Tujuan Pengenalan Air Dalam Olahraga Renang Adalah Adaptasi, Ini Caranya


Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang antara lain untuk membantu tubuh beradaptasi dan menumbuhkan keberanian. Salah satu program pengenalan air yaitu belajar mengapung, serta mengepakkan kaki dan tangan.

(0)
25 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah membantu tubuh beradaptasiAdaptasi adalah salah satu tujuan pengenalan air dalam olahraga renang
Jika takut berenang, mungkin itu salah satu pertanda Anda wajib melakukan pengenalan air terlebih dahulu. Salah satu tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah membuat tubuh erbiasa dengan atmosfer di kolam renang sehingga Anda merasa aman dan nyaman selama melakukan olahraga yang satu ini.Dalam pengenalan air, Anda akan mempelajari sejumlah pengetahuan dasar yang dikenal dalam olahraga renang. Pengenalan ini memang ditujukan bagi Anda yang baru belajar renang, termasuk pada anak-anak, pengawasan di bawah instruktur renang.Beda kolam renang, mungkin beda pula program yang dilakukan dalam pengenalan air ini. Meskipun demikian, tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah universal, yakni memastikan keselamatan selama berada di kolam renang.

Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah ini

Pengenalan air bukanlah mengajarkan Anda teknik-teknik atau gaya tertentu, melainkan langkah-langkah yang harus diketahui sebelum. Lengkapnya, tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah untuk:
  • Mengenalkan gerak dasar, sikap, dan keamanan air sebagai bagian dari mempersiapkan diri mempelajari teknik gerak renang
  • Mengenalkan fondasi gerak untuk belajar renang, yang terdiri atas cara masuk ke air, daya apung tubuh di air, gerakan tungkai, keseimbangan tubuh di air, gerak lengan, dan kontrol napas
  • Memupuk keberanian terhadap air kolam renang
  • Memastikan telah mengetahui dan mematuhi peraturan selama berada di kolam renang
  • Memberi pemahaman dasar lewat gerakan atau permainan yang dibuat sesuai program masing-masing fasilitas kolam renang

Contoh program pengenalan air dalam olahraga renang

Mengepakkan kaki termasuk bagian pengenalan air
Program dan praktik pengenalan air pada tiap fasilitas kolam renang mungkin berbeda-beda. Namun, biasanya aktivitas pengenalan air tersebut meliputi kegiatan-kegiatan berikut ini:
  • Masuk ke kolam renang

    Anda akan diminta masuk ke kolam renang dengan cara berbeda sesuai usia atau skill dasar yang telah dikuasai, misalnya lewat tangga kolam atau menceburkan diri lewat tepian kolam.
  • Menjaga keseimbangan

    Skill ini akan meningkatkan penguasaan tubuh saat berada di dalam air.
  • Melatih teknik pernapasan

    Anda akan mempelajari teknik mengambil napas, mulai dari di atas permukaan air hingga saat harus menyelam.
  • Mengepakkan kaki dan tangan 

    Gerakan tangan dan kaki merupakan fondasi yang harus Anda kuasai sebelum mempelajari setiap gaya renang.
  • Tetap mengapung

    Anda akan mempelajari cara untuk mengapung dengan punggung di atas atau di bawah.
  • Menyelam

    Pengenalan air ini dilakukan secara bertahap ketika instruktur sudah menilai Anda siap untuk melakukannya.
  • Tetap tenang saat berada di bawah air

    Instruktur akan mengajarkan cara bernapas yang tepat sehingga Anda tidak lekas panik saat tubuh sepenuhnya berada di dalam air.
  • Mencoba gerakan dan gaya renang

    Dalam pengenalan air, Anda juga akan mempelajari renang gaya bebas dengan mengandalkan kepakan kaki dan tangan yang lebih terkoordinasi.
  • Menjaga keselamatan selama berada di kolam renang

    Terakhir, tapi tak kalah penting, Anda juga akan diingatkan untuk tidak berenang sendirian, minta bantuan saat kesulitan berenang, dan selalu mematuhi tata tertib selama berenang di tempat umum.
Saat sudah lebih mahir, Anda juga akan mempelajari teknik bertahan hidup di atas air, termasuk menggunakan benda-benda yang dapat mengapung. Hal ini sangat dibutuhkan dalam kondisi darurat, misalnya ketika mengalami insiden di perairan terbuka seperti laut atau tengah danau.

Manfaat berenang untuk kesehatan

Berenang mampu menyehatkan paru-paru
Pada akhirnya, tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah memastikan Anda mendapatkan manfaat dari olahraga akuatik ini. Manfaat yang dimaksud adalah:
  1. Menyehatkan jantung dan paru-paru

    Berenang akan meningkatkan kapasitas oksigen di dalam tubuh hingga 10% dan melancarkan peredaran darah hingga 18% jika dilakukan rutin selama 12 minggu.
  2. Membentuk massa otot

    Orang yang rutin berenang selama 8 minggu beruntun terbukti memiliki otot trisep (lengan bagian belakang) yang lebih baik.
  3. Menjaga stamina

    Berenang merupakan salah satu olahraga low-impact, tapi bisa membuat tubuh tetap bugar dan tidak rawan mengalami cedera. Bahkan, berenang sangat dianjurkan untuk dilakukan ketika cedera karena tetap akan menjaga stamina, tanpa memperparah rasa sakit yang Anda rasakan.
  4. Membakar kalori

    Berenang bisa membakar kalori tubuh sebanyak 500-650 kalori per jam, tergantung dari intensitas latihan dan bobot tubuh sendiri.
Jadi, kapan Anda akan mulai belajar berenang?
olahragatips olahragaberenang
Universitas Negeri Yogyakarta. https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/download/2626/2181
Diakses pada 11 Janruari 2020
Joy of Water. https://www.joyofwater.com.au/pages/introduction-to-water
Diakses pada 11 Janruari 2020
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/swimming/article.htm
Diakses pada 11 Janruari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait