Banyak yang beranggapan, ukuran penis berpengaruh terhadap kesuburan pria
Ukuran penis kerap dikaitkan dengan kesuburan seorang pria

Ukuran penis masih kerap dianggap berpengaruh terhadap kesuburan pria. Tidak jarang, mitos ini membuat banyak pria menjadi tidak percaya diri terhadap ukuran alat kelaminnya.

Untuk mengetahui keterakitan keduanya, sebuah penelitian telah dilakukan. Hasilnya, pria yang memiliki masalah kesuburan rata-rata memiliki ukuran penis yang lebih kecil daripada pria yang subur. Meski begitu, penelitian ini masih mengundang banyak perdebatan, bahkan di kalangan praktisi medis.

Hubungan Ukuran Penis dan Kesuburan Pria

Ketidaksuburan pada pria akan sulit untuk diketahui tanpa adanya pemeriksaan sperma, yang menunjukkan kondisi yang kurang baik dengan tingkat motilitas rendah dan volume sedikit.

Meski begitu, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Utah Amerika Serikat menyatakan bahwa ukuran penis dapat menjadi indikator visual dari tingkat kesuburan pria. Hasil studi ini menyebutkan bahwa pria yang tidak subur rata-rata memiliki ukuran penis yang lebih kecil jika dibandingkan dengan pria yang subur.

Peneliti tersebut menganalisis pasien-pasien di klinik kesehatan dalam periode waktu 2014-2017. Rata-rata, pasien pria dengan masalah kesuburan memiliki penis 0,4 inci lebih pendek daripada pria tanpa masalah reproduksi.

Pria infertil memiliki rata-rata panjang penis sekitar 4,92 inci. Sementara pria subur sekitar 5,3 inci (pengukuran didasarkan pada ukuran yang diperkirakan ketika ereksi.)

Dalam hal ini, sampel yang diambil termasuk pada 219 pria yang mencari bantuan untuk infertilitas, 596 yang membutuhkan perawatan untuk kondisi lain seperti disfungsi ereksi atau nyeri testis.
Menurut para peneliti, ini adalah studi pertama yang menghubungkan ukuran penis dan kesuburan. Namun Anda tidak perlu khawatir dan panik berlebihan.

Meskipun hasil penelitian mengungkap hal sedemikian rupa, memiliki ukuran penis di bawah rata-rata belum tentu mengartikan bahwa Anda infertil. Pasalnya, ketidaksuburan seorang pria dipengaruhi oleh begitu banyak hal, sehingga pengaruh ukuran penis dengan tingkat kesuburan pria tidak dapat dipercaya begitu saja.

Faktor yang Memengaruhi Kesuburan Pria

Ukuran penis memang tidak memberikan pengaruh langsung pada infertilitas seorang pria. Berikut adalah faktor-faktor yang memengaruhi kesuburan pria:

  • Kondisi Kesehatan dan Kestabilan Hormon 

    Para pria yang memiliki penyakit tertentu, seperti varikokel, testis tidak turun, tumor, gangguan hormon, infeksi, serta beragam penyakit menular seksual lainnya, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan kesuburan.
  • Faktor Lingkungan dan Paparan Zat Kimia

    Waspadalah bagi para pria dengan paparan zat kimia berbahaya atau logam berat di pabrik. Pasalnya, paparan zat kimia tersebut sangat berisiko dalam mengurangi jumlah sperma dan motilitasnya.
  • Berat Badan Berlebihan/Terlalu Kurang

    Banyak penelitian yang membuktikan bahwa pria obesitas (kelebihan berat badan) dan pria dengan berat badan kurang, berisiko untuk mengalami infertilitas.
  • Gaya Hidup Tidak Sehat

    Asupan makan yang tidak seimbang, waktu istirahat yang kurang, jarang berolahraga, dan kebiasaan tidak sehat (seperti, merokok, menggunakan obat-obatan terlarang, minum alkohol) dapat memengaruhi tingkat kesuburan pria.

Ukuran penis bukanlah indikator yang akurat untuk menilai kesuburan seorang pria. Apabila Anda khawatir akan kondisi kesuburan, periksakanlah diri Anda ke dokter. Dokter akan membantu menyelesaikan keluhan dan menjelaskan kondisi kesehatan reproduksi Anda secara tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/health-news/penis-size-not-related-to-male-fertility-experts-say
diakses pada 28 November 2018

Men's Health. https://www.menshealth.com/health/a23640824/penis-size-infertility/
diakses pada 28 November 2018

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/male-infertility/symptoms-causes/syc-20374773
diakses pada 28 November 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed