Umum Digunakan Sebagai Obat Bius, Ketamin Juga Rentan Disalahgunakan

(0)
18 Aug 2020|Azelia Trifiana
Ketamin sering digunakan sebagai obat bius untuk operasiKetamin umum digunakan sebagai obat bius
Sejak tahun 1960an, ketamin dikembangkan sebagai obat bius untuk anestesi, baik untuk manusia maupun binatang. Penggunaan ketamin efektif dan aman digunakan untuk keperluan medis. Meski demikian, tetap saja ada potensi penyalahgunaan obat hingga ketagihan.Ada banyak nama lain untuk ketamin, mulai dari Special K, super acid, super C, bump, green, honey oil, special la coke, dan jet. Ketamin merupakan jenis obat anestesi yang bisa menimbulkan reaksi halusinasi.

Cara kerja ketamin

Untuk keperluan medis, ketamin diberikan kepada pasien dengan metode injeksi atau infus lewat intravena. Terkadang, ketamin juga bisa dikonsumsi dalam bentuk tablet atau kapsul. Selain keperluan medis, ketamin juga bisa dikonsumsi dalam minuman hingga ditambahkan dalam material yang bisa dihisap.Efek dari ketamin akan membuat orang yang menerimanya merasa melayang atau dissociative state seakan terpisah dari tubuhnya. Sensasinya hampir sama seperti out of body experience. Namun, dampak dari ketamin hanya berlangsung singkat sekitar 1-2 jam.Beberapa orang yang mendapatkan ketamin juga merasakan sensasi menjauh dari realita. Istilah untuk kondisi ini disebut k-hole. Sejak dikonsumsi, ketamin bisa bertahan dalam tubuh sekitar 3 jam. Untuk bisa benar-benar terbuang dari tubuh, perlu waktu 14-18 jam.Meski demikian, ada banyak faktor lain yang juga turut berperan seperti toleransi tubuh seseorang, level hidrasi, dan metabolisme yang dimilikinya. Tes urine hingga 14 hari sejak mengonsumsi ketamin pun masih bisa mendeteksi kandungannya.

Potensi penyalahgunaan ketamin

Sama seperti obat dijual bebas di pasaran yang bisa disalahgunakan apabila dikonsumsi tak sesuai dosis, konsumsi ketamin dalam jangka panjang bisa berpengaruh terhadap kondisi psikologis seseorang.Beberapa penelitian menemukan bahwa ketamin dapat menyebabkan masalah saluran kemih. Orang yang menyalahgunakan ketamin bisa mengalami kesulitan menahan buang air kecil, kencing berdarah, disertai dengan rasa nyeri.Tak hanya itu, penyalahgunaan ketamin yang dikonsumsi bersamaan dengan obat lain seperti benzodiazepines, barbiturates, dan opiates bisa menyebabkan kematian. Interaksi dengan alkohol juga bisa berakibat negatif terhadap kesehatan seseorang.Di antara obat-obatan terlarang atau NAPZA, senyawa ketamin populer digunakan oleh remaja saat berpesta. Ketamin yang tidak berbau dan merusak rasa membuatnya mudah dicampurkan dalam minuman tanpa terdeteksi.Ketamin juga kerap digunakan untuk membius target yang akan diperkosa. Tak hanya membuat korban tak berdaya, ketamin juga menimbulkan amnesia sehingga sulit mengingat kembali apa yang terjadi selama berada di bawah pengaruh ketamin.

Efek samping konsumsi ketamin

Menarik juga mengulik substansi ketamin yang bisa menimbulkan sensasi antidepresan pada pasien dengan masalah gangguan mood. Terkadang, ketamin juga digunakan untuk mengatasi masalah kepribadian ganda dan depresi. Namun, penelitian seputar aman dan efektif tidaknya hal ini masih terus diteliti.Lantas, beberapa efek samping yang dapat muncul akibat konsumsi di antaranya:
  • Gangguan penglihatan
  • Merasa bingung
  • Merasa mengantuk parah
  • Detak jantung lebih cepat
  • Tekanan darah meningkat
  • Mual dan muntah
  • Euforia
  • Reaksi alergi
  • Kesulitan berbicara
  • Gerakan tubuh abnormal
Apabila ketamin disalahgunakan, orang yang melakukannya akan menunjukkan perubahan yang cukup signifikan, seperti:
  • Perubahan siklus tidur
  • Mudah tersinggung
  • Gangguan daya ingat
  • Disorientasi
  • Mood mudah berubah
  • Halusinasi
Umumnya, dampak dari ketamin sama seperti obat-obatan LSD dan PCP yaitu munculnya ilusi dan halusinasi. Pada sebagian besar kasus overdosis ketamin, biasanya pengguna mengonsumsi lebih dari satu jenis obat sehingga terjadi reaksi interaksi obat yang rentan timbulkan komplikasi.Selain itu, orang yang berusaha lepas dari kecanduan ketamin juga akan mengalami gejala yang kurang nyaman seperti merasa cemas, depresi, lemah, hilang nafsu makan, mudah marah, hingga mengalami mimpi buruk. Kondisinya bisa berbeda-beda pada tiap individu mulai dari ringan hingga parah.Mengingat gejala withdrawal ketamin bisa terjadi cukup serius, perlu supervisi atau pengawasan langsung dari tenaga medis profesional selama proses ini berlangsung.
obat penenangnarkobahidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/basic-facts-about-ketamine-67495
Diakses pada 3 Agustus 2020
American Addiction Centers. https://americanaddictioncenters.org/ketamine-abuse
Diakses pada 3 Agustus 2020
Drug Abuse. https://drugabuse.com/ketamine/
Diakses pada 3 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait