Tren Fitness Pria yang Diprediksi Akan Populer di Tahun 2019

Tren fitness pria di tahun 2019 tidak hanya mencakup latihan fisik, namun juga konsumsi makanan dan kesadaran diri
Pola makan vegan merupakan salah satu tren fitness 2019

Tren fitness atau kebugaran akan selalu menjadi hal yang dicari saat memasuki awal tahun baru. Bagaimana tidak, semua orang berusaha untuk mencari cara dan metode terbaik untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Hal ini dapat berupa pengaturan pola makan, jenis latihan, dan media pelatihan yang juga akan terus berubah dan berkembang. Berikut adalah beberapa tren fitness yang diprediksi akan naik daun di tahun 2019.

1. Memahami Waktu Tepat untuk Makan

Chrono-nutrition akan menjadi tren pertama yang banyak dipikirkan orang saat mencari solusi untuk mengatur pola makan harian. Dalam konsep ini, ungkapan yang digunakan bukanlah mengenai apa yang Anda makan, melainkan kapan dan seberapa banyak Anda makan. Dengan kata lain, makan akan menjadi sebuah aktivitas yang memiliki momen dan waktu tertentu.

Damian Soong, salah satu pendiri Form Nutrition, mengungkapkan bahwa mengatur waktu makanan di sekitar ritme sirkadian memiliki dampak besar bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, gangguan pada jam tubuh Anda berkontribusi pada kasus obesitas.

Apalagi mengingat enzim yang terlibat dalam metabolisme diatur oleh waktu juga. Untuk itu, pahami waktu terbaik untuk makan dan pastikan untuk disiplin melakukannya

2. Mencoba Latihan Kardio Menantang di Air

Jenis kebugaran imersif baru pada tren fitness pria di tahun 2019 akan melibatkan air. Dalam hal ini, pelatihan resistensi berbasis kolam renang akan mulai diminati, di mana seseorang akan menyelam untuk mengambil dumbbell dan kembali ke permukaan saat Anda memegang dumbbell tersebut.

Latihan ini dipelopori oleh seorang peselancar, Laird Hamilton, yang mengeluarkan metode XPT Extreme Pool Training sebagai latihan paling eksklusif untuk latihan kardio dan otot inti yang solid.

3. Melakukan Konsultasi Kesehatan dengan Dokter Secara Online

Di tahun 2019 ini, dokter akan memiliki lebih sedikit jadwal konsultasi karena teknologi akan memudahkan para pasien untuk berkonsultasi tanpa harus bertemu langsung.

Dalam hal ini, konsultasi yang dilakukan bukanlah berupa keluhan melainkan permintaan saran dan anjuran mengenai latihan kebugaran.

Bahkan, sudah banyak situs web yang menawarkan jasa konsultasi dokter online dengan mudah, tanpa harus meluangkan waktu dan tenaga untuk pergi ke tempat praktek dokter.

4. Memperbanyak Informasi Melalui Blog dan Vlog

Selain mendapatkan arahan dari dokter, pria yang ingin mendapatkan tubuh yang semakin bugar, kuat, dengan massa otot terbentuk akan memperbanyak asupan informasi dan blog dan vlog yang tersebar di Internet.

Blog dan vlog ini akan banyak membantu, tetapi pastikan untuk terus mencari referensi terbaik dan imbangi dengan menanyakan pendapat ahlinya untuk dapat menentukan metode fitness yang tepat.

5. Akses Latihan Fisik di Rumah

Di tahun 2019 ini, tren latihan di pusat kebugaran akan sedikit berkurang. Pertimbangannya adalah biaya yang mahal dan waktu yang sulit untuk diluangkan ke pusat kebugaran.

Sebagai gantinya, tren fitness akan mengarah pada latihan fisik outdoor, seperti lari, bersepeda, atau latihan di rumah dengan video panduan. Saat ini juga sudah banyak aplikasi kebugaran yang dapat memandu Anda dalam latihan di rumah.

6. Tren Pola Makan Paleo

Soal diet, prediksi diet yang populer di tahun ini adalah diet paleo, di mana seseorang akan mengonsumsi mayoritas asupan makanan yang bersumber dari hewani. Dalam diet paleo, kebiasaan manusia gua menjadi referensi diet karena dianggap memiliki pola makan yang paling sesuai dengan kerja dasar tubuh manusia.

Diet paleo ini dipercaya mampu memperbaiki sistem kerja tubuh secara menyeluruh. Selain itu, manfaatnya bagi kesehatan juga beragam, seperti menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

Bahkan, beberapa uji klinis juga menemukan bahwa diet ini dapat membantu menurunkan berat badan, mengatasi jerawat, meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, serta mengoptimalkan kinerja atletik tubuh.

7. Tren Pola Makan Vegan

Meskipun diet paleo dan ketogenik menjadi topik utama pemberitaan di bidang kesehatan, veganisme tetap akan berkembang dan semakin berakar di mana-mana. Pasalnya, pelaku diet vegan mengalami peningkatan yang cukup tinggi di tahun 2018.

Alasan orang-orang melakukan diet vegan tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga untuk pelestarian lingkungan dan kepedulian pada hewan.

8. Konsep Keluarga Sehat

Saat Anda sudah semakin terbuka wawasannya mengenai kesehatan dan kebugaran tubuh, Anda akan mulai menjalankannya tidak hanya pada diri Anda tetapi juga pada keluarga Anda. Istri dan anak juga akan ikut serta dalam menjalankan gaya hidup keluarga yang sehat.

Hal ini akan semakin populer di tahun 2019 di mana kelas kebugaran balita dan anak-anak semakin populer dan dicari.

Men's Health. https://www.menshealth.com/uk/fitness/g25601190/new-fitness-trends-2019/

Self. https://www.self.com/story/top-fitness-trends-for-2019

Diakses pada Januari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed