Atasi susah tidur karena jet lang dengan membuat suasana kamar tidur setenang mungkin
Buat suasana kamar setenang mungkin untuk mengatasi susah tidur akibat jet lag.

Apakah anda kerap terbang jarak jauh untuk urusan pekerjaan? Jika ya, jet lag yang menyebabkan susah tidur tentu jadi hal yang tidak asing lagi bagi anda. Apabila ada jeda untuk beristirahat dan meredakan jet lag, tentu masalahnya tidak akan terlalu rumit.

Namun bagaimana jika anda dituntut untuk langsung bekerja produktif? Yakinkah jet lag tidak akan mengganggu konsentrasi dan kesehatan anda?

Sebelum mulai membahas cara mengatasi susah tidur akibat jet lag, mari kenali lebih jauh apa itu jet lag.

[[artikel-terkait]]

Melintasi zona waktu mengakibatkan jet lag

Pada dasarnya, jet lag bisa terjadi kapan pun saat anda bepergian melintasi dua atau lebih zona waktu. Semakin lama waktu terbang, semakin tinggi kemungkinan merasa ngantuk dan lesu.

Seakan belum cukup, perbedaan waktu yang jauh antara negara asal dan tujuan juga bisa membuat jet lag semakin terasa bagaikan beban.

Memang, jet lag adalah masalah tidur sementara, namun tidak demikian bagi mereka yang kerap bepergian jarak jauh.

Analoginya begini: seseorang harus terbang dari Jakarta ke London selama 16 jam untuk urusan pekerjaan. Di London, pekerjaannya harus selesai dalam waktu tujuh hari.

Namun waktu sepekan itu menjadi kurang efektif karena jet lag yang dialaminya baru mereda setelah empat hari!

Apa yang terjadi? Tubuh perlu waktu untuk beradaptasi pada tiap zona waktu yang dilintasi untuk bisa menyesuaikan dengan waktu lokal.

Mengapa jet lag dapat terjadi?

Ketika melintasi zona waktu secara signifikan, ritme sikardian tubuh terganggu. Ritme ini adalah jam biologis yang mengatur proses terjaga dan tertidurnya manusia.

Idealnya, hal-hal di sekitar seperti cahaya matahari, suara, rasa lapar, interaksi sosial, dan aktivitas lainnya menjadi sinyal alami dalam ritme sikardian untuk mengatur kapan saatnya tubuh tidur atau bangun.

Ketika harus terbang jarak jauh, jam biologis yang semula sinkron menjadi berantakan karena ada perbedaan waktu yang cukup jauh. Konsekuensinya, susah tidur menjadi salah satu musuh utama mereka yang mengalami jet lag.

Bagaimana mengatasi susah tidur akibat jet lag?

Mengatasi jet lag bisa diatasi lebih cepat apabila direncanakan beberapa hari sebelum jadwal peerbangan. Berikut ini, SehatQ telah merangkum beberapa trik untuk mengatasi jet lag dengan mudah:

1. Simulasi pola tidur

Sebelum terbang dari timur ke barat, coba tidur lebih larut dan bangun lebih lambat. Sebaliknya jika terbang dari barat ke timur, coba tidur dan bangun lebih awal.

Cara ini bisa diaplikasikan beberapa hari sebelum terbang. Sebisa mungkin tubuh dibuat terbiasa dengan waktu tidur di negara destinasi.

2. Masuk pesawat, atur waktu tujuan

Ketika masuk pesawat, siasati sisi psikologis diri anda dengan mengubah waktu di jam tangan sesuai dengan jam lokal negara tujuan. Selain itu, cara ini membantu anda menyusun rencana apa yang akan dilakukan ketika tiba. Sama seperti menjalani hari normal.

3. Perbanyak asupan cairan

Untuk menyiasati masalah jet lag dan susah tidur, coba perbanyak asupan cairan sebelum, saat, dan setelah penerbangan. Sebisa mungkin hindari alkohol dan kafein sebelum waktu tidur.

Setelah tiba di negara tujuan, perbanyak minum air putih dan makan menu yang tidak begitu asing bagi anda. Lakukan ini hingga jet lag lebih ringan dan susah tidur tak lagi terasa.

4. Olahraga ringan selama penerbangan

Terbang berjam-jam bisa jadi hal yang menjemukan. Untuk itu, lakukan beberapa olahraga ringan seperti memutar kepala, menggerakkan lengan ke atas, atau stretching kaki selama beberapa saat.

5. Jeli dengan asupan makanan

Sangat direkomendasikan untuk menghindari makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi jelang waktu istirahat di negara tujuan. Hal ini bisa membuat anda sulit tidur karena pencernaan masih sibuk bekerja.

6. Buat suasana tenang

Sebisa mungkin, buatlah suasana setenang mungkin di kamar tidur anda saat waktu tidur di negara tujuan. Hindari distraksi berlebihan. Cara ini bisa memberi sinyal bagi tubuh untuk beristirahat.

7. Hindari tiba malam hari

Hindari mendarat di malam hari. Tiba di negara tujuan disambut dengan sinar matahari membuat anda merasa nyaman dan lebih mudah beradaptasi untuk aktivitas selanjutnya.

Beberapa tips di atas efektif mengatasi jet lag dan masalah susah tidur. Jangan lupa hindari konsumsi obat tidur atau minuman berenergi.

Jika masalah tidur semakin parah dan tidak kunjung reda, memeriksakan diri ke dokter bisa jadi pilihan tepat.

WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/jet-lag-remedies#1
Diakses 14 Mei 2019

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12781-overcoming-jet-lag/management-and-treatment
Diakses 14 Mei 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/jet-lag/symptoms-causes/syc-20374027
Diakses 14 Mei 2019

Skyscanner. https://www.skyscanner.net/news/jetlag-15-tips-beating-timezone-tiredness
Diakses 14 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed