Tulang Pipi Menonjol Termasuk Normal atau Tidak? Ini Penjelasannya

(0)
25 Apr 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tulang pipi menonjol termasuk aman dan tidak berbahayaKondisi tulang pipi menonjol dapat disebabkan oleh beberapa faktor
Tulang pipi adalah salah satu bagian dari tulang tengkorak. Tulang yang juga dikenal sebagai tulang zygomatik atau tulang malar ini berbentuk seperti berlian. Letaknya berada di antara bagian bawah rongga mata dan rahang atas, serta melebar ke samping membentuk wajah.Tulang pipi terbentuk di dalam membran dan mengeras saat bayi lahir. Bentuk tulang pipi dapat berbeda-beda pada setiap orang. Ada orang yang memiliki tulang pipi menonjol, ada pula yang memiliki tulang pipi yang rata. Penyebab tulang pipi menonjol atau rata umumnya dipengaruhi oleh faktor keturunan, seperti etnis dan latar belakang genetik.

Perbedaan tulang pipi menonjol dan rata

Tulang pipi adalah salah satu tulang penyusun dan pemberi karakter pada wajah. Tulang ini terletak pada bagian kiri dan kanan wajah. Tulang pipi memiliki dua bagian, yaitu bagian tubuh dan bagian lengkung tulang malar.
  • Tubuh tulang pipi adalah area tulang pipi depan (frontal). Tulang pipi menonjol pada bagian depan dapat membuat ujung luar mata tampak lebih lebar dan menonjol dari biasanya.
  • Lengkung tulang malar adalah bagian belakang tulang pipi. Tulang pipi menonjol pada bagian lengkung dapat membuat wajah tampak lebar dari tampilan depan dan terlihat sangat bergelombang dari tampilan samping.
Sementara itu, ada dua jenis tampilan tulang pipi berdasarkan posisi tulang malar.

1. Tulang pipi menonjol

Jika tulang malar terletak lebih dekat pada rongga mata, kondisi ini dianggap sebagai jenis tampilan tulang pipi menonjol atau tinggi. Tulang pipi yang tinggi dapat menonjol pada bagian depan wajah atau ke samping wajah.

2. Tulang pipi rata

Jika tulang malar terletak lebih dekat pada bagian bawah hidung atau rahang atas, kondisi ini dianggap sebagai tampilan tulang pipi rendah atau rata.Jenis tulang pipi mungkin saja berubah seiring waktu pada masa pertumbuhan. Tulang pipi yang awalnya tidak terlihat menonjol saat anak-anak, bisa saja berubah menjadi terlihat semakin menonjol seiring bertambahnya usia.Namun, jika seseorang mengalami penambahan berat badan dan memiliki lebih banyak lemak di bagian wajah, biasanya tulang pipi menjadi terlihat lebih rata. Sebaliknya, saat orang mengalami penurunan berat badan atau lebih kurus, tulang pipinya dapat terlihat lebih menonjol dari biasanya.

Apakah tulang pipi menonjol normal?

Kondisi tulang pipi menonjol yang tidak disertai dengan keluhan atau gejala kesehatan lainnya yang mengganggu, dianggap normal dan sehat.Bahkan, pada beberapa budaya tertentu, tulang pipi menonjol atau terlihat tinggi dianggap sebagai bagian dari standar kecantikan. Tidak mengherankan jika banyak orang menggunakan peralatan kosmetik untuk membuat pipi terlihat menonjolAkan tetapi, tulang pipi menonjol juga dapat dipengaruhi oleh penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Berbagai kondisi ini umumnya berkaitan dengan kelainan tulang atau penyebab terjadi pembengkakan area wajah, misalnya cedera, infeksi, penyakit autoimun, tumor, hingga kanker.Kondisi tulang pipi menonjol yang disebabkan masalah kesehatan tertentu biasanya disertai dengan gejala-gejala lain yang bisa mengganggu Anda, seperti peradangan, pembengkakan, atau benjolan di tulang pipi yang terus membesar.

Ciri-ciri Anda memiliki tulang pipi menonjol

Tulang pipi menonjol dapat Anda ketahui dengan melakukan pemeriksaan mandiri, di antaranya:
  • Wajah terlihat datar dan lebar, khususnya bagian tengah wajah yang terlihat lebih besar
  • Wajah memberikan kesan yang keras atau kasar
  • Saat melihat lurus ke depan, tulang pipi yang menonjol membuat wajah terlihat tidak rata
  • Hanya tulang pipi yang dapat terlihat jika wajah diamati dari sisi 45 derajat
  • Bagian bawah tulang pipi terlihat cekung dan berbayang.
Tulang pipi terletak di bagian tengah wajah sehingga memiliki peran penting dalam membentuk wajah seseorang secara keseluruhan. Tulang pipi yang menonjol secara berlebihan dapat membuat wajah terlihat lebih lebar dari ukuran semestinya.Selain itu, tulang pipi menonjol dapat membuat tampilan wajah lebih tajam dan tegas. Pada sebagian orang, kondisi ini dapat membuatnya tampak lebih galak.Karena kesan ini, tidak sedikit pemilik tulang pipi menonjol yang merasa tidak puas dengan bentuk tulang pipi yang dimilkinya. Kondisi ini bahkan dapat berpengaruh pada kepercayaan diri mereka.

Mengubah bentuk tulang pipi menonjol

Filler pipi
Filler pipi dapat jadi cara instan untuk membuat tulang pipi tidak menonjol
Ada beberapa metode yang bisa Anda pilih untuk mengubah bentuk tulang pipi menonjol berdasarkan alasan estetika atau kepuasan diri. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan trik make-up untuk menyamarkan bentuk tulang pipi menonjol secara sementara.Beberapa prosedur kosmetik, seperti implan atau filler, juga dapat membantu mengubah bentuk wajah sehingga membuat pipi tidak tampak terlalu menonjol. Namun, kedua prosedur ini jelas lebih berisiko ketimbang hanya menyamarkan dengan make-up.Selain itu, operasi pengecilan tulang pipi adalah pilihan satu-satunya jika Anda ingin mengecilkan tulang pipi menonjol secara permanen, dengan tujuan membuat wajah tampak lebih kecil, lonjong, dan terlihat lebih feminin. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter mengenai keamanan prosedur ini sebelum melakukannya.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
masalah tulangkesehatan tulang
Britannica. https://www.britannica.com/science/zygomatic-bone
Diakses 13 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/low-cheekbones-vs-high-cheekbones
Diakses 13 April 2021
Medisetter. https://medisetter.com/blog/en/3-techniques-cheekbone-reduction/
Diakses 13 April 2021
ID Hospital. https://eng.idhospital.com/media/idpinkboard/?uid=1102&mod=document/
Diakses 13 April 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/swollen-cheek
Diakses 13 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait