Cara membersihkan lidah untuk cegah bau mulut
Bau mulut bisa diusir dengan membersihkan lidah secara rutin

Menjaga kebersihan mulut, tidak hanya seputar gigi dan gusi semata. Pasalnya, kebersihan lidah juga perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk mencegah bakteri jahat dan jamur berkembang biak.

Maka dari itu, membersihkan lidah secara rutin sangatlah penting. Namun, bagaimana cara membersihkan lidah dengan benar?

Mengapa membersihkan lidah perlu dilakukan dan apa manfaatnya?

Lidah adalah organ berotot yang memiliki banyak saraf pengecap serta berfungsi membantu Anda dalam mengunyah, menelan, dan berbicara. Sama seperti halnya gigi dan rongga mulut, bakteri dan kuman dapat berkumpul dan berkembang biak pada lidah.

Beberapa hasil penelitian pun menyebutkan manfaat membersihkan lidah, yakni:

1. Mengurangi senyawa sulfur penyebab bau mulut

Hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Periodontology menunjukkan bahwa manfaat membersihkan lidah menggunakan tongue cleaner dapat membantu mengurangi senyawa sulfur penyebab bau mulut. Senyawa sulfur dihasilkan oleh bakteri ketika memecah makanan dan baunya seperti telur busuk.

Bahkan, penggunaan alat pembersih lidah dianggap 75 persen lebih ampuh membersihkan lidah dibandingkan dengan sikat gigi.

2. Memberikan napas mulut yang segar

Manfaat membersihkan lidah tidak hanya mencegah bau mulut. Namun, juga dapat memberikan napas yang segar sepanjang hari.

3. Mengurangi jumlah plak di lidah

Bakteri yang berkumpul dan menumpuk di lidah dapat menyebabkan penumpukan plak, bau mulut, serta kondisi kesehatan gigi dan mulut lainnya. Dengan rutin membersihkan lidah menggunakan sikat gigi, maka ini dapat membantu mengurangi jumlah plak di lidah.

4. Mengurangi penumpukan bakteri di lidah

Manfaat membersihkan lidah lainnya adalah mengurangi penumpukan bakteri di lidah. Sebuah penelitian melaporkan bahwa membersihkan lidah secara rutin dapat mengurangi penumpukan bakteri.

5. Menjaga sensitivitas rasa di lidah

Menurut sebuah hasil penelitian, bakteri yang berkumpul di lidah dapat menurunkan sensitivitas rasa di lidah. Oleh karena itu, membersihkan lidah tidak dapat diabaikan begitu saja. Sama halnya dengan membersihkan gigi dan mulut, lidah juga perlu dijaga kesehatannya.

Cara membersihkan lidah yang baik dan benar

Mencegah bau mulut serta masalah gigi dan gusi tidak cukup hanya dengan menggosok gigi secara rutin. Anda juga perlu membersihkan lidah. Sayangnya, banyak yang tidak tahu cara membersihkan lidah dengan benar.

Tak perlu khawatir, Anda dapat melakukan beberapa cara membersihkan lidah berikut ini.

1. Menggunakan alat pembersih lidah

Salah satu cara membersihkan lidah yang direkomendasikan adalah menggunakan alat pembersih lidah atau tongue cleaner.

Bahkan, beberapa hasil studi menyebutkan bahwa penggunaan alat pembersih lidah cenderung lebih efektif dibandingkan menggunakan sikat gigi. Terutama dalam mengurangi senyawa sulfur penyebab bau mulut.

Cara membersihkan lidah yang tepat menggunakan alat pembersih lidah, yaitu:

  • Gunakan tongue cleaner yang terbuat dari plastik ataupun logam. Anda dapat membelinya dengan mudah di sejumlah toko yang menjual alat-alat kesehatan.
  • Sambil berkaca menghadap cermin, julurkan lidah Anda keluar. Kemudian, tempelkan tongue cleaner di area lidah bagian dalam.
  • Selanjutnya, tekan alat dan gerakkan ke arah depan.
  • Celupkan alat pembersih ke dalam air hangat untuk membuang kotoran dan bakteri dari lidah yang menempel. Pada saat yang bersamaan, keluarkan air liur berlebih yang mungkin menumpuk selama Anda membersihkan lidah.
  • Anda dapat mengulangi langkah tersebut selama 2-5 kali. Pastikan untuk mengatur seberapa besar tekanannya agar Anda tidak muntah.
  • Jika sudah, cuci alat pembersih lidah menggunakan air mengalir agar tetap bersih. Kemudian, simpan di tempat yang kering.

Jika Anda berisiko muntah saat membersihkan lidah menggunakan tongue cleaner, lakukanlah pembersihan lidah sebelum sarapan pagi. Anda dapat melakukan pembersihan lidah ini sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Menggunakan sikat gigi

Meskipun kurang efektif, Anda dapat menggunakan cara membersihkan lidah ini sebagai pilihan alternatif. Terlebih langkah ini diakui lebih mudah dilakukan karena umumnya dilakukan setelah menggosok gigi.

Berikut adalah cara membersihkan lidah menggunakan sikat gigi:

  • Pilih sikat gigi yang berbulu halus dan lembut.
  • Sambil berkaca menghadap cermin, julurkan lidah Anda keluar. Posisikan sikat gigi di area lidah bagian dalam.
  • Selanjutnya, sikat lidah secara perlahan dari arah belakang ke depan.
  • Keluarkan air liur yang muncul saat Anda membersihkan lidah. Lalu, berkumur beberapa kali dengan air hangat.

Membersihkan lidah menggunakan sikat gigi dapat Anda lakukan dua kali sehari setelah menggosok gigi. Gunakan sedikit pasta gigi dan berikan tekanan lembut pada lidah sebelum membilasnya dengan air.

Jangan memberikan tekanan secara berlebihan karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan perdarahan.

3. Berkumur dengan obat kumur

Cara membersihkan lidah lainnya adalah dengan berkumur. Akan tetapi, berkumur yang dilakukan tidak hanya menggunakan air. Melainkan dengan obat kumur yang mengandung bahan-bahan aktif tertentu untuk membunuh bakteri di area mulut.

Cara membersihkan lidah ini juga tergolong mudah karena Anda dapat melakukannya setelah menggosok gigi.

Catatan dari SehatQ

Cara membersihkan lidah menggunakan alat pembersih lidah, sikat gigi, atau obat kumur dapat membantu mengatasi penumpukan plak di lidah hingga bau mulut yang tidak sedap. Lakukan pembersihan lidah secara rutin pada pagi dan malam hari dengan dimulai dari menyikat gigi, flossing, lalu besihkan lidah.

Namun, jika terdapat perubahan fisik tak biasa pada lidah Anda, segera konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-clean-your-tongue
Diakses pada 25 November 2019

Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/does-tongue-scraping-actually-work-and-should-i-be-doing-it/
Diakses pada 25 November 2019

Web Md. https://www.webmd.com/oral-health/picture-of-the-tongue#1
Diakses pada 25 November 2019

Patient. https://patient.info/news-and-features/should-you-clean-your-tongue
Diakses pada 25 November 2019

Journal of Periodontology. https://aap.onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1902/jop.2004.75.7.1009
Diakses pada 25 November 2019

BMC Oral Health. https://bmcoralhealth.biomedcentral.com/articles/10.1186/1472-6831-14-4
Diakses pada 25 November 2019

Int J Dent Hygiene. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/pdf/10.1034/j.1601-5037.2003.00034.x
Diakses pada 25 November 2019

Artikel Terkait