Tumbuh Rambut di Payudara? Cari Tahu Penyebab dan Cara Menghilangkannya


Tumbuh rambut di payudara wanita adalah hal yang normal sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Meski hal normal, rambut yang tumbuh di payudara juga bisa menunjukkan gejala dari suatu kondisi medis tertentu. Jika Anda merasa terganggu dengan bulu di payudara, ada beberapa alternatif cara menghilangkannya.

0,0
Tumbuh rambut di payudara mungkin membuat beberapa perempuan merasa khawatirTumbuh rambut di payudara wanita adalah hal yang normal terjadi sebagai perubahan dalam tubuh
Tumbuh rambut di payudara mungkin membuat beberapa perempuan merasa khawatir. Bahkan, tak sedikit yang panik karena menganggap adanya bulu di payudara merupakan tanda masalah kesehatan yang serius.Lantas, apakah normal tumbuh rambut di payudara? Apa penyebab payudara berbulu dan bagaimana cara mengatasinya? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apakah normal tumbuh rambut di payudara wanita?

Tumbuh rambut di payudara wanita adalah hal yang normal terjadi sebagai perubahan dalam tubuh.Maka, bila Anda memiliki rambut halus yang tumbuh di sekitar puting susu, tidak perlu khawatir.Sebenarnya, kulit tubuh manusia ditutupi folikel rambut. Pada beberapa bagian tubuh, seperti kulit kepala, rambut yang tumbuh akan lebih panjang dan lebat.Sedangkan, pada area kulit tubuh lainnya, seperti area sekitar payudara, rambut akan tumbuh lebih tipis dan halus.

Mengapa ada rambut yang tumbuh di payudara?

Meski merupakan hal yang normal, tumbuh rambut di payudara juga menunjukkan gejala dari suatu kondisi medis tertentu. Misalnya:

1. Perubahan hormon

Tumbuh rambut di payudara akibat perubahan hormon
Tumbuh rambut di payudara akibat perubahan hormon
Tumbuh rambut di payudara bisa disebabkan oleh perubahan hormonal pada wanita. Umumnya, kondisi ini dapat terjadi selama kehamilan dan menopause.Perubahan hormonal juga dapat terjadi pada perempuan muda usia pubertas yang memiliki rambut-rambut halus di beberapa area tubuh, seperti area puting susu.

2. Produksi hormon testosteron berlebih

Produksi hormon testosteron berlebih pada wanita juga menjadi penyebab tumbuh rambut di payudara wanita.Selain mengakibatkan pertumbuhan rambut pada beberapa area tubuh, kelebihan produksi hormon pria ini juga menimbulkan gejala, seperti:
  • Kulit berminyak yang rentan berjerawat
  • Siklus haid berhenti
  • Peningkatan massa otot
  • Kebotakan berpola
Jika Anda mencurigai kelebihan produksi hormon pria menjadi penyebab ada rambut yang tumbuh di payudara, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

3. Efek konsumsi obat-obatan

Tumbuh rambut di payudara akibat efek obat
Obat-obatan tertentu bisa menyebabkan tumbuh bulu di payudara
Sejumlah obat-obatan tertentu bisa menyebabkan tumbuh rambut di payudara.Misalnya, testosteron, glukokortikosteroid, dan beberapa jenis obat-obatan imunoterapi tertentu.

4. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Di payudara tumbuh rambut halus juga bisa jadi akibat kondisi medis tertentu. Misalnya, polycystic ovary syndrome (PCOS).PCOS atau dikenal dengan sindrom polikistik ovarium merupakan masalah yang terjadi akibat ketidakseimbangan hormon wanita.Kondisi ini dapat menimbulkan efek samping, seperti tumbuhnya rambut pada area tubuh tertentu, termasuk area sekitar payudara.

5. Sindrom Cushing

Di payudara tumbuh rambut halus bisa pula akibat kondisi sindrom Cushing. Sindrom Cushing adalah kondisi ketika produksi hormon kortisol berlebih dalam tubuh.Hal ini bisa terjadi akibat penggunaan obat glukokortikosteroid berlebih, atau adanya tumor di paru-paru atau tumor otak (di luar kelenjar pituitari), dan atau kelenjar adrenal.Beberapa gejala sindrom Cushing mirip dengan kondisi PCOS, yakni siklus menstruasi yang tidak teratur serta pertumbuhan rambut pada area payudara.

Bagaimana cara menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara?

Pada dasarnya, cara menghilangkan bulu di payudara tidak begitu diperlukan karena alasan kesehatan.Kendati demikian, bila Anda cukup risih atau terganggu akan masalah payudara berbulu, ada beberapa alternatif cara menghilangkan bulu di payudara, yakni:

1. Trimming

Lakukan trimming untuk hilangkan tumbuh rambut di payudara
Trimming rambut di payudara perlu dilakukan secara hati-hati
Salah satu cara menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara adalah melalui tindakan trimming. Trimming adalah proses memotong rambut hanya pada bagian ujung rambut.Cara melakukannya, gunakan gunting berukuran kecil sehingga rambut lebih mudah dipotong sampai dekat dengan kulit.Pastikan Anda selalu berhati-hati saat melakukannya untuk mengurangi risiko ujung gunting menggores area kulit payudara.Trimming merupakan tindakan menghilangkan ujung rambut yang mudah dilakukan, tetapi Anda perlu melakukannya secara rutin ketika rambut sudah terlihat panjang.Setelah proses trimming selesai, American Academy of Dermatology menyarankan Anda untuk mengoleskan pelembap agar kulit tidak kering.Hindari pelembap yang mengandung pewangi. Sebaliknya, pilih pelembap yang tidak rentan menimbulkan iritasi atau jerawat di area payudara.

2. Mencabut bulu di payudara

Mencabut bulu di payudara mungkin jadi cara yang paling mudah dilakukan untuk menghilangkannya. Anda mungkin bisa mencabut bulu di payudara setelah mandi air hangat.Pasalnya, air hangat dapat membantu membuka pori-pori sehingga memudahkan untuk mencabut bulu di payudara.Namun, perlu diingat bahwa mencabut bulu di payudara bisa menimbulkan rasa sakit. Terlebih, areola dan kulit di sekitar payudara merupakan area yang cukup sensitif.Itu artinya, ketika rambut-rambut halus pada area tersebut dicabut, maka kemungkinan besar akan menimbulkan rasa tidak nyaman.Cara menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara ini pun tidak permanen. Jadi, rambut halus juga bisa tumbuh lagi di kemudian hari.Selain itu, bahaya mencabut bulu di payudara, termasuk membuat kulit kemerahan dan meningkatkan risiko infeksi dan rambut tumbuh ke dalam (ingrown hair).

3. Mencukur

Mencukur bisa hilangkan tumbuh rambut di payudara
Mencukur bulu di payudara bisa dengan pisau cukur
Cara menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara bisa dengan mencukurnya. Anda bisa melakukannya saat mandi menggunakan pisau cukur yang tajam.Akan tetapi, sama seperti mencabut bulu di payudara, proses mencukur juga memiliki risiko yang cukup tinggi, seperti infeksi saat rambut kembali tumbuh, serta risiko rambut tumbuh ke dalam.Tak hanya itu, tindakan ini juga rentan menggores kulit di area payudara Anda.

4. Waxing

Waxing merupakan cara menghilangkan rambut pada area tubuh, seperti kaki dan ketiak. Anda dapat melakukannya sebagai pilihan alternatif untuk menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara.Meski begitu, Anda tidak disarankan untuk melakukan waxing sendiri di rumah. Cara yang paling aman adalah melakukannya di klinik kecantikan oleh terapis berpengalaman.Dengan demikian, Anda bisa meminimalisir kesalahan yang terjadi bila dilakukan sendirian. Walaupun aman dilakukan, waxing juga dapat menimbulkan risiko infeksi.Bulu di payudara juga tidak akan hilang secara permanen sehingga Anda perlu melakukan langkah ini secara rutin.

5. Tindakan laser

Tumbuh rambut di payudara bisa hilang dengan laser
Caption
Tindakan laser atau elektrolisis bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin benar-benar menghilangkan rambut di payudara sekaligus mencegah pertumbuhannya kembali dengan cepat.Meski perawatannya tidak murah, tetapi setidaknya tindakan ini tidak perlu dilakukan secara rutin seperti mencabut, memotong, atau mencukur bulu di payudara. Terlebih, langkah ini dilakukan oleh terapis atau dokter kecantikan berpengalaman.Namun, perlu diketahui jika perawatan laser tetap menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman selama prosesnya dilakukan.

6. Terapi hormon

Jika penyebab payudara berbulu yang Anda alami disebabkan oleh perubahan hormon, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui rekomendasi cara menyeimbangkan produksi hormon dalam tubuh.Biasanya, dokter mungkin akan meresepkan pil KB yang mengandung hormon estrogen dan progestin, atau terapi hormon lain sesuai dengan kebutuhan kondisi Anda.Sebaiknya, hindari cara menghilangkan bulu di payudara menggunakan krim pencabut bulu yang biasa digunakan untuk kaki dan ketiak.Pasalnya, kandungan krim tersebut cenderung terlalu keras dan rentan menimbulkan iritasi bila digunakan pada kulit area payudara.Payudara berbulu merupakan hal yang normal terjadi sehingga Anda tidak perlu khawatir akan keberadaannya.Meski begitu, bila kemunculan bulu di payudara diikuti dengan keluhan medis lain yang tidak biasa, alangkah baiknya konsultasikan dengan dokter.Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui penyebab medis di baliknya, serta penanganan yang tepat sesuai kondisi Anda.Jika Anda masih punya pertanyaan seputar di payudara tumbuh rambut, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasi sekarang melalui App Store dan Google Play.
kesehatan wanitarambut tumbuh kedalampcospayudara
Healthline. https://www.healthline.com/health/hairy-nipples#treatment
Diakses pada 30 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320835#seeing-a-doctor
Diakses pada 30 Juni 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/hair/trimming-pubic-hair
Diakses pada 30 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait