Mengenal Vertigo Sentral, Jenis Vertigo yang Berkaitan dengan Gangguan Otak

(0)
25 Jul 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pusing berputar pada vertigo sentral bisa membuat penderita sulit berjalanVertigo sentral ditandai sengan sensasi pusing berputar yang berat
Vertigo sentral adalah vertigo yang disebabkan oleh gangguan di otak, terutama di batang otak dan otak kecil (serebelum). Kedua bagian otak ini berkaitan dengan sistem vestibular, yaitu sistem yang mengendalikan koordinasi gerakan dan keseimbangan.Selain vertigo sentral, ada pula jenis vertigo perifer. Berbeda dengan tipe sentral, tipe perifer terjadi akibat gangguan pada telinga bagian dalam yang juga berfungsi mengontrol keseimbangan.Namun kedua jenis vertigo tersebut sama-sama menyebabkan sensasi pusing, di mana area di sekeliling Anda serasa berputar.

Kenali gejala vertigo sentral ini

Vertigo sentral cenderung terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung dalam periode waktu yang lama. Keluhan vertigo ini bahkan bisa bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.Durasi tersebut berbeda dengan vertigo perifer yang mungkin diawali dengan beberapa gejala tertentu dan berlangsung dengan durasi lebih singkat.Episode atau gejala pusing dan sensasi berputar pada vertigo sentral juga dinilai lebih berat. Penderitanya bisa sampai tidak mampu berdiri atau berjalan tanpa bantuan orang lain.Keluhan lain akibat vertigo sentral pun dapat muncul. Misalnya, penurunan kemampuan pendengaran, sakit kepala, tubuh lemas atau lelah, serta sulit menelan.

Apa saja penyebab vertigo sentral?

Vertigo sentral lebih jarang terjadi daripada vertigo perifer. Jenis sentral hanya muncul pada sekitar 20 persen dari total kasus vertigo.Penyebab vertigo sentral adalah gangguan pada batang otak ataupun otak kecil yang berkaitan dengan kontrol keseimbangan tubuh. Beberapa penyakit atau masalah pada otak ini meliputi:Sebagian besar penyebab vertigo sentral memang tidak dapat dihindari. Namun Anda bisa menjauhi sebagian pemicu lainnya, seperti cedera otak, TIA, dan stroke.Cedera otak dapat dihindari dengan beraktivitas secara hati-hati. Sedangkan TIA dan stroke bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Bagaimana cara dokter mendiagnosis vertigo sentral?

Dokter akan menanyakan keluhan dan gejala yang dialami oleh pasien. Riwayat kesehatan pasien maupun keluarga juga akan ditanyakan.Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada pasien. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan meminta pasien untuk berdiri tegap sambil menutup mata.Jika pasien mengalami keluhan tertentu saat menutup matanya, kemungkinan pasien mengalami vertigo sentral cukup tinggi.Dokter juga dapat meminta pasien untuk berjalan di tempat selama 30 detik dengan mata tertutup. Apabila posisi tubuhnya miring ke salah satu arah, vertigo yang dialami kemunkinan besar vertigo perifer.Untuk memastikan diagnosis, dokter akan menganjurkan pemindaian pada area kepala pasien, misalnya seperti CT scan atau MRI. Langkah ini dapat memberikan diagnosis yang lebih akurat.

Lakukan ini sebagai cara mengobati vertigo sentral

Cara mengatasi vertigo sentral hanya bisa ditentukan apabila dokter sudah mengetahui penyebabnya. Kepastian ini dapat dilakukan melalui proses pindai otak dengan CT scan ataupun MRI.Berikut beberapa contoh pengobatan vertigo sentral berdasarkan pemicunya:
  • Jika vertigo sentral terjadi akibat migrain, pemberian obat-obatan serta pengelolaan stres mungkin dapat membantu.
  • Jika vertigo muncul akibat TIA, terapi trombolitik mungkin diperlukan. Langkah penanganan ini berupa pemberian obat untuk mengencerkan gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah arteri.
  • Jika vertigo sentral disebabkan oleh demielinasi atau multiple sclerosis, dokter bisa memberikan obat kortikosteroid lewat infus.
Obat-obatan untuk mengatasi mual dan meringankan sensasi berputar saat gejala vertigo kambuh juga dapat diresepkan oleh dokter.Secara umum, tingkat keberhasilan penanganan vertigo sentral tergantung pada penyakit atau gangguan yang menjadi dalangnya. Meski demikian, hasilnya akan cukup baik selama Anda menerima pengobatan yang tepat sebelum terjadi komplikasi.

Catatan dari SehatQ

Vertigo sentral dapat dialami oleh siapa saja dan merupakan jenis vertigo yang cukup berat karena disebabkan oleh gangguan pada otak. Kondisi ini bisa memicu sejumlah gejala yang sangat mengganggu dan mungkin menyebabkan komplikasi seperti terjatuh dan cedera.Jadi bila Anda mengalami sensasi pusing yang membuat area sekeliling serasa berputar dan tidak kunjung mereda, segera minta bantuan untuk menghubungi dokter. Dokter dapat mencari penyebabnya dan memberikan penanganan yang sesuai untuk kondisi Anda.
vertigo
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK441861/
Diakses pada 25 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/vertigo
Diakses pada 25 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/160900
Diakses pada 25 Juli 2020
WebMD. https://www.webmd.com/brain/types-of-vertigo#1
Diakses pada 25 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait