Permudah Masyarakat, BPJS Kesehatan Keluarkan Vclaim dan Antrean Online

BPJS Kesehatan memungkinkan Anda tetap memperoleh layanan medis meski sedang berada di luar kota
Anda tetap dapat memperoleh layanan medis dari BPJS Kesehatan, meski sedang berada di luar kota.

Sebagai badan jaminan kesehatan dengan layanan yang menjangkau sebagian besar masyarakat Indonesia, BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk memberikan pelayanan maksimal. Hingga saat ini, BPJS telah mengeluarkan program untuk mempermudah proses klaim, serta antrean online, bagi para peserta yang ingin berobat.

Tidak hanya sampai di situ. BPJS Kesehatan juga mengeluarkan program yang membuat peserta bisa berobat di manapun, meski di luar kota domisilinya. Berikut ini program-program inovatif yang telah dijalankan BPJS Kesehatan selama satu tahun belakangan.

[[artikel-terkait]]

Klaim BPJS Kesehatan jadi lebih mudah dengan V-claim

Mulai 2018, BPJS telah menerapkan proses verifikasi digital klaim untuk fasilitas kesehatan tingkat lanjutan. Hal ini dilakukan agar rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS, bisa mendapatkan kepastian waktu pembayaran klaim secara lebih akurat dan lebih cepat, dibandingkan menggunakan klaim manual.

Verifikasi digital dilakukan dengan aplikasi V-claim BPJS Kesehatan. Aplikasi ini terhubung online secara nasional, dan berfungsi untuk membantu proses input data para peserta JKN-KIS, yang akan mendapatkan pelayanan di rumah sakit.

Selain itu, aplikasi V-claim juga akan mengirimkan data tagihan pelayanan dari rumah sakit, kepada BPJS Kesehatan secara digital.

BPJS Kesehatan mulai terapkan antrean online

Mengantre untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, terutama di faskes yang bekerjasama dengan BPJS, selama ini mungkin jadi momok tersendiri. Begitu banyaknya peserta yang ingin mendapatkan pelayanan dalam waktu bersamaan, bisa menghambat waktu konsultasi dengan dokter.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sekarang, BPJS Kesehatan telah mengeluarkan program antrean online. Anda bisa mengunduh aplikasi Mobile JKN, untuk melakukan antrean online.

Setelah melakukan pendaftaran akun, Anda cukup klik bagian pelayanan, lalu akan muncul tulisan pendaftaran pelayanan. Jika faskes tingkat 1 Anda terdaftar untuk melakukan antrean online, Anda bisa tidak perlu menunggu lama saat tiba di klinik maupun rumah sakit. Sebab, Anda sudah mendapatkan nomor antrean terlebih dahulu.

Anda pun dapat merencanakan waktu kunjungan ke klinik maupun rumah sakit, agar tidak menunggu terlalu lama. Sehingga, proses berobat bisa menjadi lebih praktis dan menghemat waktu.

Berbagai manfaat BPJS Kesehatan

Jika masih belum terdaftar, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menjadi peserta layanan BPJS Kesehatan. Sebab dengan menjadi peserta, Anda bisa memperoleh fasilitas kesehatan berikut ini.

  • Rawat jalan dan rawat inap di Faskes Tingkat I dan Tingkat Lanjutan
  • Pelayanan persalinan
  • Pelayanan gawat darurat
  • Pelayanan ambulans jika mendapat rujukan dengan kondisi tertentu
  • Kompensasi khusus, apabila berdomisili di wilayah dengan fasilitas kesehatan yang belum memadai

Pelayanan BPJS Kesehatan di luar kota domisili

Pada masa mudik Lebaran yang lalu pun, BPJS Kesehatan tidak ketinggalan memberikan kemudahan untuk para pemudik. Jika sakit selama mudik, maka Anda tidak perlu bingung. Sebab, Anda tetap bisa mendapatkan pelayanan di faskes tingkat 1, meski tidak terdaftar di faskes tersebut.

Untuk melihat daftar faskes yang memberikan layanan tersebut, Anda dapat melihatnya di aplikasi Mudik BPJS Kesehatan, atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di 1500400.

Sementara itu, jika di area mudik tidak terdapat faskes tingkat 1 yang menerima layanan ini, Anda masih bisa memperoleh layanan medis dasar di IGD rumah sakit terdekat. Namun pada kondisi gawat darurat, seluruh faskes baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama pada peserta.

Namun sebelum mendapatkan berbagai manfaat di atas, pastikan status kepesertaan Anda tetap aktif. Status kepesertaan dianggap aktif, apabila Anda rutin membayar iuran tiap bulannya.

Artikel Terkait

Banner Telemed