Vidi Aldino Didiagnosis Terkena Kanker Ginjal Stadium 3

Vidi aldiano sedang menjalani operasi kanker ginjal stadium 3 di Singapura
Vidi aldiano didiagnosis mengidap kanker ginjal stadium 3

Penyanyi Vidi Aldiano mengumumkan di akun instagram pribadinya, bahwa ia telah didiagnosis mengidap kanker ginjal stadium 3. Saat ini, Vidi sedang berada di Singapura untuk menjalani operasi pengangkatan kanker yang diidapnya.

Dalam video tersebut, Vidi mengungkapkan bahwa dalam beberapa bulan terakhir ini, ia memang merasakan ada suatu gangguan di tubuhnya. Pada pemeriksaan awal, dokter yang memeriksa mendiagnosis kondisinya sebagai kista di ginjal.

Namun, setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan, dokter mendiagnosis kondisi yang dialaminya sebagai kanker ginjal, tepatnya di ginjal sebelah kiri. Pada kesempatan berbeda, manajer Vidi Aldiano, Bibit, mengungkapkan bahwa rekannya tersebut menderita kanker ginjal stadium 3.

Penjelasan dokter tentang kanker ginjal stadium 3 yang diidap Vidi Aldiano

Mendengar kata kanker, mungkin banyak orang yang sudah bergidik ngeri. Namun, Anda perlu tahu bahwa tidak semua kanker berjenis sama, meski menyerang satu organ yang serupa. Seperti kanker ginjal, misalnya.

Pada kanker ginjal, tingkat keparahan penyakit ini dibagi menjadi empat, yaitu stadium 1 sebagai yang paling ringan, hingga stadium 4 sebagai yang paling parah. Lantas, bagaimana halnya dengan kanker ginjal stadium 3 yang dialami Vidi Aldiano?

Menurut medical editor SehatQ, dr. Anandika Pawitri, kanker ginjal stadium 3 menandakan bahwa sel kanker berada di ginjal, serta di jaringan sekitar dan kelenjar getah bening yang berada di dekat ginjal. “Dengan adanya sel kanker, tentu fungsi organnya juga akan terpengaruh,” ungkapnya.

Kanker ginjal stadium 3 dapat ditangani dengan operasi

Sementara itu untuk perawatan kanker ini, dr. Anandika menyebutkan bahwa operasi biasanya menjadi pilihan utama. Hal ini senada dengan tindakan operasi yang sedang dijalani Vidi Aldiano di Singapura.

Dalam videonya, Vidi meminta maaf kepada para rekannya karena ia akan absen dalam jangka waktu tertentu untuk menjalani perawatan, termasuk pemulihan setelah operasi. Ya, operasi memang bukanlah tahap terakhir dalam perawatan kanker ini. Masih ada tahap terapi pascaoperasi yang perlu dilakukan, setelah operasi berhasil dijalankan.

Setelah operasi kanker ginjal, waktu yang dibutuhkan untuk masa pemulihan dapat berbeda tiap pasiennya, yaitu antara 4-8 minggu.

Dr. Anandika menambahkan, pascaoperasi pengangkatan kanker, ada beberapa terapi yang biasanya dijalankan untuk membantu masa pemulihan. “Biasanya, yang dilakukan adalah imunoterapi dan targeted therapy,” jelasnya.

Sebagai gambaran, imunoterapi adalah prosedur yang dilakukan untuk meningkatkan sistem imun pasien, agar tubuh lebih kuat melawan sel-sel kanker. Sementara itu, targeted therapy adalah prosedur yang dilakukan untuk menghambat proses perkembangan kanker, sehingga kanker tidak menyebar semakin jauh.

“Pasien juga perlu kontrol ke dokter secara rutin selama beberapa tahun untuk melihat, apakah kankernya kembali lagi atau tidak,” ungkapnya.

Sebagai penutup, dr. Anandika menyampaikan bahwa semakin dini kanker ditemukan, maka kesempatan kanker kembali akan lebih kecil, jika dibandingkan dengan kanker yang baru ditemukan pada stadium yang lebih lanjut.

Mengenali penyebab dan gejala kanker ginjal

Berita tenang Vidi Aldiano dan kanker yang diidapnya, mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, selama ini Vidi terlihat sehat dan aktif berolahraga. Lalu, sebenarnya apa yang membuat seseorang bisa terserang kanker ini?

Sejauh ini, para ahli belum menemukan penyebab pasti timbulnya penyakit ini. Namun, memang ada beberapa hal yang dinilai dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker ginjal, seperti:

  • Kebiasaan merokok
  • Faktor keturunan
  • Riwayat hipertensi
  • Pernah menjalani perawatan untuk gagal ginjal, seperti cuci darah
  • Terkena paparan zat kimia tertentu
  • Usia tua

Saat sel kanker sudah mulai tumbuh di ginjal, maka akan muncul gejala-gejala tertentu yang bisa dirasakan oleh penderitanya. Namun, gejala ini jarang muncul di kanker stadium awal. Gejala umumnya baru akan muncul saat kanker sudah berkembang ke stadium yang lebih lanjut.

Berikut ini gejala kanker ginjal yang mungkin muncul saat kanker stadium lanjut:

  • Urine yang keluar, bercampur dengan darah, sehingga warnanya akan terlihat pink atau merah
  • Sakit punggung yang tidak kunjung sembuh
  • Nafsu makan menurun drastis
  • Berat badan turun tiba-tiba
  • Tubuh terasa lelah terus menerus
  • Demam yang sering hilang-muncul

Bagi Anda yang mersakan gejala-gejala di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, dokter dapat segera menentukan kondisi yang Anda alami dan merekomendasikan perawatan yang sesuai..

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/kidney-cancer/symptoms-causes/syc-20352664
Diakses pada 13 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed