Sumber vitamin A baik untuk mata minus anak
Sumber Vitamin A baik untuk menjauhi mata minus pada anak

Rabun jauh atau mata minus sering terjadi pada anak. Rabun jauh membuat anak tidak dapat melihat objek yang jaraknya jauh dengan jelas serta mengurangi rasa percaya diri mereka

Rabun jauh terkadang menyulitkan anak. Seringkali anak tidak melihat temannya yang menyapa dari kejauhan. Selain itu, bisa saja anak tidak dapat membaca tulisan di papan tulis, ketika duduk di barisan belakang kelas.

[[artikel-terkait]]

Main game memperparah rabun jauh

Mata minus pada anak dapat diperparah oleh kebiasaannya bermain gadget atau game di komputer. Anak pun jadi harus menggunakan kacamata minus, agar dapat melihat dalam jarak jauh.

Tetapi tahukah anda, ada vitamin yang dapat menjaga kesehatan dari mata minus?

Vitamin untuk mata minus anak

Setidaknya, ada lima vitamin yang baik untuk anak dengan kondisi rabun jauh. Anda bisa memperoleh vitamin-vitamin tersebut dari buah dan sayur.

1. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melawan kerusakan mata. Jika anak dengan rabun jauh mengonsumsi vitamin C, matanya akan terhindar dari kerusakan. Vitamin C juga dapat menyehatkan mata minus.

Buah jeruk, dan jambu biji kaya akan vitamin C. Selain jeruk, buah yang mengandung vitamin C yaitu anggur dan lemon. Vitamin C juga terdapat pada beberapa sayuran hijau, seperti kubis dan bayam.

2. Vitamin A

Vitamin A sangat bermanfaat untuk mata. Vitamin ini membantu retina menyerap cahaya, mempertahankan kornea tetap jernih dan melindungi mata dari penyakit. Vitamin A sangat baik dikonsumsi oleh anak yang memiliki mata rabun jauh.

Jika tidak mengonsumsi cukup vitamin A, maka anak bisa mengalami kebutaan malam, mata kering, atau bahkan kondisi yang lebih serius. Vitamin A dapat ditemukan pada wortel, kangkung, bayam, ubi jalar, labu, paprika, kuning telur, dan produk olahan susu.

3. Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel mata. Vitamin E juga dapat melindungi mata dari kerusakan.

Dengan mengonsumsi vitamin E, anak dengan mata minus, dapat terhindar dari kerusakan mata yang parah.

Vitamin E terdapat pada kacang-kacangan, seperti kacang kenari, kacang mete, dan kacang brazil. Selain itu, jenis vitamin ini bisa dijumpai pada alpukat, salmon, dan ubi jalar.

4. Niacin (Vitamin B3)

Niacin merupakan vitamin B3 yang dapat berperan sebagai antioksidan. Niacin bisa mencegah terjadinya kerusakan saraf mata. Selain itu, niacin juga mencegah glaukoma. Anak dengan rabun jauh disarankan mengonsumsi niacin, agar terhindar dari kerusakan saraf mata.

Niacin dapat ditemukan pada jamur, kacang tanah, ikan, dan daging sapi. Akan tetapi, jangan mengonsumsi niacin secara berlebihan. Sebab jika dikonsumsi berlebihan, vitamin B3 dapat menyebabkan pandangan kabur untuk sementara.

5. Riboflavin (Vitamin B2)

Sebagai antioksidan, riboflavin (vitamin B2) dapat mengurangi stres dalam tubuh, termasuk pada mata.

Anak yang memiliki rabun jauh dapat mengonsumsi riboflavin, agar matanya lebih rileks. Selain itu, riboflavin juga dapat mencegah terjadinya katarak. Anda bisa memperoleh riboflavin pada gandum, susu, dan yogurt.

Menjalani gaya hidup sehat, dapat mengurangi risiko masalah pada rabun jauh mata anak. Oleh sebab itu, ajak anak untuk mengonsumsi berbagai sumber vitamin di atas.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/eye-vitamins#section7
Diakses pada 5 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/8-nutrients-for-eyes#section5
Diakses pada 5 Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321226.php
Diakses pada 5 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed