Defisiensi zinc juga bisa membuat orang memahami rasa dengan cara berbeda, lambat saat penyembuhan, dan rambut rontok. Untuk itu, mencukupi kebutuhannya menjadi solusi menaikkan nafsu makan.Beberapa makanan yang kaya akan zinc meliputi daging merah (misalnya, daging sapi), tiram, biji-bijian (contohnya, biji labu), serta kacang-kacangan (seperti, kacang almond, kacang tanah, dan kacang mede).

2. Vitamin B1

Nama lain dari vitamin untuk menambah nafsu makan ini adalah tiamin. Jika tubuh kekurangan vitamin ini, penderita akan kehilangan nafsu makan, turun berat badan, lingung, dan gejala neurologis lainnya.Thiamine atau vitamin B1 dapat membantu dalam menambah nafsu makan, hingga meningkatkan metabolisme lemak, protein, maupun karbohidrat oleh tubuh. Dengan begitu, tubuh mampu mengubah nutrisi-nutrisi tersebut menjadi energi, dan bukan menyimpannya sebagai tumpukan lemak.Untuk menambah vitamin nafsu makan, logis jika seseorang harus mencukupi kebutuhan tiamin, baik melalui makanan atau suplemen dari dokter. Sementara secara alami, vitamin B1 bisa didapatkan dari nasi, kacang-kacangan, hingga daging unggas.

3. Asam lemak omega-3

Suplemen penambah nafsu makan lainnya adalah asam lemak omega-3. Untuk meningkatkan nafsu makan, asam lemak omega-3 yang berasal dari laut dianggap efektif. Minyak ikan dan ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber yang sangat baik untuk senyawa ini. Khusus untuk para vegetarian, sumber omega-3 yang bisa dijadikan alternatif adalah alga, biji-bijian, hingga kacang-kacangan.Manfaat omega-3 bukan hanya untuk menambah nafsu makan saja, namun juga berkhasiat untuk menurunkan kadar trigliserida, hingga mencegah timbulnya nyeri sendi.Baca juga: Minum Vitamin Sebaiknya Kapan? Ketahui Waktu yang Tepat agar Bermanfaat

Obat penambah nafsu makan

Selain mengonsumsi vitamin penambah nafsu makan, orang dengan kondisi medis tertentu juga membutuhkan obat sebagai pelengkap untuk merangsang nafu makan. Berikut sejumlah obat untuk penambah nafsu makan yang mungkin diresepkan oleh dokter:

1. Dronabinol

Obat ini diresepkan oleh dokter dan bertindak sebagai reseptor cannabinoid di dalam otak. Dengan demikian, ia akan bekerja membantu mengurangi mual dan merangsang nafsu makan.Obat ini umumnya dipakai untuk mereka yang memiliki AIDS atau sedang menjalani kemoterapi.

2. Megestrol

Obat lain yang bisa dikonsumsi dengan resep dokter adalah megestrol yang merupakan sintesis dari progestin. Berperan sebagai perangsang nafsu makan dan biasanya obat ini dikonsumsi oleh mereka yang menderita anoreksia.Megestrol juga biasa diresepkan untuk cachexia, sebuah kondisi penurunan berat badan ekstrem karena kondisi kronis.

3. Oksandrolon

Turunan dari sintesis testosteron yang diresepkan sebagai vitamin nafsu makan dewasa adalah oksandrolon. Kinerjanya mirip steroid anabolik atau testosteron alami di dalam tubuh. Tak heran jika obat ini bisa menambah nafsu makan dan meningkatkan berat badan.Oksandrolon sering diresepkan untuk menambah nafsu makan pada orang yang mengalami cedera parah atau infeksi, serta setelah menjalani operasi.

Tips meningkatkan nafsu makan selain dengan minum vitamin dan obat

Selain mengonsumsi obat atau vitamin penambah nafsu makan untuk orangtua, beberapa cara di bawah ini bisa dicoba ketika Anda ingin meningkatkan selera makan Anda:

1. Makan sedikit, namun sering

Jika meras kesulitan menghabiskan makanan dengan porsi biasa, makan sedikit tapi sering bisa dilakukan. Dengan porsi lebih sedikit bisa memotivasi Anda untuk tetap makan.Bagilah waktu dan banyaknya porsi makan menjadi lima atau enam kali dari biasanya tiga kali sehari.

2. Konsumsi makanan kaya nutrisi

Jika nafsu makan sedang turun, Anda cenderung akan makan kalori saja melalui permen, es krim, atau kripik. Makanan ini memang menggugah selera, tapi kalorinya yang tinggi bisa berbahaya bagi Anda. Sebaiknya, ubahlah menu tersebut menjadi yang kaya nutrisi, tapi tetap lezat. Contohnya, susu dan yoghurt.

3. Makan bersama

Nafsu makan berkurang bisa jadi karena Anda hanya sendirian. Tak ada salahnya makan bersama teman atau keluarga. Bisa jadi, makan bersama orang lain akan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, Anda juga bisa makan sambil nonton televisi.

4. Konsumsi minuman bergizi

Jika susah mengonsumsi makanan padat, minum makanan bergizi bisa jadi solusi. Buatlah minuman seperti smoothie, milkshake, atau jus yang berisi kalori. Tapi pastikan Anda memakai bahan yang kaya nutrisi juga, misalnya buah dan sayur.Tambahkan sumber protein seperti susu atau yogurt dalam menu harian Anda. Untuk kalori dan nutrisi ekstra, Anda bisa menambahkan bubuk protein.

5. Olahraga lebih sering

Selain mengonsumsi suplemen penambah nafsu makan, agar kembali memiliki pola makan yang sehat, Anda tetap perlu aktif setiap hari. Aktivitas fisik bisa membuat nafsu makan kembali setelah kalori dalam tubuh terbakar. Untuk mengisi kalori kembali, makan adalah solusi yang paling logis. Hanya saja, Anda harus sabar karena hasilnya tidak instan.Biasanya, nafsu makan akan meningkat beberapa hari setelahnya, bukan persis sesudah olahraga. Aktivitas fisik juga meningkatkan rasa lapar karena meningkatnya beberapa proses dalam tubuh.Baca juga: Vitamin untuk Tulang Tidak Hanya Vitamin D, Kenali Di Sini

Ketika merasa kehilangan nafsu makan, lakukanlah beberapa tips peningkat rasa lapar di atas. Jika perlu, konsumsilah vitamin nafsu makan dewasa.Periksakan ke dokter untuk Anda yang memiliki nafsu makan rendah karena sedang mengalami sakit atau kondisi tertentu. Dokter akan meresepkan obat yang tepat sesuai kondisi Anda.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang perbedaan vitamin nafsu makan dewasa, serta tips sehat menambah nafsu makan lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
vitaminmakanan sehatnafsu makan
Healthline. https://www.healthline.com/health/appetite-stimulant
Diakses pada 14 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-to-increase-appetite
Diakses pada 14 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326142
Diakses pada 14 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait