Tubuh Terasa Lesu dan Tak Bertenaga? Coba Konsumsi Sederet Makanan Penambah Energi Ini


Makanan penambah energi dapat membuat Anda semakin bertenaga. Makanan yang bisa jadi sumber energi, antara lain ubi, telur, daging ayam, oatmeal hingga bayam.

(0)
Makanan yang bisa jadi sumber energi, antara lain ikan, telur, ayam, buah-buahan, dan sayur-sayuran
Saat kekurangan asupan energi, tubuh akan terasa lemas dan tak bertenaga. Untuk mengatasi masalah ini, sebagian orang kerap kali mengonsumsi minuman berenergi supaya mendapatkan asupan energi secara instan.Dibandingkan minuman berenergi yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang, masih banyak cara sehat untuk memasok energi dalam tubuh. Salah satu cara membuat tubuh kembali bertenaga adalah dengan mengonsumsi makanan penambah energi.

Apa saja makanan penambah energi?

Banyak makanan penambah energi yang dapat Anda konsumsi untuk membuat tubuh menjadi kembali bertenaga. Kemampuan tersebut tidak lepas dari kandungan-kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.Berikut ini sejumlah makanan penambah energi yang dapat membantu mengembalikan tenaga Anda:

1. Pisang

Buah pisang merupakan sumber karbohidrat kompleks yang dapat memberikan pasokan energi untuk Anda. Selain itu, pisang juga mengandung beragam nutrisi lain yang baik untuk tubuh, di antaranya kalium dan vitamin B6.

2. Ikan berlemak

Menurut penelitian, asam lemak omega-3 dalam ikan seperti salmon dan tuna dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan sendiri merupakan salah satu penyebab kelelahan. Selain asam lemak omega-3, Anda juga bisa menemukan vitamin B12 di dalam ikan berlemak. Vitamin B12 mendukung proses produksi sel darah merah dan mengoptimalkan kinerja zat besi. Saat zat besi bekerja dengan optimal dan jumlah sel darah merah dalam tubuh normal, kedua elemen tersebut akan bekerja sama untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi.

3. Ubi

Ubi adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik. Selain itu, ubi juga mempunyai beragam nutrisi lain, seperti zat besi, magnesium, serta vitamin C. Vitamin C sendiri dibutuhkan tubuh dalam proses pengangkutan lemak ke dalam sel-sel tubuh untuk diubah menjadi energi.

4. Telur

Kaya akan kandungan protein, telur bisa menjadi sumber energi dalam jangka waktu cukup lama. Asam amino leusin dalam telur diketahui juga dapat merangsang produksi energi dan meningkatkan pemecahan lemak untuk diubah menjadi sumber tenaga.

5. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan penambah energi
Oatmeal merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh
Termasuk dalam karbohidrat kompleks, oatmeal merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh Anda. Selain itu, oatmeal juga kaya akan kandungan vitamin B yang dibutuhkan tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi.

6. Bayam

Bayam merupakan sayuran dengan kandungan zat besi, magnesium, dan kalium yang tinggi. Zat besi dibutuhkan tubuh untuk mengangkut oksigen dan mendukung proses produksi energi. Begitu pula dengan magnesium, mineral ini memainkan peran penting dalam proses produksi energi.

7. Daging ayam

Daging ayam adalah sumber protein yang baik bagi tubuh. Tubuh sendiri membutuhkan waktu lebih lama untuk membakar protein. Maka dari itu, mengonsumsi protein dalam jumlah banyak akan membuat Anda kenyang dan bertenaga dalam waktu yang lebih lama.

8. Hati sapi

Sama seperti daging ayam, hati sapi merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh karena kaya akan kandungan protein. Selain itu, hati sapi juga mengandung vitamin B12 yang dapat membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi.

9. Tiram

Tiram adalah sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, makanan laut ini juga memiliki kandungan zinc yang dapat membantu tubuh melawan kuman penyebab rasa lelah. Anda bisa mengonsumsi tiram mentah yang ditambahkan perasan jeruk lemon, atau memanggangnya di dalam oven.

Makanan dan minuman dapat membuat tubuh jadi tak bertenaga

Jika Anda selama ini mempunyai pikiran bahwa konsumsi makanan dan minuman apa pun bisa menambah energi, hal tersebut salah. Beberapa makanan dan minuman ternyata malah dapat menguras energi dan membuat tubuh menjadi tak bertenaga.Sejumah makanan dan minuman yang malah dapat mengurangi jumlah energi dalam tubuh, di antaranya:
  • Gorengan dan makanan cepat saji

Makanan cepat saji dan gorengan dapat mengurangi jumlah energi dalam tubuh Anda. Selain itu, kedua makanan ini juga rendah serat dan kaya akan kandungan lemak tidak sehat yang bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan serta memperlambat pencernaan.Terganggunya proses pencernaan turut menghambat penyerapan nutrisi yang hendak diubah menjadi energi oleh tubuh.
  • Alkohol

Meski dapat memberikan efek relaksasi, konsumsi alkohol ternyata bisa mengurangi kualitas dan durasi tidur. Kondisi tersebut kemudian menyebabkan tidur menjadi terasa tidak nyenyak. Minum alkohol secara berlebihan dapat menguras energi dan membuat Anda bangun dengan rasa lelah.
  • Kopi

Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan kafein dalam tubuh Anda. Hal tersebut bisa berdampak negatif pada kualitas tidur. Saat kualitas tidur Anda buruk, kondisi tersebut dapat mengurangi tingkat energi dalam jangka panjang. Melihat dampak buruk yang bisa ditimbulkan, batasi konsumsi kopi maksimal 4 cangkir dalam sehari.
  • Produk makanan dengan gula tambahan

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang banyak menggunakan gula tambahan dapat menurunkan tingkat energi Anda. Selain itu, makanan dengan banyak gula tambahan bisa memberi dampak buruk bagi tubuh dan meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan.

Catatan dari SehatQ

Ketika tubuh kekurangan tenaga, Anda bisa mendapatkannya kembali dengan mengonsumsi makanan penambah energi. Beberapa makanan yang bisa jadi sumber energi, antara lain ubi, telur, daging ayam, oatmeal hingga bayam.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai makanan penambah energi dan contohnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
minuman proteinmakanan sehatkarbohidratpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-drain-energy
Diakses pada 23 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/energy-boosting-foods
Diakses pada 23 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-food-energy-boost
Diakses pada 23 Desember 2020
My Food Data. https://www.myfooddata.com/articles/foods-high-in-energy.php
Diakses pada 23 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait