Bolehkah Minum Vitamin B Complex untuk Gemuk? Ini Penjelasannya

(0)
14 Oct 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Konsumsi vitamin B complex untuk gemuk harus sesuai anjuran dokter.Penggunaan vitamin B complex untuk gemuk tidak boleh sembarangan.
Tidak sedikit orang yang menggunakan vitamin B complex untuk gemuk. Jika Anda salah satunya, mulai sekarang lebih berhati-hatilah dalam mengonsumsi suplemen ini. Sebab, ada efek samping yang mungkin terjadi pada kesehatan Anda, apalagi bila mengonsumsinya tanpa anjuran dokter.Vitamin B complex adalah kumpulan 8 vitamin B sekaligus dalam satu kapsul multivitamin atau suplemen. Kedelapan vitamin itu adalah B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantothenic), B6 (pyridoxine), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (cobalamin).Jenis vitamin ini juga terdapat pada bahan-bahan alami, seperti sayuran hijau, susu dan produk olahannya, kacang-kacangan, dan polong-polongan. Anda juga dapat menjumpai vitamin B complex pada sereal gandum terfortifikasi.

Jenis vitamin B complex dan manfaatnya

Vitamin B3 atau niacin termasuk salah satu jenis vitamin B.
Fungsi kelompok vitamin ini adalah membantu tubuh menghasilkan energi dari makanan yang Anda konsumsi. Namun pada praktiknya, banyak orang yang meyakini konsumsi suplemen ini juga dapat menaikkan berat badan.Agar bisa menjawab teka-teki mengenai vitamin B complex untuk gemuk, Anda perlu mengetahui kandungan dalam suplemen B complex itu terlebih dahulu. Berikut ini kandungan yang terdapat dalam sebutir multivitamin B complex beserta manfaat aslinya.
  • Vitamin B1 (thiamin):

    Merangsang pertumbuhan serta memaksimalkan fungsi organ tubuh, seperti otak dan jantung.
  • Vitamin B2 (riboflavin):

    Memecah lemak dan kandungan pada obat.
  • Vitamin B3 (niacin):

    Menyehatkan kulit, saraf, dan saluran cerna. Kadang kala, obat yang mengandung niacin diresepkan oleh dokter untuk menurunkan kolesterol.
  • Vitamin B5 (asam panthotenic):

    Menyehatkan otak dan sistem saraf.
  • Vitamin B6 (pyridoxine):

    Membantu tubuh membuat lebih banyak sel darah merah dan menguatkan sistem imun.
  • Vitamin B7 (biotin):

    Menyehatkan rambut, kuku, dan sistem saraf.
  • Vitamin B9 (asam folat):

    Menyehatkan DNA dan materi genetik. Pada ibu hamil, konsumsi asam folat pada ibu hamil juga dapat mencegah kelainan bawaan lahir pada bayi.
  • Vitamin B12 (cobalamin):

    Mencegah anemia dan kekurangan nutrisi.

Efektifkah konsumsi vitamin B complex untuk gemuk?

Vitamin B memang termasuk salah satu jenis vitamin yang terbukti dapat membantu menaikkan berat badan atau setidaknya mencegah penurunan bobot. Kendati demikian, efek ini hanya bisa dirasakan bila seseorang mengalami penurunan berat badan akibat kekurangan nutrisi.Kekurangan vitamin B9 dan B12 misalnya, dapat menyebabkan anemia yang beberapa efek sampingnya adalah berkurangnya nafsu makan dan penurunan berat badan. Dalam kondisi ini, penggunaan vitamin B complex untuk gemuk sudah tepat, asal sesuai dengan petunjuk pemakaian maupun rekomendasi dari dokter.
Vitamin B complex memang mencegah penurunan bobot.
Selain anemia, defisiensi vitamin B12 juga dapat disebabkan oleh operasi pengangkatan sebagian lambung atau ruas usus halus. Anda juga bisa mengalami hal yang sama bila tengah menjalani diet vegetarian yang ketat, faktor usia, dan penyakit autoimun, misalnya diabetes tipe 1.Sementara itu, defisiensi vitamin B9 biasanya terjadi akibat asupan makanan yang mengandung vitamin ini, adanya malabsorbsi, dan pengaruh obat tertentu (misalnya obat kanker).Jika tengah hamil dan sedang menjalani hemosialisis (cuci darah), konsumsi asam folat ini sangat disarankan karena kebutuhan Anda lebih tinggi dari orang pada umumnya.Selain pada kondisi-kondisi di atas, meminum vitamin B complex untuk gemuk tidak akan efektif. Untuk memastikan kebutuhan untuk konsumsi vitamin B complex agar berat badan bertambah, Anda wajib berkonsultasi dengan dokter.

Efek samping konsumsi vitamin B complex berlebihan

Ketika Anda menggunakan vitamin B complex tanpa indikasi medis yang jelas, tubuh akan mengalami kelebihan vitamin ini. Overdosis vitamin B biasanya ditandai dengan berubahnya warna urine yang lebih mencolok dari biasanya, karena vitamin ini bersifat larut dalam air.Penggunaan vitamin B complex untuk gemuk yang tidak sesuai saran dokter juga bisa menimbulkan efek samping berupa:
  • Mual dan muntah
  • Naiknya kadar gula darah
  • Kulit mudah merah (flushing)
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Luka pada kulit yang terasa nyeri
  • Kerusakan organ hati
  • Kerusakan sistem saraf
Kebutuhan seseorang akan vitamin B complex berbeda-beda tergantung kondisi dan jenis kelamin. Untuk mengetahui dosis yang aman, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda.Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang vitamin B complex untuk gemuk, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
vitaminvitamin b9vitamin b12vitamin b6vitamin b2
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/b-complex-vitamins-89411
Diakses pada 28 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324856
Diakses pada 28 September 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/447351-best-vitamins-to-gain-weight/
Diakses pada 28 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-b-complex
Diakses pada 28 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait