logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Bayi & Menyusui

Cara Melancarkan ASI yang Perlu Diketahui Ibu

open-summary

Cara melancarkan ASI perlu bunda ketahui untuk mempermudah proses menyusui. Menstimulasi payudara seusai menyusui merupakan salah satu metode yang dapat Anda lakukan.


close-summary

2 Des 2019

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Cara melancarkan ASI adalah dengan rileks agar ibu terus menyusui

Cara melancarkan ASI dilakukan dengan rileks agar mempersingkat durasi menyusui

Table of Content

  • Bagaimana cara melancarkan ASI?
  • Catatan dari SehatQ

Cara melancarkan ASI perlu diketahui agar asupan bayi selalu terjaga. Sang buah hati yang baru saja lahir hanya dapat mengonsumsi ASI.

Advertisement

Karena itu, ASI merupakan hal yang penting bagi si Kecil.  Sayangnya, beberapa wanita yang memiliki masalah ibu menyusui seperti ini.

Salah satunya permasalahan yang bisa dihadapi adalah kurang lancarnya ASI dari sang ibu.

Namun, Anda tidak perlu bingung karena terdapat cara agar ASI lancar yang bisa dicoba untuk membantu meningkatkan produksi ASI.

Bagaimana cara melancarkan ASI?

Bagi para ibu, tidak perlu khawatir jika kondisi akan ini bersifat permanen. Terkadang, Anda hanya membutuhkan waktu untuk beradaptasi untuk bisa memberikan ASI dengan nyaman kepada sang buah hati.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba sebagai cara memperlancar ASI atau meningkatkan produksi ASI:

1. Stimulasi payudara seusai menyusui

no caption
Pompa ASI merangsang payudara untuk memproduksi ASI

Salah satu cara agar ASI lancar yang bisa dicoba adalah menstimulasi payudara seusai menyusui si Kecil. Tambahan stimulasi bisa membantu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak ASI.

Anda bisa menggunakan pompa payudara (breast pump) ataupun tangan untuk mengosongkan payudara sehingga lebih cepat terisi kembali.

2. Jangan ganti ASI dengan susu formula

Saat Anda merasa kesulitan menyusui anak, mudah bagi Anda untuk ingin mengganti ASI dengan susu formula atau ASI dari botol. 

Namun, akan lebih baik jika Anda tetap mencoba untuk menyusui anak dengan ASI, karena pada dasarnya menyusui si Kecil akan membantu meningkatkan produksi ASI. Semakin besar demand, semakin besar pula supply ASI yang dihasilkan.

3. Periksa cara menghisap bayi

no caption
Pelekatan yang tepat agar ASI keluar dengan lancar

Cara melancarkan ASI bisa didapatkan dengan memeriksa bagaimana si Kecil menghisap puting ibunya. Hal ini dikenal dengan istilah pelekatan menyusui pada bayi ke payudara.

Bila bayi tidak menghisap payudara dengan benar, maka ASI tidak keluar dengan optimal. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter bila Anda tidak yakin mengenai perlekatan bayi Anda.

4. Terapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan sang ibu, tetapi juga sebagai cara melancarkan ASI.

Anda perlu beristirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi imbang.

Selain itu, hindari juga perilaku-perilaku yang bisa menghambat penerapan cara melancarkan ASI, seperti merokok, konsumsi alkohol, dan sebagainya.

5. Perlama waktu menyusui

no caption
Tambah durasi menyusui agar payudara terstimulasi sehingga ASI lancar

Cara melancarkan ASI berikutnya adalah dengan menambah waktu menyusui. Setidaknya, bayi harus disusui selama 10 menit pada tiap payudara. Semakin lama bayi disusui, semakin meningkat pula stimulasi pada payudara.

6. Perbanyak frekuensi menyusui

Selain menambahkan waktu menyusui, Anda juga bisa meningkatkan frekuensi menyusui bayi sebagai cara melancarkan ASI. Semakin sering Anda menyusui bayi, tubuh Anda akan memproduksi lebih banyak ASI.

Baca Juga

  • 5 Ide Beraktivitas Fisik Tanpa Terasa Menggunakan Pedometer
  • 10 Manfaat Teh Krisan (Chrysanthemum Tea)
  • Lutut Bengkak? Ini 4 Penyebabnya

7. Bangunkan bayi

no caption
Bangunkan bayi jika sudah waktunya menyusui

Bayi memang lebih cenderung mudah tertidur, tetapi Anda perlu membangunkan bayi saat sedang menyusuinya untuk membuat bayi aktif menyusui.

Anda bisa membangunkan bayi dengan melepaskan bedong bayi, menggosok kaki bayi, bermain-main dengan telinganya dan sebagainya.

8. Minum air secukupnya

Anda perlu tahu bahwa ASI terdiri dari 90 persen air dan karenanya, ibu perlu minum air atau cairan lainnya sekitar enam sampai delapan gelas sehari untuk menghindari dehidrasi dan memperlancar ASI.

9. Konsumsi makanan yang tepat

no caption
Konsumsi oatmeal merupakan cara melancarkan ASI yang efektif

Tidak hanya mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi, Anda juga dapat menerapkan cara agar ASI lancar dengan mengonsumsi makanan penambah ASI, seperti sayuran berdaun hijau, oatmeal, dan sebagainya.

Selain makanan, Anda bisa mengonsumsi suplemen tertentu yang dapat meningkatkan produksi atau kelancaran ASI.

10. Menyusui dengan kedua payudara

Hindari menyusui si Kecil dengan salah satu payudara saja, karena hal tersebut bisa membuat salah satu payudara lebih aktif berproduksi daripada yang lainnya.

Payudara yang jarang digunakan untuk menyusui akan semakin menurun volume ASI-nya dan lama kelamaan akan berhenti berproduksi.

Oleh karenanya, cara melancarkan ASI yang benar tidak hanya di salah satu payudara saja tetapi kedua payudara. Ibu bisa menyusui bayi dengan kedua payudara secara bergantian. 

Misalnya, Anda bisa menyusui bayi dengan payudara pagi saat pertama kali menyusui dan berikutnya menggunakan payudara yang kanan.

Jika bayi sudah terlalu kenyang dengan satu payudara, Anda bisa mengeluarkan ASI dengan menggunakan tangan atau pompa ASI dan menyimpannya sebagai stok.

11. Kelola stres

no caption
Dengar musik agar suasana saat menyusui tetap tenang

Cara melancarkan ASI kali ini memang tidak berkaitan langsung dengan payudara maupun dengan asupan yang Anda konsumsi. Namun, psikologis pun berperan penting agar ASI lancar.

Siapa sangka, stres dan rasa cemas pun justru mengurangi waktu pemberian ASI eksklusif. Hal ini pun dipaparkan pada riset dari Advances in Preventive Medicine.

Untuk mengurangi stres, Anda bisa membuat lingkungan saat menyusui senyaman mungkin. Misalnya, Anda memilih tempat yang tenang atau menyetel musik.

Penelitian dari dari Journal of Clinical & Diagnostic Research menemukan, mendengarkan musik rupanya menurunkan hormon kortisol, hormon stres, saat menyusui. Efeknya, produksi ASI pun meningkat.

12. Istirahat yang cukup

Cara melancarkan ASI selanjutnya ialah beristirahat yang cukup. Sebab, dilansir dari Very Well Family, rasa lelah dapat berdampak buruk pada produksi ASI.

Perlu diakui, sulit bagi ibu yang baru melahirkan untuk bisa istirahat dengan cukup, apalagi jika bayi terus menyusu.

Maka dari itu, cobalah untuk tidur jika bayi Anda sedang tertidur. Dengan begitu, tubuh Anda dapat istirahat dengan baik sehingga ASI menjadi lancar!

Catatan dari SehatQ

Cara melancarkan ASI tentu berdampak pada tumbuh kembang bayi. Sebab, asupan ASI yang diberikan tepat waktu dan dengan jumlah yang optimal merupakan penyokong agar bayi tumbuh sehat.

Perlu diketahui bahwa tips-tips cara memperlancar ASI di atas tidak akan bekerja tanpa adanya keyakinan dari sang ibu. 

Jangan lupa untuk menjalin hubungan yang dekat bersama buah hati dengan mengurus secara langsung, menyentuh, dan berinteraksi dengan si Kecil.

Apabila Anda masih mengalami kesulitan atau masalah dalam menyusui atau dengan bayi, jangan malu dan ragu untuk berkonsultasi dokter melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Jika Anda ingin melengkapi keperluan ibu menyusui, kunjungi Toko SehatQ untuk mendapatkan penawaran menarik.

Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

bayi & menyusuiibu dan anakpola hidup sehatproduksi asiasi eksklusifibu menyusui

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved