Vaksin Covid untuk Ibu Hamil Sudah Boleh Diberikan, Ini Persyaratannya


Vaksin covid untuk ibu hamil sudah boleh diberikan. Pemberian vaksin dapat dilakukan pada ibu hamil dengan risiko tinggi, tenaga kesehatan yang sedang hamil, serta ibu hamil dengan risiko rendah yang setuju menerima vaksinasi usai mendapatkan penjelasan dari petugas kesehatan.

(0)
28 Jun 2021|Bayu Galih Permana
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Vaksin covid untuk ibu hamil sudah boleh diberikan dengan beberapa persyaratanSalah satu syarat vaksin covid untuk ibu hamil adalah setuju menerima vaksinasi
Kasus Covid-19 di tanah air terus mengalami peningkatan beberapa waktu terakhir. Indonesia bahkan mencatatkan rekor penambahan kasus mencapai 21.095 hanya dalam kurun waktu 24 jam pada 26 Juni 2021 kemarin.Sebagai upaya pencegahan sekaligus pengendalian kasus Covid-19 di tanah air, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) memberikan rekomendasi percepatan dan perluasan vaksinasi, salah satunya untuk ibu hamil. Sejumlah alasan dijadikan pertimbangan POGI dalam pemberian rekomendasi vaksin covid untuk ibu hamil.

Alasan perluasan dan percepatan vaksin covid untuk ibu hamil

Beberapa alasan dijadikan pertimbangan POGI dalam memberikan rekomendasi percepatan dan perluasan vaksin covid untuk ibu hamil. Dalam surat rekomendasi POGI yang dirilis pada 22 Juni 2021, beberapa alasan yang dijadikan pertimbangan antara lain:
  • Covid-19 meningkatkan risiko persalinan prematur dan komplikasi kehamilan
  • Peningkatan kasus Covid-19 pada ibu hamil di sejumlah kota besar di Indonesia
  • Pemberian vaksin mencegah ibu hamil mengalami gejala berat saat terpapar Covid-19
  • Munculnya varian baru yang masuk di Indonesia, terutama Delta (dari India) yang lebih rentan menyebabkan perburukan hingga kematian pada ibu hamil
  • Rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait pemberian vaksin covid untuk ibu hamil
  • Pernyataan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) yang menyebut bahwa ibu hamil terinfeksi Covid-19 akan mengalami gejala lebih berat dibanding yang tidak hamil, sehingga membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit
Berdasarkan alasan di atas, POGI merekomendasikan untuk percepatan dan perluasan pemberian vaksin covid untuk ibu hamil. POGI tidak menutup kemungkinan untuk mengubah rekomendasi yang mereka berikan jika ditemukan bukti-bukti ilmiah baru seiring berjalannya waktu.

Persyaratan penerimaan vaksin covid untuk ibu hamil

Untuk memperoleh vaksin covid untuk ibu hamil, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi penerimanya. Menurut POGI, pemberian vaksin bisa diperluas pada ibu hamil dengan kondisi-kondisi seperti:
  • Ibu hamil dengan risiko tinggi, antara lain berusia di atas 35 tahun, mempunyai indeks massa tubuh (BMI) di atas 40, dan menderita penyakit diabetes maupun hipertensi
  • Kelompok ibu hamil yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19, khususnya tenaga kesehatan
  • Ibu hamil dengan risiko rendah setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19
Apabila Anda sedang dalam kondisi hamil dan berkeinginan untuk menerima vaksin Covid-19, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan Anda. Langkah tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui apa saja efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Efek samping vaksin covid untuk ibu hamil

Menurut data dari CDC, hingga saat ini belum ada efek samping berbeda yang dirasakan oleh ibu hamil setelah menerima vaksin. Efek samping vaksin covid untuk ibu hamil umumnya sama seperti orang-orang yang tidak hamil.Beberapa efek samping yang mungkin dirasakan setelah menerima vaksin Covid-19, antara lain:
  • Mual
  • Muntah
  • Demam
  • Kelelahan
  • Sakit perut
  • Sakit kepala
  • Pembengkakan
  • Kulit kemerahan
  • Nyeri otot (myalgia)
  • Reaksi alergi (sangat jarang terjadi)
Efek samping yang dirasakan oleh masing-masing penerima vaksin mungkin akan berbeda satu sama lain. Apabila kondisi Anda tidak kunjung membaik, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan.

Catatan dari SehatQ

Menurut surat rekomendasi POGI, ibu hamil kini diperbolehkan untuk menerima vaksin Covid-19.  Pemberian vaksin dapat diberikan pada ibu hamil dengan risiko tinggi, tenaga kesehatan (nakes) yang sedang hamil, dan ibu hamil yang setuju menerima vaksinasi usai mendapatkan penjelasan dari petugas kesehatan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar vaksin covid, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
vaksin coronacoronavirus
CDC. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/vaccines/recommendations/pregnancy.html
Diakses pada 28 Juni 2021
POGI. https://pogi.or.id/publish/wp-content/uploads/2021/06/Revisi-Rekomendasi-POGI-utk-Bumil-dengan-Covid-19-.pdf
Diakses pada 28 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait