Usir Stres dengan Emotional Freedom Technique atau Terapi EFT

Salah satu bagian tubuh yang termasuk titik ketuk dalam terapi EFT adalah sisi luar tangan
Sisi luar tangan termasuk salah satu titik dalam terapi EFT

Stres dapat berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Saat Anda mengalaminya, tubuh akan merespons dengan memberikan gejala seperti sakit kepala, tekanan darah tinggi, atau insomnia. Lalu secara mental, stres yang berkepanjangan dan tak ditangani dengan baik bisa meningkatkan risiko depresi. 

Di antara berbagai macam kiat untuk menghilangkan stres, ada satu cara unik dan sederhana yang bisa Anda coba. Cara ini bernama terapi EFT (emotional freedom technique). 

Apa itu terapi EFT atau emotional freedom technique?

Terapi EFT adalah metode yang digunakan untuk menangani nyeri fisik dan tekanan emosional. Anda bisa melakukannya dengan cara mengetuk titik-titik tertentu pada tubuh guna mengembalikan keseimbangan energi. Teknik ini disebut dengan EFT tapping

EFT dikembangkan oleh seorang insinyur bernama Gary Craig di tahun 1990-an. Hingga kini, terapi EFT masih menjadi bahan penelitian, dan telah dipakai untuk mengobati kecemasan dan post-traumatic stress disorder (PTSD).

Menurut lembaga EFT International, terapi EFT dapat digunakan untuk menangani kondisi-kondisi berikut:

  • Kecemasan
  • Depresi
  • Nyeri kronis
  • Stres 
  • Masalah berat badan
  • Dan masalah lainnya

Terapi ini juga diyakini dapat membantu dalam memulihkan trauma, menangani ketergantungan alkohol, dan mengatasi masalah kecanduan. 

Manfaat emotional freedom technique yang telah diteliti

Studi mengenai terapi EFT sebenarnya masih terbatas. Berikut adalah beberapa bukti yang ditemukan dalam sejumlah studi tersebut:

  • Meredakan stres

Berdasarkan suatu penelitian, orang yang melakukan sesi EFT selama satu jam bisa mengalami penurunan kadar kortisol dalam tubuhnya. Hormon ini juga dikenal dengan istilah hormon stres. 

  • Mengurangi kecemasan

Dalam studi tertentu yang dilakukan pada 45 orang dengan gangguan kecemasan, para ahli menemukan bahwa terapi EFT dapat mengurangi gejala kecemasan secara signifikan. 

  • Meredam sakit kepala

Sebuah riset lain menunjukkan bahwa terapi EFT juga dapat menurunkan frekuensi dan intensitas sakit kepala tegang (tension headache). 

Bagaimana cara kerja terapi EFT? 

Para praktisi emotional freedom technique percaya bahwa emosi negatif dapat menyumbat aliran energi dalam tubuh Anda. Dengan menyeimbangkan energi ini, gejala-gejala yang mungkin muncul akibat emosi negatif bisa diredakan. 

Cara kerja EFT sebenarnya sama dengan akupunktur. Jika akupunktur menggunakan jarum untuk memberikan tekanan pada titik-titik energi, terapi EFT memakai tekanan dari ujung jari. 

Cara melakukan terapi EFT

Terapi EFT bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan praktisi profesional. Metode alternatif ini dibagi menjadi lima langkah berikut:

1. Kenali masalah

Pertama-tama, Anda harus tahu dulu masalah yang ingin Anda ubah atau selesaikan. Ini akan menjadi fokus utama Anda saat melakukan terapi. 

2. Tentukan intensitas masalah

Setelah itu, tentukan intensitas masalah yang hendak Anda atasi dengan memberi nilai pada skala 1-10. Misalnya, jika masalah terasa sangat berat, Anda bisa memberikannya nilai 10. Langkah ini akan membantu Anda untuk melihat apakah terapi ini efektif atau tidak.

3. Tanamkan sugesti positif

Sebelum melakukan EFT tapping, tanamkan sugesti positif dalam diri Anda sambil mengetuk titik karate chop. Titik ini berada di tengah-tengah sisi tangan bagian luar yang berdaging (di bagian bawah kelingking). 

Frasa yang Anda gunakan harus berhubungan dengan masalah yang hendak Anda atasi. Anda bisa mengatakan, “meski tengah menghadapi (masalah Anda saat ini), saya mencintai dan menerima diri saya seutuhnya.” 

4. Sekuens

Pada tahap ini, Anda mulai melakukan ketukan pada titik-titik tertentu di tubuh sambil mengucapkan frase yang bersifat sugestif tersebut secara berulang. Urutan ketukan terapi EFT adalah sebagai berikut: 

  • Atas kepala bagian tengah
  • Ujung alis yang berada di atas pangkal hidung
  • Sudut luar mata
  • Tulang di bawah mata
  • Titik di antara hidung bagian bawah dan bibir bagian atas
  • Titik di antara dagu dan bibir bagian bawah
  • Titik di dada atas (di pertemuan antara tulang dada, tulang selangka, dan tulang rusuk pertama)
  • Titik di sisi tubuh, kira-kira 10 cm di bawah ketiak

Ketukan dilakukan dengan dua jari atau lebih. Ulangi ketukan sebanyak lima kali pada tiap titik. 

5. Kembali periksa intensitas masalah 

Tentukan kembali intensitas masalah Anda dengan skala 0-10. Jika Anda belum merasakan perubahan yang berarti, ulangi proses terapi hingga skala masalah mencapai angka 0. 

Catatan dari SehatQ

Terapi EFT (emotional freedom technique) diyakini dapat mengembalikan keseimbangan energi tubuh, sehingga membersihkan tubuh dari rasa nyeri dan emosi negatif. Namun walau metode ini sudah terbukti efektif untuk sebagian orang, para peneliti masih perlu mengkaji efektivitasnya lebih dalam. 

Apabila mengalami stres berkepanjangan, Anda tetap direkomendasikan untuk melakukan pengobatan lain di luar terapi EFT. Anda juga disarankan juga untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba pengobatan alternatif apapun.

Healthline. https://www.healthline.com/health/eft-tapping
Diakses pada 19 Februari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326434.php
Diakses pada 19 Februari 2020

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-tapping-90029
Diakses pada 19 Februari 2020

Artikel Terkait