Ini Dia, Trik dan Cara Mudah Menjaga Berat Badan Usai Lebaran!

Mengatur pola makan adalah cara terbaik untuk menjaga berat badan yang ideal
Timbangan menunjukkan berat badan naik setelah lebaran banyak membuat orang takut

Dalam satu bulan periode berpuasa, secara tidak langsung umat Muslim mengadopsi pola makan yang lebih teratur. Selain itu, sistem pencernaan juga mendapat rehat dan tidak selalu bekerja keras sepanjang hari.

Jika dilakukan dengan tepat, puasa bisa menjaga berat badan dari kenaikan signifikan.

Namun lain halnya saat Lebaran. Deretan sajian menggiurkan – namun sayangnya belum tentu sehat – tersedia di meja. Berpadu dengan euforia dan selebrasi hari kemenangan, jadilah berat badan kerap tidak terkontrol.

[[artikel-terkait]]

Cara mengontrol diri sendiri

Tidak ada yang bisa mengendalikan nafsu makan dan asupan apa saja yang masuk ke tubuh selain diri sendiri. Hanya Anda yang bisa memilah dan memilih makanan yang masuk ke tubuh.

Itu sebabnya, menyiapkan menu Lebaran sehat dan tahu betul kalori hidangan Lebaran adalah langkah antisipasi yang tepat.

Lalu, apa trik lainnya untuk menjaga berat badan setelah Lebaran?

5 Trik menjaga berat badan setelah Lebaran

Ada begitu banyak manfaat berpuasa. Setelah menjalankannya satu bulan penuh, jangan serta-merta berhenti dan kembali ke pola makan tidak teratur.

Berikut ini beberapa trik menjaga berat badan setelah Lebaran:

1. Puasa sunnah

Setelah hari raya, umat Islam dianjurkan menjalankan puasa Syawal selama enam hari. Dengan melanjutkan berpuasa sunnah seusai Lebaran, secara tidak langsung Anda menjaga berat badan setelah Lebaran.

Belum lagi sederet manfaat yang bisa diambil dari berpuasa. Keuntungan seperti memori yang kian baik, tidur berkualitas, hingga konsentrasi bertambah hanyalah sedikit di antara banyak manfaat berpuasa.

Selain puasa Syawal, Anda juga bisa mencoba puasa Senin-Kamis. Ini juga menjadi momen yang baik bagi mereka yang sempat meninggalkan puasa Ramadan karena berbagai alasan.

2. Pola makan teratur

Kunci dari pencernaan yang bekerja dengan baik sekaligus menjaga berat badan adalah makan teratur. Susun pola makan 2-3 kali sehari dengan jam yang sama.

Batasi pula camilan yang Anda konsumsi di antara jeda waktu makan. Terkadang, yang membuat timbangan bergeser ke kanan justru kudapan tidak sehat yang bisa jadi kerap Anda konsumsi.

3. Konsumsi buah sebagai pengganti gula

Ingin makan yang manis-manis? Coba ganti menu yang mengandung gula tinggi dengan buah-buahan. Misalnya kurma. Tak hanya identik dengan bulan Ramadan saja, konsumsi kurma juga baik untuk kesehatan.

Buah-buahan lain seperti melon, pepaya, dan apel yang manis juga bisa memuaskan keinginan Anda untuk mengonsumsi yang manis-manis.

4. Berolahraga

Selama bulan puasa, olahraga yang dianjurkan adalah yang low intensity seperti yoga, pilates, atau jogging. Maka dari itu, salah satu cara menjaga berat badan usai Lebaran adalah dengan membiasakan tubuh berolahraga.

Jenis olahraganya bisa beragam sesuai dengan minat Anda. Lakukan dengan konsisten dalam durasi yang cukup. Tidak berlebihan, tidak pula terlalu sebentar.

Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, serotonin, dan dopamin yang membuat tubuh terasa bugar, kuat, dan mood pun kian baik.

5. Makan perlahan

Tubuh perlu waktu 10-20 menit untuk memberi sinyal pada otak akan rasa kenyang. Itu sebabnya, jangan terburu-buru menambah porsi makan ketika menu di piring telah ludes.

Justru sebaliknya, coba makan dengan perlahan. Lakukan dengan sepenuh hati sehingga Anda bisa mendengar sinyal tubuh dengan baik. Ingat, yang berlebihan tidaklah baik.

Masih banyak tips lain untuk menjaga berat badan usai Lebaran, yang bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Hal terpenting adalah mengingat bahwa menjaga berat badan bukan semata-mata untuk tampil langsing saja.

Lebih jauh lagi, menjaga berat badan adalah cara untuk mendapatkan tubuh bugar dan sehat. Ketika tubuh sehat, produktivitas hidup pun meningkat. Siapa yang tidak mau?

Productive Muslim. https://productivemuslim.com/10-tips-for-maintaining-your-health-after-ramadan/
Diakses 12 Mei 2019

Al Arabiya. https://truweight.in/blog/food-and-nutrition/celebrating-eid-or-ramadan-during-weight-loss-diet.html
Diakses 12 Mei 2019

Nutrition. https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/seasons/ramadan.html
Diakses 12 Mei 2019

Truweight. https://truweight.in/blog/food-and-nutrition/celebrating-eid-or-ramadan-during-weight-loss-diet.html
Diakses 12 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed