Umur Berapa Bayi Bisa Duduk Sendiri? Plus 3 Cara Stimulasinya agar Anak Cepat Duduk


Usia bayi bisa duduk sendiri dapat berbeda-beda dan umumnya dimulai saat usia 7 bulan. Sebagai cara stimulasi untuk melatih bayi agar cepat duduk kenali tanda kesiapannya seperti sudah mampu menopang kepala sendiri.

(0)
24 Dec 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
umur berapa bayi bisa duduk biasanya di usia 7 bulanUmur berapa bayi bisa duduk biasanya ditandai ketika ia sudah memiliki keseimbangan yang baik
Bayi sudah bisa duduk adalah salah satu pencapaian tumbuh kembangnya yang penting bagi Anda. Saat bayi duduk, ia akan memiliki cara pandang baru terhadap lingkungan. Namun, umur bayi bisa duduk pada setiap anak berbeda-beda. Lantas, pada umur berapa bayi bisa duduk? Dan pada usia berapa bayi bisa duduk sendiri tanpa harus dibantu bantal maupun alat penyangga lainnya? Berikut ulasan selengkapnya.

Apa saja tanda bayi siap untuk duduk?

Sebelum bayi bisa duduk, orangtua harus memerhatikan tanda-tanda kesiapannya terlebih dahulu. Tanda pertama bayi akan segera duduk biasanya ketika ia sudah mampu menopang kepalanya sendiri ketika diletakkan tengkurap, biasanya terjadi saat bayi usia 3 bulan.Bayi yang sudah siap duduk biasanya akan lebih sering mengangkat badan mereka sendiri ketika diposisikan dalam keadaan tengkurap dengan gerakan yang mirip push-up. Beberapa bayi juga akan sering berguling sehingga penting bagi Anda untuk tidak meninggalkan bayi sendirian, terutama jika ditempatkan di kursi atau kasurnya.Ketika otot lehernya sudah lebih stabil, Anda bisa melatihnya untuk duduk dengan bantuan bantal atau kursi khusus. Awalnya, bayi Anda masih akan sempoyongan, tapi lama-kelamaan mulai kuat dan belajar untuk duduk sendiri tanpa bantuan.Baca juga: Tahap Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan dan Faktor yang Memengaruhinya

Umur berapa bayi bisa duduk?

Kapan bayi bisa duduk pada setiap anak berbeda. Umumnya, saat umur bayi memasuki 4-6 bulan, ia akan mulai memerlihatkan kemampuan untuk duduk, meski hanya beberapa detik.Pada fase ini, bayi akan lebih sering berusaha untuk duduk sendiri sehingga kemungkinan ia terjatuh menjadi lebih besar. Ketika keseimbangannya makin baik, bayi akan mulai bisa duduk dengan posisi tripod, yakni duduk dengan salah satu atau kedua tangan di depan untuk menyanggah tubuhnya.Posisi ini biasanya terjadi mendekati bayi usia 6 bulan, di mana ia mulai bersiap untuk mendapatkan makanan padat pertamanya (makanan pendamping air susu ibu atau MPASI) atau ketika memasuki masa tummy time.Lalu, pada umur berapa bayi bisa duduk sendiri? Ada bayi yang sudah bisa duduk tegak pada usia 7 bulan, namun tidak jarang Anda harus menunggu hingga usianya 9 bulan sebelum bisa melihat bayi ‘lepas tangan’ dan duduk sendiri tanpa bantuan bantal ataupun bantuan apapun dari Anda.Menurut studi dari Denver II Developmental Milestones, umumnya usia bayi bisa duduk tegak sendiri tanpa bantuan sekitar pada umur 8 bulan.Sekalipun bayi duduk sendiri, Anda sebaiknya tidak meninggalkan bayi untuk belajar duduk sendirian tanpa pengawasan. Pasalnya, bayi tetap bisa berguling sehingga ada kemungkinan bayi terjatuh dari kursinya.

Cara stimulasi bayi agar cepat duduk 

Setelah mengetahui umum berapa bayi bisa duduk, Anda bisa mulai mempersiapkan stimulasi mulai bayi berusia 4 bulan atau ketika otot lehernya sudah mulai kuat. Meski demikian, Anda tidak perlu memburu anak untuk segera bisa duduk jika memang belum memerlihatkan tanda-tanda kesiapannya. Begini cara stimulasi bayi yang baik agar cepat duduk:

1. Pancing dengan mainan

Untuk memperkuat otot leher dan lengannya, Anda dapat sering meletakkan bayi dalam posisi telungkup kemudian menarik perhatiannya dengan berbagai mainan.Menarik perhatian bayi dalam posisi telungkup dapat membantu memperkuat otot leher, bahu dan punggung yang diperlukan untuk menstimulasi bayi duduk sendiri.

Untuk membantu bayi duduk sendiri, Anda juga dapat mulai mendudukkannya di kursi dengan bantuan bantal. Namun, pastikan Anda tidak meninggalkannya sendiri dan jauhkan bayi dari benda-benda yang mungkin membuatnya susah bernapas.Anda juga dapat mendudukkan bayi dalam pangkuan Anda, kemudian membacakannya buku atau mengajaknya memainkan mainan favoritnya dalam posisi duduk.

3. Perbanyak tummy time

Cara paling aman untuk melatih bayi duduk sendiri adalah dengan membiarkannya berlama-lama tummy time untuk mengeksplorasi lantai.Stimulasi lain yang dapat Anda lakukan ialah dengan mendudukkan bayi di depan cermin. Hal ini akan membuatnya lebih bersemangat untuk bisa duduk sendiri setelah melihat dirinya dalam posisi duduk.

Bayi belum bisa duduk, kapan Anda harus waspada?

Menghitung umur berapa bayi bisa duduk sendiri sebetulnya tidak ada patokan khusus karena ada bayi yang dapat duduk dengan cepat, dan yang lainnya bisa lebih lambat di satu tahun pertamanya.Jika bayi Anda lahir lebih cepat (prematur), standar umur berapa bayi bisa duduk di atas juga tidak bisa dijadikan pedoman.Meski demikian, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter jika bayi belum bisa menegakkan kepala saat usia 4 bulan atau tidak mampu duduk sendiri saat berumur 9 bulan. Dokter mungkin akan merujuk bayi Anda ke klinik tumbuh kembang.Jika Anda ingin berkonsultasi langsung pada dokter terkait umur berapa bayi bisa duduk sendiri, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
tumbuh kembang bayiperkembangan bayibayimerawat bayi
Parents. https://www.parents.com/baby/development/physical/stages-of-sitting/?
Diakses pada 24 Desember 2019
Baby Center UK. https://www.babycenter.com/0_baby-milestones-sitting_6505.bc
Diakses pada 24 Desember 2019
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-baby-milestones-first-year
Diakses pada 24 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/when-can-babies-sit-up
Diakses pada 24 Desember 2019
Denver II Developmental Milestones, http://www.somaticpractice.net/trainings/touch_skills/resources/charts/Denver_II_Developmental_Screening_Test.pdf
Diakses pada 17 Juli 2020
Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/a6505/developmental-milestones-sitting Diakses pada 20 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait