Tubuh Terasa Lemas? Coba Minuman Penghilang Ngantuk agar Kembali Berenergi


Saat kantuk menyerang, Anda bisa mengonsumsi minuman penghilang ngantuk seperti kopi. Bila Anda tak tahan dengan kafein, Anda bisa memilih air putih atau jus sayur.

0,0
Air putih merupakan minuman penghilang ngantuk yang menyehatkan tubuhAir putih dapat memberi tambahan energi sekaligus memastikan sel tubuh bekerja dengan optimal
Mengantuk adalah kondisi yang umum terjadi dan bisa dialami siapa saja. Berbagai macam faktor dapat memicu munculnya rasa kantuk, salah satunya kondisi tubuh yang kekurangan asupan energi. Banyak cara dapat dilakukan untuk mengatasi rasa kantuk akibat tubuh kekurangan asupan energi. Dari beragam pilihan, salah satu cara yang cukup ampuh yaitu dengan mengonsumsi minuman penghilang ngantuk.

Apa saja minuman penghilang ngantuk?

Berbagai macam minuman bisa membantu mengatasi kantuk yang Anda rasakan. Minuman-minuman ini menghilangkan rasa kantuk dengan memberikan suntikan energi yang membuat Anda menjadi lebih segar dan bersemangat Berikut ini sejumlah minuman penghilang ngantuk yang bisa diminum untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan berenergi:

1. Air putih

Air putih mempunyai beragam manfaat bagi tubuh. Selain memberi tambahan energi, minuman ini perlu dikonsumsi supaya sel-sel yang ada di dalam tubuh dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan optimal.Maka dari itu, pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan harian dengan minum minimal 2 liter air per hari. Ketika kekurangan cairan, tubuh akan terasa lemas dan memicu kemunculan rasa kantuk pada diri Anda.

2. Air kelapa

Minum air kelapa dapat membuat Anda menjadi lebih segar dan terhindar dari rasa kantuk. Selain itu, air kelapa juga punya beragam kandungan nutrisi, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, pastikan Anda mengonsumsi air kelapa segar yang tidak diberi pemanis tambahan.

3. Kopi

Kopi adalah minuman penghilang ngantuk yang dapat memberikan asupan energi tambahan pada tubuh Anda. Kafein yang terkandung dalam kopi diketahui bisa membuat orang menjadi lebih produktif.Selain itu, kopi juga mengandung antioksidan polifenol yang bisa membantu mengurangi stres oksidatif dalam sel. Meski begitu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi kopi berlebihan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan, terutama yang sensitif terhadap kafein.

4. Teh hijau

Sama seperti halnya  kopi, teh hijau juga mempunyai kandungan kafein di dalamnya. Meskipun jumlahnya tidak sebanyak yang ada di dalam kopi, kafein dapat membuat Anda menjadi lebih bersemangat dan energik dalam melakukan aktivitas.Selain itu, kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat membantu mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif sendiri biasanya muncul ketika tubuh Anda terpapar radikal bebas, yang dapat memicu kemunculan penyakit kronis seperti sakit jantung, kanker, dan stroke.

5. Yerba mate

Yerba mate merupakan salah satu minuman penghilang ngantuk
Yerba mate dapat membantu mempertahankan tingkat energi dalam tubuh
Yerba mate merupakan minuman yang dapat memberi efek stimulasi pada tubuh. Sejumlah orang mengatakan, minum yerba mate dapat memberikan suntikan energi yang tidak sekuat saat mengonsumsi kopi.Menurut penelitian, yerba mate dapat membantu mempertahankan tingkat energi dalam tubuh sehingga Anda terhindar dari rasa kantuk. Selain itu, minuman yang cocok untuk diet ini juga dapat meningkatkan suasana hati.

6. Jus sayuran

Apabila sensitif terhadap kafein, Anda bisa mengganti kopi dengan jus sayuran hijau. Jus yang terbuat dari sayuran hijau seperti kangkung dan bayam dapat membantu meningkatkan energi sehingga Anda terhindar dari rasa kantuk.Selain itu, sayuran hijau juga tinggi akan kandungan zat besi. Zat besi merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membantu mengantarkan oksigen ke sel-sel, serta melawan rasa lelah.

7. Jus goji berry

Minum jus goji berry memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Goji berry merupakan buah kaya nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, serta memiliki 8 kandungan asam amino esensial yang baik untuk tubuh.Menurut studi tertentu, minum jus goji berry dapat meningkatkan energi, membuat Anda lebih fokus, membantu meredakan  stres, dan mengurangi kelelahan.

8. Smoothie

Sarapan dengan smoothie membantu menghilangkan rasa kantuk di pagi hari. Agar mendapat efek yang lebih menyegarkan, Anda bisa memasukkan teh hijau ke dalam smoothie. Selain itu, buatlah smoothie dengan buah-buah yang dikemas dengan serat, vitamin, dan protein sehingga memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Cara sederhana untuk mencegah kantuk

Selain mengonsumsi minuman penghilang ngantuk, sejumlah cara bisa dilakukan supaya tidak merasa mengantuk saat beraktivitas. Beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kantuk, di antaranya:
  • Istirahat yang cukup

Tidur dengan waktu yang cukup dapat menghindarkan Anda dari rasa kantuk sepanjang hari. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 9 jam. Selain itu, pastikan bahwa Anda tidak tidur berlebihan karena malah dapat membuat tubuh jadi terasa lelah.
  • Jauhkan benda yang berpotensi mengganggu tidur

Main hp di kasur akan mengganggu kualitas tidur
Hindari bermain ponsel menjelang jam tidur karena dapat mengganggu kualitas tidur
Ketika di atas kasur, jauhkanlah benda-benda yang bisa membuat Anda begadang dan merusak kualitas tidur dari jangkauan. Beberapa benda yang harus sebaiknya dihindari saat hendak tidur, meliputi ponsel, laptop, dan buku.
  • Atur diri supaya selalu bangun pada jam yang sama

Agar terhindar dari rasa kantuk, usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Waktu tidur yang berantakan dapat meningkatkan risiko Anda mengalami insomnia (sulit tidur).
  • Rutin berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan stamina dan membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan olahraga di luar ruangan minimal selama 30 menit dalam sehari. Menurut ahli, paparan sinar matahari bisa membantu mengatur pola tidur Anda.

Catatan dari SehatQ

Mengantuk adalah kondisi yang bisa terjadi ketika tubuh kekurangan asupan energi. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda dapat mengonsumsi minuman penghilang ngantuk seperti kopi, teh hijau, air putih, hingga smoothie.Selain mengonsumsi minuman penghilang ngantuk, Anda dapat mencegah kantuk dengan istirahat yang cukup di malam hari dan menjauhkan benda yang berpotensi membuat Anda begadang dan merusak kualitas tidur dari kasur. Selain itu, atur diri supaya selalu tidur dan bangun pada jam yang sama, serta rutin melakukan olahraga.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai minuman penghilang ngantuk, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
waktu tidurmasalah tidurair putihmengantuk
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/what-do-drink-in-the-morning
Diakses pada 8 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323947
Diakses pada 8 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/daytime-sleepiness-tips
Diakses pada 8 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait