5 Vitamin yang Bagus untuk Mengurangi Mata Minus

(0)
Ditinjau olehdr. Reni Utari
buah dan sayuran mengandung vitamin yang bagus untuk mata minusVitamin A dari makanan sehat seperti wortel bagus untuk memperbaiki mata minus
Rabun jauh alias mata minus adalah salah satu masalah jarak pandang yang banyak dialami orang Indonesia. Meski tidak membahayakan kesehatan, masalah rabun jauh bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Mata minus membuat seseorang tidak dapat melihat benda atau objek yang jaraknya jauh dengan jelas. Nah, tahukah Anda bahwa ada vitamin yang bagus untuk kesehatan mata minus?

Rekomendasi vitamin yang bagus untuk mata minus

Rabun jauh terjadi ketika jarak antara kornea dengan retina terlalu jauh sehingga cahaya yang masuk justru jatuh di depan retina. Hal ini menyebabkan objek yang dilihat tampak buram atau berbayang.Penggunaan kacamata atau kontak berlensa minus adalah cara yang umum dilakukan untuk memperbaiki kondisi mata minus. Namun seperti namanya, alat bantu penglihatan ini hanya untuk membantu Anda melihat dengan lebih jelas; tidak membuat minus di mata Anda berkurang.Cara lainnya yang lebih pasti untuk mengurangi minus pada mata adalah dengan operasi LASIK. Meski demikian, Anda juga bisa membantu menjaga kesehatan mata dengan perubahan pola makan yang lebih sehat.Setidaknya ada lima vitamin yang baik untuk mata minus dan bisa Anda peroleh dari buah dan sayur serta jenis makanan sehat lainnya. Lima vitamin yang bagus untuk mata minus adalah:

1. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat melindungi mata Anda dari radikal bebas yang merusak. Bukti dari American Optometric Association menunjukkan vitamin C yang dikonsumsi bersamaan dengan nutrisi penting lainnya dapat memperlambat laju hilangnya ketajaman visual, yang biasa menyebabkan kondisi mata minus makin paraghSelain itu, vitamin C juga terbukti menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula yang terkait umur. Buah jeruk, jambu biji, anggur, dan lemon adalah jenis buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C juga terdapat pada beberapa sayuran hijau, seperti kubis dan bayam.

2. Vitamin A (betakaroten)

Vitamin A membantu permukaan mata dan selaput lendir menjadi penghalang yang efektif terhadap masuknya bakteri dan virus, sehingga mengurangi risiko infeksi mata.Peran vitamin ini juga digadang bagus untuk menjaga penglihatan yang baik. Vitamin ini membantu retina menyerap cahaya dan mempertahankan kornea tetap jernih. Konsumsi vitamin A yang dikombinasikan dengan vitamin antioksidan lainnya dapat menurunkan risiko kehilangan penglihatan akibat degenerasi makula (AMD). Vitamin A yang paling bagus untuk kesehatan mata minus adalah betakaroten yang didapat dari buah dan sayuran berwarna cerah. Beta karoten tergolong sebagai “provitamin A” yang diubah menjadi retinol oleh tubuh setelah makanan dicerna.Sumber makanan beta karoten provitamin A yang baik adalah wortel, ubi jalar, bayam, kangkung, melon, kangkung, labu, paprika, kuning telur, dan produk olahan susu.

3. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang ditemukan dalam kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan mete, sereal fortifikasi, serta ubi jalar. Vitamin ini juga bisa dijumpai pada alpukat, ikan salmon, dan biji bunga matahari (kuaci). Penelitian menunjukkan asupan vitamin E bagus untuk mata minus karena perannya melindungi sel mata dari efek radikal bebas yang memecah jaringan sehat. Ketika jaringan mata yang sehat rusak, risiko degenerasi makula terkait usia (AMD) dan katarak dapat meningkat.Studi dari American Optometric Association menunjukkan konsumsi rutin dari 500 mg vitamin C per hari yang dibarengi dengan suplemen betakaroten, vitamin E, dan suplemen seng (zinc) memperlambat perkembangan degenerasi makula lanjut sekitar 25% dan kehilangan ketajaman visual sebesar 19 persen.

4. Niacin (Vitamin B3)

Niacin adalah vitamin B3 yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah terjadinya kerusakan saraf mata penyebab glaukoma.Niacin dapat ditemukan pada jamur, kacang tanah, ikan, dan daging sapi. Akan tetapi, jangan mengonsumsi niacin secara berlebihan. Asupan niacin yang berlebihan dapat menyebabkan pandangan kabur untuk sementara.

5. Riboflavin (Vitamin B2)

Sebagai salah satu vitamin antioksidan, riboflavin (vitamin B2) dapat mengurangi stres pada mata yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, riboflavin juga dapat mencegah terjadinya katarak. Anda bisa memperoleh riboflavin pada gandum, susu, dan yogurt.Yuk, mulai  jalani hidup yang lebih sehat untuk kesehatan mata minus yang lebih optimal dengan bantuan lima vitamin ini!
kesehatan matarabun jauhpenyakit matamata minusmakanan sehatvitamin evitamin avitamin cgangguan mata
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/eye-vitamins#section7
Diakses pada 5 Mei 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/8-nutrients-for-eyes#section5
Diakses pada 5 Mei 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321226.php
Diakses pada 5 Mei 2019
AOA. https://www.aoa.org/healthy-eyes/caring-for-your-eyes/diet-and-nutrition Diakses pada 17 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait