Ragam Manfaat Tretinoin, Bentuk Vitamin A untuk Atasi Jerawat dan Kerutan

(0)
16 Jul 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tretinoin adalah bentuk vitamin A yang bisa mengatasi jerawatJerawat dapat diatasi salah satunya dengan tretinoin dari dokter
Selain vitamin C dan E, vitamin A juga populer sebagai kandungan dalam produk perawatan kulit. Turunan vitamin A yang kita temukan dalam skin care pun beragam jenisnya. Salah satu yang mungkin amat populer adalah tretinoin, vitamin A yang hanya bisa didapatkan dari resep dokter. Apa manfaat tretinoin?

Apa itu tretinoin?

Tretinoin adalah bentuk sintetis vitamin A atau retinoid yang biasa diresepkan dokter untuk mengatasi masalah kulit. Sebagai obat resep, tretinoin memiliki kekuatan yang powerful untuk berbagai kondisi kulit, mulai dari jerawat, kerutan halus, hingga kerusakan kulit akibat sinar matahari.Memang terdengar mengerikan, namun tretinoin bekerja dengan ‘mengiritasi’ kulit. Artinya, bentuk vitamin A ini akan mempercepat siklus pergantian sel kulit mati untuk memberi jalan pada sel-sel kulit yang baru di wajah.Tretinoin umumnya dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit, terutama jerawat, baik dalam jangka pendek maupun untuk pemakaian jangka panjang. Namun, sayangnya, bentuk vitamin A ini tidak cocok untuk semua orang.

Manfaat tretinoin untuk wajah sehat

Tretinoin memiliki sejumlah manfaat untuk atasi masalah kulit. Manfaat tersebut, termasuk:

1. Merangsang pengelupasan sel kulit mati

Sebagai salah satu bentuk retinoid atau turunan vitamin A, tretinoin membantu merangsang pelepasan sel kulit mati dari wajah. ‘Pergantian’ sel kulit tersebut akan membersihkan dan membuka pori-pori dan mengeluarkan iritan atau bakteri yang ada di dalamnya.Tretinoin juga membantu merangsang pembentukan kolagen dan elastin. Hal ini akan mendorong wajah terlihat lebih lembut.

2. Mengatasi jerawat

Karena tretinoin menyingkirkan bakteri dan iritan, maka kandungan ini akan membantu mengatasi jerawat. Retinoid seperti tretinoin juga membantu mengatur produksi sebum di wajah sehingga breakout pun dapat dicegah.Selain itu, karena juga memiliki sifat anti peradangan, tretinoin membantu membersihkan jerawat pustula atau jerawat nanah yang sedang aktif.

3. Mengurangi penampakan kerutan

Retinoid secara umum memiliki popularitas sebagai kandungan anti penuaan dan tretinoin sebagai jenis retinoid pun mengantongi khasiat serupa. Krim tretinoin terbukti dapat mengurangi penampakan kerutan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Manfaatnya tersebut membuat tretinoin sering ditemukan dalam produk krim mata.

4. Memudarkan bekas jerawat

Karena tretinoin merangsang pertumbuhan sel kulit baru, maka bentuk vitamin A ini juga membantu memudarkan bekas jerawat. Tretinoin telah teruji efektif untuk memudarkan bekas jerawat, menurut sebuah studi dalam International Journal of Dermatology.

Tips dalam mengaplikasikan tretinoin

Sebelum menggunakan produk dokter yang mengandung tretinoin, pastikan Anda sudah membersihkan wajah dengan lembut. Keringkan wajah dengan hati-hati. Setelah 20-30 menit, Anda bisa mulai mencoba penggunaan tretinoin.Berikut ini tips aplikasi krim tretinoin yang perlu diperhatikan:
  • Oleskan produk tretinoin dari dokter sekali sehari, sebaiknya sebelum tidur. Diskusikan dengan dokter terkait frekuensi di awal-awal penggunaan.
  • Ambil produk tretinoin sedikit saja, tak perlu berlebihan. Ingat bahwa tretinoin merupakan kandungan vitamin A yang sangat powerful untuk memicu pengelupasan kulit.
  • Aplikasikan produk dengan lembut ke area yang diperlukan pada wajah.
  • Tretinoin harus terserap kulit wajah begitu Anda mengoleskannya. Jika tidak langsung memudar, Anda harus mengambil produk lebih sedikit di pemakaian berikutnya.
  • Penting untuk diingat bahwa penggunaan tretinoin berlebihan atau lebih sering tidak akan membuatnya bekerja lebih efektif. Malahan, kandungan ini bisa menyebabkan iritasi kulit yang lebih parah.

Efek samping tretinoin yang bisa terjadi

Tretinoin merupakan ‘obat keras’ yang hanya bisa didapatkan dari resep dokter. Risiko efek samping pun akan bisa terjadi setelah penggunaan kandungan ini.Pada minggu-minggu awal pemakaian tretinoin, Anda mungkin akan mengalami kemerahan, kekeringan, pengelupasan, dan rasa gatal pada kulit wajah. Efek samping ini biasanya bersifat ringan hingga sedang. Seiring berjalannya waktu, efek samping tersebut akan mulai hilang karena kulit sudah terbiasa.Apabila iritasi di wajah tak kunjung berkurang setelah beberapa minggu, atau Anda mengalami masalah berikut ini setelah penggunaan tretinoin, Anda harus segera menemui dokter dan menghentikan pemakaian obat:
  • Iritasi yang memburuk
  • Kulit melepuh
  • Pembengkakan pada kulit
  • Kemerahan berlebihan pada kulit
  • Perubahan sementara dalam pigmentasi kulit

Peringatan dalam penggunaan tretinoin

Menggunakan tretinoin harus dengan hati-hati. Hindari area mata, hidung, dan mulut Anda dari vitamin A ini. Anda juga harus mengurangi paparan benda berikut saat menggunakan tretinoin:
  • Cahaya matahari dan cahaya lampu
  • Angin dan hawa dingin yang ekstrem
  • Produk pembersih dan rambut dengan bahan yang keras
  • Produk make-up yang bisa memicu kekeringan pada kulit
Anda juga harus menghindari kontak kulit dengan kandungan dan benda berikut ini:
  • Alkohol
  • Rempah-rempah
  • Astringent
  • Lemon dan jeruk nipis

Catatan dari SehatQ

Tretinoin adalah bentuk sintetis vitamin A yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit. Karena tergolong sebagai kandungan yang keras, tretinoin hanya bisa didapatkan dari resep dokter. Penggunaan tretinoin juga tidak bisa berlebihan karena memicu risiko iritasi yang parah.
kulit dan kecantikanproduk kecantikanpencerah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/tretinoin
Diakses pada 23 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/tretinoin-for-acne
Diakses pada 23 Juni 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/7896490
Diakses pada 23 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait