Berat Badan Naik Usai Lebaran? Ini Dia Cara Aman Menurunkannya


Makanan lezat yang berjejer pada saat hari raya bisa membuat seseorang kalap makan bahkan memengaruhi berat badannya. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga berat badan setelah Lebaran.

0,0
15 May 2021|Azelia Trifiana
Mengatur pola makan adalah cara terbaik untuk menjaga berat badan yang idealTimbangan menunjukkan berat badan naik setelah lebaran banyak membuat orang takut
Berbagai hidangan khas Lebaran yang tersaji bisa membuat Anda lupa diri hingga makan berlebihan. Ditambah lagi, periode libur dan suasana perayaan, bisa membuat Anda lengah sehingga angka timbangan bergerak ke kanan.Ya, kenaikan berat badan setelah lebaran menjadi salah satu hal yang kerap dikeluhkan. Namun, tak perlu khawatir. Dengan tips menjaga berat badan saat lebaran berikut ini, Anda akan tetap memiliki bobot tubuh ideal.

Cara menurunkan berat badan setelah Lebaran

Meski sebaiknya dihindari, nyatanya banyak orang yang kalap makan saat Lebaran begitu melihat hidangan yang lezat berjejer di meja makan. Alhasil, berat badan pun naik setelah lebaran.Berikut ini adalah beberapa tips menurunkan berat badan setelah Lebaran yang bisa Anda coba.

1. Puasa sunah

puasa sunah menjaga berat badan
Puasa sunah membantu menjaga berat badan setelah lebaran
Setelah hari raya, umat Islam dianjurkan menjalankan puasa Syawal selama enam hari. Dengan melanjutkan berpuasa sunnah seusai Lebaran, secara tidak langsung Anda kembali pola makan dan berat badan setelah Lebaran.Belum lagi sederet manfaat puasa yang bisa Anda rasakan, seperti berat badan terjaga, gula darah stabil, dan tekanan darah yang stabil.Selain puasa Syawal, Anda juga bisa mencoba puasa Senin Kamis. Ini juga menjadi momen yang baik bagi mereka yang sempat meninggalkan puasa Ramadan karena berbagai alasan.

2. Pola makan teratur

Salah satu tips menjaga berat badan setelah Lebaran adalah mempertahankan pola makan teratur. Dengan makan teratur, Anda juga bisa menjaga kesehatan pencernaan setelah Lebaran dan makan-makan lezat kemarin.Tetapkanlah jam makan yang sama setiap harinya. Anda bisa menyusun jadwal 2-3 kali makan besar, dengan 2 jadwal snack di sela-selanya.Akan tetapi, pastikan Anda membatasi jumlah camilan yang Anda makan. Gantilah kudapan Anda dengan buah agar lebih sehat, sekaligus menambah asupan serat.

3. Sarapan

Mungkin Anda berpikir bahwa melewatkan waktu sarapan adalah cara tercepat menurunkan berat badan setelah Lebaran. Sayangnya, hal ini tidaklah benar.Melewatkan waktu sarapan tidak membantu menurunkan berat badan. Malah, Anda dapat kehilangan nutrisi penting, yang membuat Anda berakhir dengan terus-terusan ingin ngemil seharian karena merasa kelaparan.

4. Perbanyak asupan serat

sayur dan buah untuk turunkan berat badan
Asupan serat membantu menjaga berat badan ideal setelah lebaran
Makanan mengandung serat hampir selalu dipilih sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena serat mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.Dengan demikian, keinginan untuk makan pun menjadi lebih terkendali. Anda bisa mendapatkan makanan yang mengandung serat dari sayur, buah, roti gandum, atau kacang-kacangan.

5. Makan buah-buahan

Ingin makan yang manis-manis? Coba ganti menu yang mengandung gula tinggi dengan buah-buahan, seperti kurma atau apel. Tak hanya identik dengan bulan Ramadan, konsumsi kurma juga baik untuk kesehatan.Makan buah-buahan juga membantu Anda mendapatkan asupan serat. Anda akan merasa kenyang lebih lama dan keinginan untuk ngemil berkurang. Dengan begitu, berat badan bisa terjaga.

6. Berolahraga

Meski libur Lebaran, bukan berarti olahraga juga libur. Berolahraga dapat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan setelah lebaran. Anda bisa mencoba olahraga dengan intensitas rendah, seperti yoga, pilates, atau jogging. Jika sudah biasa berolahraga, pilihlah jenis latihan dengan intensitas sedang atau berat. Sesuaikan dengan jenis yang Anda sukai agar menjalankannya terasa lebih ringan.Hal yang perlu diingat, pastikan Anda melakukannya dalam durasi yang cukup dan konsisten. Untuk menjaga berat badan ideal, lakukan olahraga minimal 150 menit dalam seminggu, atau setidaknya 30 menit sehari.Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, serotonin, dan dopamin yang membuat tubuh terasa bugar, kuat, dan mood pun kian baik.

7. Makan perlahan

Makan perlahan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang
Makan terlalu cepat membuat Anda kalap dan berujung kenaikan berat badan
Tubuh perlu waktu 10-20 menit untuk memberi sinyal pada otak akan rasa kenyang. Itu sebabnya, Anda dianjurkan untuk makan secara perlahan.Pasalnya, makan dengan cepat membuat tubuh tidak sempat mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda sudah kenyang. Akibatnya, Anda terus-terusan menambah porsi.Masih banyak tips lain untuk menjaga berat badan usai Lebaran, yang bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Hal terpenting adalah mengingat bahwa menjaga berat badan bukan semata-mata untuk tampil langsing saja.

8. Gunakan piring kecil

Untuk mendukung upaya makan secara perlahan, Anda juga bisa menyiasatinya dengan memakai piring atau mangkuk yang lebih kecil.Menggunakan piring kecil dapat membantu Anda makan dalam jumlah yang lebih sedikit. Dengan begitu, lama-kelamaan Anda akan terbiasa makan dengan porsi yang lebih sedikit tanpa merasa lapar. Hal tersebut dapat menjadi salah satu cara yang membantu menurunkan berat badan, terutama setelah makan banyak usai Lebaran.

9. Minum yang cukup

Sebagaimana disebutkan dalam situs kesehatan Britania Raya, NHS, seseorang kadang salah mengartikan sinyal haus sebagai lapar. Untuk itu, pastikan Anda mendapatkan asupan air yang cukup.Tak hanya berguna untuk menjaga berat badan setelah lebaran, minum cukup air bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Catatan dari SehatQ

Saat berpuasa sebulan penuh, secara tidak langsung Anda sebenarnya telah menerapkan pola makan yang teratur. Itu sebabnya, sebaiknya Anda menahan diri untuk tidak kalap makan saat hari raya tiba.Meski terdapat berbagai tips untuk menjaga berat badan setelah Lebaran, tentu akan lebih baik jika mencegahnya sebelum terlambat. Pasalnya, makan berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan, seperti obesitas.Untuk mencari berbagai cara menurunkan berat badan yang sehat dan aman, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter kami secara langsung melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download gratis di App Store dan Google Play.
tips puasaberat badan idealmenurunkan berat badanramadankelebihan berat badan
Productive Muslim. https://productivemuslim.com/10-tips-for-maintaining-your-health-after-ramadan/
Diakses 12 Mei 2019
Al Arabiya. https://truweight.in/blog/food-and-nutrition/celebrating-eid-or-ramadan-during-weight-loss-diet.html
Diakses 12 Mei 2019
Nutrition. https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/seasons/ramadan.html
Diakses 12 Mei 2019
Truweight. https://truweight.in/blog/food-and-nutrition/celebrating-eid-or-ramadan-during-weight-loss-diet.html
Diakses 12 Mei 2019
NHS. https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/12-tips-to-help-you-lose-weight/
Diakses 12 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait