Mengapa Vagina Terasa Gatal Saat Haid? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya


Vagina gatal saat haid bisa disebabkan oleh alergi pembalut, iritasi, infeksi bakteri dan jamur, maupun perubahan hormon.

0,0
17 Sep 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Vagina gatal saat haid disebabkan oleh hormon, infeksi, iritasi, maupun alergiVagina gatal saat haid bisa disebabkan oleh hormon maupun infeksi
Saat haid, Anda mungkin merasakan beberapa perubahan yang membuat area vagina mejadi tidak nyaman, salah satunya munculnya rasa gatal. Vagina gatal saat sedang menstruasi bisa muncul karena perubahan hormon, alergi, hingga infeksi.Kondisi ini biasanya bisa diobati sendiri di rumah. Namun pada beberapa kasus yang sangat mengganggu, rasa gatal baru hilang setelah dirawat dengan prosedur khusus oleh dokter.

Penyebab vagina gatal saat haid

Vagina gatal saat haid bisa disebabkan oleh infeksi
Penyebab vagina gatal saat haid dari hormon hingga infeksi
Ini penyebab vagina gatal saat haid baik yang normal maupun tidak normal.

1. Perubahan hormon

Saat menstruasi, akan ada perubahan hormon yang terjadi. Kondisi ini bisa menyebabkan jumlah bakteri dan jamur yang ada di area vagina menjadi tidak seimbang. Inilah yang kemudian memicu gatal di area vagina.

2. Iritasi

Bahan yang terkandung pada pembalut seperti pewangi, bagi beberapa orang bisa memicu iritasi dan menyebabkan gatal saat menstruasi.Terutama, untuk Anda memiliki kulit yang sensitif. Saat iritasi terjadi, akan ada rasa perih dan gatal yang dirasakan di area vagina.

3. Alergi

Tidak hanya iritasi, bahan baku pembuat pembalut juga bisa memicu alergi. Alergi pada bahan tertentu di pembalut bisa membuat vagina Anda gatal saat menstruasi.Gejala lain yang juga muncul, antara lain kemerahan dan ruam.

4. Infeksi jamur

Perubahan hormon selama masa menstruasi bisa menyebabkan pertumbuhan jamur yang lebih subur. Akibatnya, seorang wanita lebih berisiko mengalami infeksi jamur vagina.Infeksi jamur vagina, selain bisa menyebabkan rasa gatal juga akan memicu rasa perih saat buang air kecil.

5. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri pada vagina atau bakterial vaginosis bisa menjadi penyebab rasa gatal saat haid. Biasanya, kondisi ini juga ditandai dengan keluarnya bau amis dari vagina.

6. Cyclic vulvovaginitis

Kalau rasa gatal saat haid rutin Anda alami setiap menstruasi datang, bisa jadi Anda mengalami cyclic vulvovaginitis. Kondisi ini bisa terjadi akibat infeksi bakteri, jamur, maupun penyakit autoimun.

Cara menghilangkan rasa gatal saat haid

Atasi vagina gatal saat haid dengan pilih pakaian dalam yang tepat
Jaga kebersihan vagina dengan benar untuk atasi gatal saat haid
Cara menghilangkan rasa gatal saat haid akan berbeda-beda tergantung penyebabnya. Namun, secara garis besar, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa gatal saat menstruasi:

1. Menjaga kebersihan area vagina

Menjaga kebersihan vagina dengan baik akan membantu penyebab gatal, seperti bakteri dan jamur, menyingkir. Namun, perlu diingat bahwa membersihkan area kewanitaan juga tidak bisa dilakukan sembarangan.Kalau salah langkah, alih-alih gatal reda, bisa-bisa justru keseimbangan mikroorganisme di area tersebut makin kacau.Saat membersihkan vagina, sebaiknya Anda tidak menggunakan sabun yang mengandung parfum. Gunakan air bersih saat membasuh vagina dan hindari melakukan douching.

2. Ganti pembalut secara berkala

Kalau rasa gatal di vagina disebabkan karena iritasi atau bahkan alergi dari penggunaan pembalut, segera ganti merek pembalut yang Anda gunakan.Setelah menemukan merek yang cocok, jangan lupa untuk rutin menggantinya. Membiarkan pembalut dipakai terlalu lama tidaklah bersih dan membuat gatal tidak kunjung hilang.Selama menstruasi, Anda sebaiknya mengganti pembalut minimal setiap 4 jam. Dengan begitu, kelembapan di area vagina Anda juga lebih terkendali.

3. Pilih pakaian dalam yang tepat

Jenis pakaian dalam yang Anda gunakan juga bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan vagina. Pilih pakaian dalam yang terbuat dari katun sehingga lebih mudah menyerap keringat. Dengan begitu, area vagina tidak akan terlampau lembap.Kulit yang terlalu lembap membuat bakteri dan jamur lebih mudah tumbuh. Akibatnya, rasa gatal saat haid pun semakin menjadi.

4. Mandi air hangat

Mandi atau berendam di air hangat, bisa membantu meredakan rasa gatal di vagina, termasuk saat haid. Anda juga bisa menambahkan 4-5 sendok makan baking soda ke dalam tempat berendam.

5. Konsumsi obat

Apabila rasa gatal di vagina disebabkan oleh infeksi, biasanya dokter akan meresepkan antibiotik ataupun antijamur yang perlu di minum selama beberapa waktu.

6. Mengoleskan salep

Beberapa dokter juga bisa meresepkan obat oles seperti salep untuk meredakan iritasi. Salah satu yang kerap dipakai adalah salep kortikosteroid atau krim antijamur.

Kapan rasa gatal saat haid diperiksakan ke dokter?

Rasa gatal saat haid biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Jika penyebabnya adalah iritasi akibat pembalut, gatal akan hilang begitu Anda mengganti merek pembalut.Namun, jika kondisi tidak kunjung membaik bahkan setelah beberapa minggu dan Anda sudah selesai menstruasi, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter.Selain itu, periksakan diri ke dokter apabila rasa gatal juga disertai gejala lain seperti:
  • Ada aroma tidak sedap yang keluar dari vagina
  • Kulit di sekitar vagina terluka atau iritasi
  • Anda memiliki riwayat penyakit lain, seperti diabetes
Mengenali penyebab dan cara mengatasi rasa gatal pada vagina akan membantu Anda untuk mengambil langkah yang lebih tepat saat mengalaminya.Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar hal ini, konsultasikan langsung ke dokter melalui fitur Chat Dokter di aplikasi SehatQ. Unduh secara gratis di Google Play dan App Store.
haidvagina gatalkandidiasis vagina
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/itchy-vagina-during-period
Diakses pada 8 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-vagina-during-period
Diakses pada 8 September 2021
Dermnetz. https://dermnetnz.org/topics/cyclic-vulvovaginitis
Diakses pada 8 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait