Mengenal Tulang Baji dalam Anatomi Tubuh Manusia


Tulang baji berada di bawah tulang dahi yang datar, dan memiliki bentuk yang tidak beraturan. Tulang ini antara lain berfungsi untuk membentuk wajah dan melindungi struktur otak serta saraf.

(0)
04 Feb 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tulang baji merupakan bagian dari kepalaTulang baji berada di bawah tulang dahi
Tahukah Anda bahwa tengkorak terdiri atas 8 tulang? Nah, salah satu bagian dari tulang tengkorak ini adalah tulang baji alias tulang sphenoid (os. Sphenoidale).Tulang baji adalah tulang yang bentuknya tidak beraturan dan berada di bawah tulang frontal (tulang dahi yang datar). Tulang sphenoid ini memengaruhi lebar tulang tengkorak Anda dan membentuk sebagian besar dasar tengkorak itu sendiri.Tulang baji dan 7 tulang tengkorak lainnya disatukan oleh persendian khas yang disebut sutur. Pada bayi dan anak-anak, sutur bersifat fleksibel, sehingga mampu agar memberi ruang bagi otak untuk berkembang serta akan mengeras ketika ia beranjak dewasa.

Tulang baji dan anatominya

Badan tulang baji terhubung dengan tulang tengkorak lainnya
Tulang sphenoid disebut juga sebagai tulang kupu-kupu karena memang bentuknya seperti hewan serangga yang satu itu. Dilihat dari anatominya, tulang baji pun terdiri atas badan, sepasang sayap besar, sepasang sayap kecil, dan dua buah proses pterigoid.

1. Badan tulang baji

Bagian badan tulang baji terletak di tengah-tengah dan hampir seluruhnya berbentuk kubus. Bagian ini berisi sinus sphenoidal yang dan dipisahkan oleh septum yang menandakan bahwa badan sphenoid pada dasarnya berongga.Badan ini juga terhubung dengan tulang ethmoid (tulang tengkorak lainnya) dan di bagian inilah sinus terbuka ke dalam rongga hidung. Permukaan superior badan sphenoid berisi beberapa bagian tulang yang penting, seperti:Sella turcica: cekungan yang berbentuk seperti pelana dan memiliki tiga bagian, yakni tuberculum sellae (membentuk dinding anterior dan aspek posterior alur kiasmatik), fosa hipofisis (bagian terdalam tempat kelenjar pituitari), dan orsum sellae (membentuk dinding posterior).
Alur kiasmatik: sulkus yang dibentuk oleh kiasma optikus (tempat sebagian saraf optik bersilangan).

2. Sayap besar (mayor)

Sayap besar memanjang dari badan sphenoid ke arah lateral, superior, dan posterior. Bagian tulang baji ini berperan dalam pembentukan tiga bagian kerangka wajah, yaitu:
  • Lantai fossa kranial tengah
  • Dinding lateral tengkorak
  • Dinding posterolateral orbit
Ada tiga foramen di sayap besar, yakni foramen rotundum, foramen ovale, dan foramen spinosum. Mereka masing-masing terhubung dengan saraf rahang atas, saraf mandibula, dan pembuluh meningeal tengah.

3. Sayap kecil (minor)

Sayap yang lebih kecil terletak di anterior tubuh tulang baji dan membentang hingga bagian superolateral. Bagian tulang baji ini memisahkan fossa kranial anterior dari fossa kranial tengah, serta membentuk batas lateral kanal optik (tempat saraf optik dan arteri ophthalmic memanjang hingga bagian mata).Jika dilihat lebih dekat, sayap besar dan sayap kecil dipisahkan oleh ‘irisan’ yang disebut celah orbital superior. Di celah ini hingga orbit bertulang, terdapat banyak saraf dan pembuluh darah yang terhubung dengan otak maupun mata.

4. Proses pterigoid

Proses pterigoid memanjang dari titik persimpangan antara badan tulang baji dengan sayap besar. Bagian ini terdiri atas dua bagian, yakni pelat pterigoid medial (berperan dalam pembukaan posterior rongga hidung) dan pelat pterigoid lateral (tempat asal otot pterigoid medial dan lateral).

Apa fungsi tulang baji?

Tulang baji berperan dalam membentuk wajah
Tulang baji bukan hanya bertindak sebagai pelengkap, apalagi sekedar aksesoris pada tulang wajah. Secara garis besar, fungsi tulang baji adalah:
  • Membentuk wajah

    Tulang baji berkoordinasi dengan dasar orbital untuk membantu membentuk dasar dan sisi tengkorak. Tulang sphenoid juga merupakan komponen kerangka wajah yang sangat penting dalam menentukan lekukan-lekukan khas pada wajah Anda yang khas.
  • Melindungi struktur otak dan saraf

    Posisi tulang baji yang sentral di bagian depan membuatnya memainkan peran penting untuk melindungi struktur otak dan saraf. Sementara itu, bagian belakangnya juga merupakan tempat melekatnya otot yang penting saat Anda mengunyah dan berbicara.
  • Tempat berkumpulnya saraf dan pembuluh darah

    Fungsi ini terutama terdapat pada celah orbital superior yang memisahkan sayap besar dan sayap kecil tulang baji.
  • Membuat tengkorak lebih ringan

    Rongga pada badan tulang baji membentuk sinus sphenoid yang menghubungkan ke rongga hidung. Hal ini memungkinkan tengkorak menjadi lebih ringan sekaligus meningkatkan resonansi.

Masalah yang berhubungan dengan tulang baji

Beberapa kondisi kesehatan yang berhubungan dengan tulang baji antara lain:
  • Sinusitis sphenoid

    Sinus sphenoid juga bisa mengalami infeksi yang ditandai dengan demam, tubuh terasa lemas, dan post-nasal drip, serta bisa berisiko menimbulkan komplikasi seperti meningitis, abses otak, hingga merusak kerusakan sistem saraf kranial.
  • Retak

    Retaknya tulang baji biasanya diakibatkan oleh benturan dan ditandai dengan berkurangnya kemampuan melihat serta kelumpuhan sistem saraf kranial.
  • Displasia sayap

    Pergeseran posisi sayap tulang baji bisa mengakibatkan perubahan signifikan pada tulang tengkorak hingga (yang paling parah) kebutaan.
Jika Anda merasakan ketidaknyamanan di sekitar tulang baji, periksakan diri ke dokter.
masalah tulangsinusitisanatomi manusia
Healthline. https://www.healthline.com/health/cranial-bones
Diakses pada 24 Januari 2020
Teach Me Anatomy. https://teachmeanatomy.info/head/osteology/sphenoid-bone/
Diakses pada 24 Januari 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/sphenoid-bone-anatomy-5071697
Diakses pada 24 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK544308/
Diakses pada 24 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait