Pahami Anatomi Tulang Belakang Beserta Fungsinya Bagi Tubuh


Tahukah Anda bahwa tulang belakang adalah salah satu bagian terpenting dalam tubuh? Fungsinya tidak hanya untuk membantu bergerak, tapi juga melindungi sumsum tulang.

0,0
20 Oct 2021|Atifa Adlina
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
anatomi tulang belakangPeran tulang belakang bagi kehidupan manusia
Tulang belakang adalah salah satu bagian penting dalam anatomi tubuh manusia. Secara umum, tulang belakang berperan besar untuk menopang tubuh dan membantu Anda berjalan. Apa saja struktur, fungsi, hingga kelainan pada tulang belakang? Berikut penjelasannya.

Anatomi tulang belakang manusia

Tulang belakang atau tulang punggung adalah struktur pendukung utama pada tubuh Anda.Menurut bentuknya, ruas tulang belakang termasuk tulang pendek yang menghubungkan berbagai bagian sistem muskuloskeletal (gerak).Berikut adalah anatomi atau struktur dari tulang belakang yang terdiri dari tumpukan 33 tulang kecil, yaitu:

1. Cakram tulang kecil

Pada tulang punggung, cakram tulang kecil atau diskus intervertebralis menumpuk dan membentuk kanal.Kanal tulang belakang adalah terowongan yang menampung dan melindungi sumsum tulang belakang serta saraf dari cedera.Tulang kecil ini pula yang membuat Anda dapat melakukan berbagai gerakan. Namun, tulang kecil paling bawah (sakrum dan tulang ekor) menyatu dan tidak bergerak.

2. Tulang belakang leher (serviks)

Tulang belakang leher (serviks atau servikal) adalah bagian atas pada  tulang belakang yang memiliki tujuh ruas, yaitu C1 – C7. Pada gambar, tulang servikal ditandai dengan warna merah.Fungsi dari tulang leher adalah untuk memutar, memiringkan, hingga menganggukkan kepala.Tulang belakang leher membentuk huruf C ke bagian dalam sehingga juga disebut sebagai kurva lordotik.

3. Tulang punggung tengah (torakal)

Dada atau bagian toraks dari tulang punggung memiliki 12 tulang kecil, yaitu T1–T12. Tulang rusuk Anda ternyata menempel pada tulang punggung tengah.Bagian ini sedikit menekuk sehingga membentuk huruf C ke belakang yang disebut kurva kyphotic. Pada gambar, tulang punggung tengah atau torasik ditandai dengan warna ungu.Fungsi utama tulang belakang dada adalah untuk menahan tulang rusuk dan melindungi jantung dan paru-paru.

4. Tulang punggung bawah (lumbar)

Ada lima tulang kecil yang membentuk tulang belakang bawah, yaitu L1–L5. Tulang belakang lumbar menopang bagian atas serta terhubung ke area panggul. Tulang lumbar ditandai dengan warna kuning pada gambar.Bagian lumbar menumpu sebagian besar berat badan Anda. Tulang-tulang ini membantu memberikan mobilitas dan stabilitas pada punggung dan tulang belakang, serta menjadi titik perlekatan bagi banyak otot dan ligamen.Sebagian besar sakit punggung terjadi pada tulang belakang lumbar.

5. Sakrum

Ini adalah anatomi tulang belakang yang berbentuk segitiga dan terhubung ke area pinggul. Ada lima tulang pendek pada sakrum, yaitu S1–S5. Letak tulang sakrum ditandai dengan warna ungu pada gambar.Perkembangannya dimulai saat janin masuk di dalam rahim. Tulang sakrum dan pinggul membentuk cincin yang disebut  panggul.

6 Tulang ekor

Tulang ekor terdiri dari empat tulang kecil yang membentuk potongan kecil tulang pada bagian bawah tulang belakang. Otot dan ligamen dasar panggul pun menempel pada tulang ekor. Letak tulang ekor ditandai dengan warna ungu pada gambar.Lalu, ada pula jaringan yang membentuk tulang belakang atau punggung ini, yaitu:
  • Facet joints (sendi), sendi untuk fleksibilitas dan stabilitas.
  • Intervertebral disc, bantalan bundar sebagai peredam guncangan tulang belakang.
  • Sumsum tulang belakang dan saraf, pembawa pesan antara otak dan otot.
  • Jaringan lunak, terdiri dari ligamen, otot, dan juga tendon.

Fungsi tulang punggung manusia

Ternyata, bentuk tulang belakang yang sehat adalah seperti huruf S dan memiliki tiga lekukan alami. Kurva ini dapat melindungi tubuh Anda dari cedera.Mengutip dari Cleveland Clinic, fungsi utama tulang belakang adalah untuk membantu Anda duduk, berdiri, berjalan, memutar, hingga membungkuk.Ada berbagai macam fungsi dari tulang belakang yang menjadi bagian dari tubuh, di antaranya adalah:

1. Melindungi saraf

Salah satu fungsi tulang punggung adalah melindungi akar saraf bagian lumbar. Ini adalah saraf yang berjalan dari sumsum tulang belakang, bokong, hingga kaki.Kemungkinan ada sebanyak 31 pasang saraf bercabang pada ruas tulang belakang. Saraf ini berfungsi untuk membawa pesan antara otak dan otot.

2. Menggerakkan tubuh

Fungsi lainnya dari tulang belakang adalah membantu menggerakkan area tubuh serta menjaga postur badan berdiri tegak.Beberapa gerakan tersebut, seperti membungkuk, memutar tubuh, menekuk tubuh ke samping, dan lain-lainnya.Gerakan ini dilakukan oleh otot yang menempel di punggung bawah. Tak hanya itu saja, variasi gerakan juga tergantung pada kekuatan dan fleksibilitas.

Gangguan pada tulang belakang

Tulang belakang adalah salah satu bagian tubuh yang rentan bermasalah. Masalah pada tulang belakang dapat menyebabkan gangguan seperti sakit punggung, atau berupa kelainan bentuk tulang belakang.Gangguan pada tulang belakang umumnya terjadi karena ruas di antara tulang belakang dan bantalan sekitarnya menjadi aus seiring bertambahnya usia.Berikut adalah penyebab sakit tulang belakang serta gangguan lainnya yang bisa terjadi, yaitu:Untuk menghindari terjadinya gangguan atau sakit tulang belakang, Anda perlu melatih otot punggung dengan rutin beraktivitas fisik dan olahraga minimal dua kali seminggu. Tidak lupa juga untuk senantiasa melindungi tulang belakang atau punggung dari risiko cedera.Apabila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai anatomi serta masalah pada tulang belakang, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.
saraf tulang belakangsumsum tulang belakangkesehatan tulanghidup sehatanatomi manusia
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/10040-spine-structure-and-function. Diakses pada 30 September 2021Ortho Info. https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/spine-basics/. Diakses pada 30 September 2021Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/lumbar-spine-anatomy-296484. Diakses pada 30 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait