Apakah Payudara Kecil Memengaruhi Kesuburan? Ini Faktanya


Payudara kecil tidak memengaruhi kesuburan. Wanita dengan payudara kecil tetap bisa punya anak selama tubuhnya sehat dan tidak mengalami penyakit tertentu yang berhubungan dengan kesuburan.

0,0
06 Aug 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Payudara kecil tidak berpengaruh pada kesuburan wanitaUkuran payudara kecil tidak memengaruhi kesuburan wanita
Ada banyak faktor yang memengaruhi kesuburan seorang wanita, mulai dari hormon, gaya hidup, pola makan, atau riwayat penyakit tertentu. Lalu selain itu, ada juga anggapan bahwa ukuran payudara juga berpengaruh terhadap fertilitas wanita. Lantas, apakah payudara kecil benar-benar memengaruhi kesuburan? Ini jawabannya.

Apakah payudara kecil memengaruhi kesuburan?

Payudara kecil tidak memengaruhi kesuburan
Payudara kecil tidak memengaruhi kesuburan
Payudara kecil tidak memengaruhi kesuburan. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menghubungkan ukuran payudara yang lebih kecil dengan kemampuan seorang wanita untuk bereproduksi.Salah satu hal yang memengaruhi kesuburan adalah soal kecukupan gizi. Wanita yang terlalu kurus atau memiliki indeksi massa tubuh (IMT) yang rendah, memang berisiko lebih tinggi punya masalah kesuburan. Ini berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon yang ada di tubuhnya.Biasanya, wanita yang kurus memang memiliki ukuran payudara yang lebih kecil. Namun ini bukan berarti wanita yang punya payudara lebih kecil pasti lebih sulit punya anak atau tidak subur.

Apa penyebab payudara kecil tidak berkembang?

Payudara kecil tidak berkembang disebabkan karena faktor genetik
Payudara kecil paling umum disebabkan karena faktor genetik
Ukuran payudara yang kecil sebenarnya tidak melulu menandakan penyakit atau gangguan kesehatan. Payudara wanita memiliki berbagai ukuran, dari besar hingga kecil dan semuanya bisa masuk dalam kategori payudara yang normal.Faktor utama yang menentukan ukuran payudara seorang wanita adalah genetik alias faktor keturunan. Selain itu, ada beberapa faktor lagi yang dapat memengaruhi ukuran payudara, yaitu:

• Berat badan

Karena payudara sebagian besarnya terdiri dari jaringan lemak, maka wanita yang gemuk biasanya memiliki ukuran payudara yang lebih besar dibanding wanita yang kurus. Namun hal ini juga tidak selalu terjadi.

• Kebiasaan olahraga

Rajin berolahraga, terutama dengan gerakan yang dapat melatih otot dada bisa membuat payudara terlihat lebih kecil dan kencang. Sebab, olahraga dapat membangun otot yang ada di belakang jaringan payudara. Salah satu contoh olahraganya adalah push up.

• Kehamilan dan menyusui

Perubahan hormon yang terjadi saat hamil dan menyusui juga berperan besar terhadap ukuran payudara. Biasanya, wanita hamil dan menyusui akan mengalami pembesaran payudara.

Ciri-ciri wanita yang punya masalah kesuburan

Ciri wanita tidak subur salah satunya haid tidak teratur
Ciri masalah kesuburan salah satunya menstruasi tidak teratur
Kalau khawatir memiliki masalah kesuburan karena ukuran payudara yang kecil, Anda mungkin perlu memahami lebih jauh ciri-ciri ketidaksuburan pada wanita yang lain. Apabila ukuran payudara kecil tanpa disertai kondisi di bawah ini, maka kemungkinan tidak ada gangguan pada kesuburan Anda.Berikut ini beberapa ciri ketidaksuburan pada wanita yang perlu diketahui.

• Menstruasi tidak teratur

Menstruasi yang tidak teratur adalah salah satu gejala khas yang banyak dialami wanita dengan gangguan kesuburan. Ini biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di tubuh dan kerap terjadi pada wanita yang terlalu kurus, terlalu gemuk, atau punya riwayat penyakit tertentu.

• Nyeri saat berhubungan seks

Nyeri saat berhubungan seks juga bisa menandakan adanya masalah kesuburan. Sebab, kondisi ini biasanya dialami oleh wanita yang memiliki riwayat penyakit yang dapat mengganggu fertilitas seperti infeksi, endometriosis, atau fibroid rahim.

• Menstruasi yang panjang dan menyakitkan

Bagi sebagian wanita, menstruasi memang bisa menyebabkan rasa nyeri. Namun jika nyeri yang timbul sangat parah dan disertai dengan durasi menstruasi yang kelewat panjang dan volume darah yang sangat deras, maka ini bisa menandakan adanya gangguan kesuburan.

• Darah haid yang keluar berwarna sangat gelap atau pucat

Pada hari-hari pertama menstruasi, darah yang ke luar normalnya berawarna merah terang. Jika saat Anda menstruasi hari pertama darah yang keluar berawarna sangat gelap atau malah pucat, maka ini bisa menandakan gangguan di organ reproduksi.

• Mengalami gejala gangguan hormon

Bukan ukuran payudara yang kecil, kesuburan wanita bisa dilihat dari tanda-tanda ketidakseimbangan hormon, seperti jerawat yang parah, tangan dan kaki sering dingin, tumbuhnya rambut berlebih di area wajah, dan rambut yang terus menipis.

• Punya riwayat penyakit tertentu

Beberapa penyakit bisa menyebabkan gangguan kesuburan pada wanita, seperti menopause dini, masalah tiroid, kista ovarium polikistik (PCOS), endometriosis, dan kanker.

• Tidak kunjung hamil meski telah mencoba terus menerus

Seorang wanita dikatakan memiliki masalah kesuburan apabila telah mencoba untuk hamil selama satu tahun namun tidak kunjung berhasil. Sementara itu wanita yang berusia di atas 35 tahun dikatakan tidak subur apabila telah mencoba selam enam bulan namun tidak membuahkan hasil.Ukuran payudara tidak memengaruhi kesuburan seorang wanita. Besar atau tidaknya payudara sendiri umumnya ditentukan karena faktor keturunan. Pada wanita yang mengalami masalah kesuburan, ada tanda lain yang perlu diperhatikan seperti siklus menstruasi.Apabila masih punya pertanyaan seputar hubungan ukuran payudara dan kesuburan wanita, Anda dapat berdiskusi langsung dengan dokter lewat fitur Chat Dokter di Aplikasi Kesehatan SehatQ. Dapat diunduh secara gratis di App Store dan Play Store.
meningkatkan kesuburantes kesuburanpayudara
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323401#signs-of-infertility-in-women
Diakses pada 27 Juli 2021
Young Womens Health. https://youngwomenshealth.org/2015/11/25/i-wear-a-bra-to-make-my-small-breasts-bigger/
Diakses pada 27 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/average-breast-size#what-determines-size
Diakses pada 27 Juli 2021
Harley Medical. https://www.harleymedical.co.uk/conditions/small-breasts
Diakses pada 27 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait