Ujung Jari Sakit Seperti Ditusuk Jarum? Ini Kemungkinan Penyebabnya

0,0
19 Jun 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu penyebab ujung jari sakit seperti ditusuk jarum adalah sindrom terowongan karpalUjung jari sakit seperti ditusuk jarum dapat mengindikasikan sejumlah kondisi
Kondisi ujung jari tangan sakit dapat berbentuk sensasi berdenyut, nyeri tumpul, panas, atau kekakuan. Rasa nyeri ini juga mencakup sensasi terbakar atau ujung jari sakit seperti ditusuk jarum yang kerap disebut sebagai parestesia atau kesemutan.Kondisi ini disebabkan oleh adanya tekanan pada saraf atau kerusakan sementara/permanen pada saraf. Rasa nyeri pada ujung jari tangan dapat terjadi sebagai dampak dari berbagai gangguan kesehatan, baik karena cedera atau penyebab lain yang bukan cedera.

Penyebab ujung jari sakit seperti tertusuk jarum

Penyebab ujung jari sakit seperti tertusuk jarum umumnya adalah adanya tekanan pada saraf pengirim sensasi pada jari. Kondisi ini dapat membaik setelah tekanan tersebut dihilangkan dan mencegahnya kembali pada area saraf tersebut.Sebagian besar kondisi ini merupakan hal yang wajar jika hanya terjadi sementara. Di sisi lain, beberapa gangguan kesehatan dapat menyebabkan ujung jari tangan sakit berlangsung lebih lama. Sebagian dari penyebab ini bahkan memerlukan perawatan yang lebih serius.

1. Sindrom terowongan karpal

Sindrom terowongan karpal (CTS) adalah salah satu penyebab umum ujung jari tangan sakit seperti ditusuk jarum. Kondisi ini terjadi saat saraf median tertekan di area pergelangan tangan.Gejala CTS meliputi berbagai ketidaknyamanan pada ujung jari Anda, termasuk ujung jari sakit saat ditekan dan ujung jari sakit seperti ditusuk jarum.Siindrom terowongan kapal dalam kondisi ringan sampai sedang dapat diatasi dengan perawatan nonbedah, seperti penggunaan belat pergelangan tangan, obat-obatan kortikosteroid, terapi fisik, terapi ultrasound, dan yoga. Untuk kondisi yang lebih parah, prosedur operasi mungkin dibutuhkanuntuk mengatasinya.

2. Saraf terjepit

Kemungkinan penyebab ujung jari tangan sakit seperti ditusuk jarum lainnya adalah saraf terjepit. Kondisi ini disebabkan oleh terlalu banyak tekanan pada saraf dari jaringan di sekitar saraf.Tekanan ini dapat memicu berbagai keluhan, termasuk kesemutan yang menyebabkan ujung jari sakit seperti ditusuk jarum. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kondisi saraf terjepit, di antaranya obesitas, rheumatoid arthritis, dan cedera.Penanganan untuk saraf terjepit biasanya dilalukan dengan mengistirahatkan area yang sakit. Anda juga dapat dianjurkan untuk memakai belat untuk melumpuhkan area yang mengalami saraf terjepit sehingga tidak banyak bergerak.Selain itu, dokter juga dapat menyarankan latihan fisik, pemberian obat antiradang nonsteroid (NSAID), suntikan kortikosteroid, hingga pembedahan.

3. Multiple sclerosis

Multiple sclerosis (MS) adalah kondisi sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang lapisan lemak pelindung mielin yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang.Gejalanya dapat berupa kebas atau kesemutan di jari, yang kemudian menyebabkan mati rasa dan kelemahan anggota badan.Tidak ada obat khusus untuk penyakit multiple sclerosis, tetapi perawatan yang tepat dapat membantu mempercepat pemulihan dan mengontrol gejalanya.  Hingga saat ini, belum diketahui mengapa penderita multiple sclerosis dapat mengalami kondisi pemulihan yang berbeda.

4. Neuropati perifer

Neuropati perifer terjadi ketika ada kerusakan pada saraf perifer (sistem saraf tepi). Kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami mati rasa secara bertahap.Kondisi ini juga bisa menyebabkan sensasi rasa sakit yang tajam, menusuk, berdenyut, terbakar, kepekaan terhadap sentuhan, serta kelemahan otot; misalnya pada jari.Neuropati perifer dapat disebabkan oleh cedera, infeksi, paparan racun, atau bahkan diabetes. Untuk mengatasi ujung jari tangan sakit karena neuropati perifer, ada beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan.Beberapa jenis terapi dan prosedur medis dapat membantu meringankan gejala neuropati perifer, seperti stimulasi saraf listrik transkutan (TENS), pertukaran plasma darah (plasmapheresis) dan imunoglobulin intravena, terapi fisik, hingga tindakan operasi.

Perlukah ujung jari sakit seperti ditusuk jarum diperiksakan ke dokter?

Masih ada banyak kemungkinan penyebab ujung jari tangan sakit seperti ditusuk jarum, di antaranya cedera, penyakit degeneratif, peradangan dan iritasi saraf, penyakit kelainan saraf, atau disebabkan gangguan kesehatan lain yang kemudian berdampak pada saraf.Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan dokter untuk mendiagnosis penyebab pasti ujung jari sakit seperti ditusuk jarum. Jika kondisi ujung jari tangan sakit tidak membaik atau semakin memburuk dalam tiga hari, sebaiknya kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan.Segera periksakan diri ke dokter jika ujung jari sakit seperti ditusuk jarum disertai dengan gejala-gejala di bawah ini.
  • Demam tinggi lebih dari 38o C
  • Tidak mampu menggerakkan jari, tangan, atau pergelangan
  • Rasa nyeri hebat
  • Mengalami perdarahan yang tidak terkontrol
  • Tampak adanya perubahan bentuk tulang
  • Kulit merah, hangat, lembek, atau terdapat garis merah pada lengan.
Dengan demikian, dokter dapat melakukan penanganan yang tepat untuk mengatasi penyebab ujung jari sakit seperti ditusuk jarum yang Anda alami.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
neuropati perifersindrom karpalsaraf terjepitmultiple sclerosis
MD Bone Docs. https://www.mdbonedocs.com/what-do-tingling-fingers-mean/
Diakses 3 Juni 2021
Health Grades. https://www.healthgrades.com/right-care/bones-joints-and-muscles/finger-pain
Diakses 3 Juni 2021
AAFP. https://www.aafp.org/afp/2016/1215/p993.html
Diakses 3 Juni 2021
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pinched-nerve/diagnosis-treatment/drc-20354751
Diakses 3 Juni 2021
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/peripheral-neuropathy/diagnosis-treatment/drc-20352067
Diakses 3 Juni 2021
Summit Ortho. https://www.summitortho.com/2020/08/27/my-finger-is-numb-what-does-that-mean/
Diakses 3 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait