Vitamin untuk ibu menyusui yang sering direkomendasikan adalah vitamin D
Vitamin D termasuk salah satu vitamin penting untuk ibu menyusui

Masa-masa awal kelahiran bayi bisa sangat menguras fisik ibu. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi vitamin untuk ibu menyusui yang sekaligus dapat membantu menyehatkan bayi.

Vitamin ibu menyusui bisa juga berupa vitamin yang Anda minum selama masa kehamilan. Namun tidak jarang, dokter juga menambah jenis vitamin lainnya karena ibu menyusui memang membutuhkan beberapa vitamin khas, yang dapat membantu proses pemulihan pascapersalinan dan membantu ibu menjaga persediaan air susu ibu (ASI).

Jenis vitamin ibu menyusui yang baik untuk dikonsumsi

Ibu menyusui pada dasarnya harus mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang berimbang, yakni makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Protein dan lemak akan membuat kualitas ASI Anda lebih baik yang ditandai lebih banyak mengandung hindmilk (bagian ASI yang muncul belakangan).

Sumber vitamin ibu menyusui yang sebaiknya dikonsumsi antara lain adalah:

  • Vitamin D

Menurut Pusat Pelayanan Kesehatan Inggris (NHS), vitamin D adalah jenis vitamin yang paling dibutuhkan oleh ibu menyusui. Salah satunya disebabkan oleh fungsi vitamin D dalam membantu penyerapan magnesium dan kalsium yang merupakan komponen penting bagi ibu menyusui.

Vitamin D bisa didapatkan dengan mudah, yaitu hanya dengan berjemur. Selain itu, vitamin ibu menyusui ini juga terdapat pada berbagai jenis ikan berlemak, seperti salmon, sarden, dan makarel; daging merah; serta sereal yang terfortifikasi.

  • Vitamin K

Vitamin ibu menyusui ini dapat membantu mempercepat proses pemulihan setelah persalinan karena dapat membantu menggumpalkan darah. Selain itu, vitamin K juga dapat meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang Anda.

Vitamin K mudah ditemukan di berbagai sayuran, seperti sayur berdaun hijau (bayam, kale, selada, dan lain-lain), brokoli, dan kol. Sedangkan pada daging hewan, vitamin K ditemukan pada ikan, organ hati, dan telur.

  • Biotin (vitamin B7)

Biotin terbukti dapat membantu mengembalikan fungsi metabolisme pada ibu menyusui setelah melahirkan, terutama dalam mengolah lemak, asam amino, dan karbohidrat yang terdapat dalam tubuh. Selain itu, vitamin H juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut pada ibu menyusui.

Biotin bisa Anda dapatkan pada jeroan, telur, ikan, daging, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ubi.

  • Vitamin C

Ibu menyusui wajib memiliki kondisi kesehatan yang prima saat menyusui agar tidak mudah sakit karena kelelahan. Inilah fungsi dari vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun sekaligus mempercepat pemulihan pascapersalinan.

Anda mungkin sudah mengenal buah jeruk sebagai sumber vitamin ibu menyusui yang satu ini. Selain jeruk, Anda juga bisa mendapatkan viitamin C dari buah jambu biji, kiwi, serta beberapa jenis sayuran, seperti brokoli dan kale.

  • Vitamin B5 (asam pantotenat)

Vitamin untuk ibu menyusui yang satu ini biasanya diresepkan oleh dokter dalam bentuk suplemen pada ibu yang melahirkan lewat operasi caesar. Vitamin B5 memang dapat mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan luka, termasuk luka bekas operasi.

Pada makanan, vitamin B5 terdapat pada jeroan, roti (makanan yang menggunakan ragi), kuning telur, brokoli, kacang-kacangan, kerang, dan ayam. Selain itu, sumber vitamin B5 lainnya adalah susu (dan yogurt), polong-polongan, jamur, alpukat, serta ubi.

Sebelum mengonsumsi vitamin ibu menyusui di atas, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan yang menangani Anda. Beberapa ibu menyusui mungkin dapat memenuhi kebutuhan vitaminnya hanya dari makanan, namun tidak sedikit juga ibu yang harus menambahkannya lewat asupan suplemen-suplemen tertentu.

American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/breastfeeding/postnatal-vitamins-while-breastfeeding/
Diakses pada 16 Januari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/features/nutritional-tips-for-nursing-mothers
Diakses pada 16 Januari 2020

NHS. https://www.nhs.uk/start4life/baby/breastfeeding/healthy-diet/vitamins-for-mum-and-baby/
Diakses pada 16 Januari 2020

Parenting Firstcry. https://parenting.firstcry.com/articles/13-essential-postnatal-vitamins-importance-and-benefits/
Diakses pada 16 Januari 2020

Natuon Institute of Health. https://ods.od.nih.gov/factsheets/Biotin-HealthProfessional/
Diakses pada 17 Januari 2020

Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/article/002407.htm
Diakses pada 17 Januari 2020

Nutri Facts. https://www.nutri-facts.org/en_US/nutrients/vitamins/b5/sources.html
Diakses pada 17 Januari 2020

Artikel Terkait