Ukuran Perut Hamil 5 Bulan, Terlalu Kecil atau Terlalu Besar?

(0)
28 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada beberapa faktor yang menentukan ukuran perut hamil 5 bulanUkuran perut hamil 5 bulan ditentukan beberapa faktor
Setiap ibu hamil memiliki pengalaman berbeda-beda selama mengandung, termasuk soal ukuran perut hamil 5 bulan. Anda pun tidak perlu membandingkan ukuran ini dengan ibu hamil lainnya karena banyak faktor yang menentukan ukuran perut ini.Kehamilan memang identik dengan perut yang membesar, biasanya mulai dari trimester kedua. Ketika ukuran perut Anda kecil, Anda mungkin khawatir bahwa hal tersebut disebabkan oleh tidak terpenuhinya asupan nutrisi janin sehingga ia tidak berkembang secara sempurna.Tenang ya, Ibu. Belum tentu ukuran perut hamil yang kecil mengindikasikan kandungan dalam bahaya. Sebaliknya, dokter memiliki standar tertentu untuk mengukur perut ibu hamil sebelum memvonis kehamilan Anda berisiko atau tidak.

Ukuran perut hamil 5 bulan yang normal

Mengatakan perut ibu hamil besar atau kecil tanpa melakukan pengukuran bisa sangat subjektif dan tidak akurat. Oleh karena itu, bila Anda ingin tahu ukuran perut hamil 5 bulan yang sebenarnya, mintalah bantuan dokter atau bidan.Usia kehamilan 20 minggu (5 bulan) biasanya merupakan saat bagi dokter untuk mulai memantau ukuran perut Anda. Idealnya, lingkar perut Anda bertambah minimal 1 cm setiap minggunya, meski bentuknya bisa berbeda-beda.Meskipun demikian, penampilan fisik perut ibu hamil mungkin terlihat terlalu besar atau terlalu kecil dan hal itu tidak selalu berhubungan dengan berat janin yang Anda kandung. Perut Anda mungkin terlihat kecil, tapi janin memiliki berat yang besar, atau sebaliknya.Faktor yang memengaruhi ukuran perut hamil 5 bulan, antara lain:

1. Tinggi badan

Jika Anda termasuk wanita yang jangkung dan punya perut yang panjang, bukan tidak mungkin ukuran perut hamil 5 bulan tidak sebesar ibu hamil pada umumnya. Hal ini dikarenakan ukuran perut yang panjang akan memberi ruang pada bayi untuk tumbuh cenderung ke atas dibanding ke depan.Sebaliknya, jika Anda memiliki tubuh yang pendek, ruang bagi janin untuk berkembang juga sedikit terbatasi. Tidak heran bila perut Anda akan terlihat lebih besar dari kebanyakan ibu hamil.

2. Posisi bayi

Posisi bayi akan selalu berubah sebelum kepalanya masuk panggul di akhir trimester ketiga alias menjelang persalinan. Tidak heran bila Anda merasa ada kalanya perut terlihat lebih kecil atau lebih besar karena bayi memang masih senang berputar-putar di dalam rahim Anda.

3. Kehamilan pertama atau kedua

Pada ibu hamil yang baru pertama kali mengandung, ukuran perut hamil 5 bulan mungkin lebih kecil dibanding wanita yang sudah pernah melahirkan sebelumnya. Ketika Anda belum pernah hamil, otot perut masih kencang sehingga perut juga tidak akan terlalu melar.Sebaliknya, ketika Anda hamil untuk kedua kali atau lebih, maka otot perut akan lebih fleksibel dan lebih mudah melar. Meski demikian, bukan berarti ukuran bayi Anda juga pasti lebih besar di kehamilan kedua karena seperti disebutkan sebelumnya, ukuran perut hamil 5 bulan belum tentu berhubungan dengan berat janin.

Kapan Anda harus khawatir?

Jika ukuran perut hamil 5 bulan Anda dipengaruhi oleh ketiga faktor tersebut, maka kondisi Anda tidak tergolong bahaya. Satu-satunya kondisi yang perlu dikhawatirkan terkait ukuran perut ini adalah jika bidan atau dokter Anda memvonis adanya cairan ketuban berlebih (polihidramnion) atau bahkan kurang (oligohidramnion) yang dapat dideteksi lewat pemeriksaan ultrasonografi (USG).Baik polihidramnion maupun oligohidramnion dapat menghambat pertumbuhan janin, bahkan mengakibatkan kematian janin. Namun, tidak banyak hal yang dapat dilakukan oleh dokter atau bidan, kecuali selalu memantau perkembangan janin agar tidak terjadi komplikasi serius sebelum dilahirkan.Pada kasus polihidramnion, dokter biasanya akan merekomendasikan janin untuk dilahirkan pada pekan ke-39. Sedangkan pada ibu hamil dengan oligohidramnion, janin mungkin harus dilahirkan pada usia kehamilan 36 atau 37 minggu (tergantung perkembangan janin).

Tanda janin sehat di kehamilan 5 bulan

Besar atau kecilnya ukuran perut hamil 5 bulan secara garis besar kurang bisa dijadikan patokan kesehatan kehamilan Anda. Sebaliknya, ada beberapa indikator yang mencerminkan kondisi kandungan yang sehat di usia ini, seperti:

1. Pergerakan janin yang lebih aktif

Tidak jarang ibu merasakan Si Kecil lebih aktif menendang-nendang rahim saat Anda tengah beristirahat sehingga membuat beberapa ibu hamil sulit tidur di malam hari.

2. Berat dan panjang janin bertambah

Di akhir bulan kelima, janin rata-rata memiliki panjang sekitar 25 cm dan berat 225-500 gram yang dapat diketahui lewat pemeriksaan USG.Selama janin berkembang dengan sehat, tidak perlu khawatir tentang besar-kecilnya ukuran perut hamil 5 bulan. Bila Anda memiliki keluhan pada usia kehamilan ini, konsultasikan dengan dokter atau bidan yang menangani Anda.
menjaga kehamilan
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnant-belly-size
Diakses pada 14 Juli 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/concerns-about-your-pregnant-belly-2759765
Diakses pada 14 Juli 2020
Parenting Firstcry. https://parenting.firstcry.com/articles/belly-size-during-pregnancy-things-you-should-know/
Diakses pada 14 Juli 2020
MSD Manuals. https://www.msdmanuals.com/home/women-s-health-issues/complications-of-pregnancy/problems-with-amniotic-fluid
Diakses pada 14 Juli 2020
WebMD. https://www.webmd.com/baby/4to6-months
Diakses pada 14 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait