Tranexamic Acid, Kandungan Skincare yang Samarkan Bintik Hitam


Inovasi seputar kandungan dalam produk perawatan kulit atau skincare terus berkembang. Salah satunya adalah tranexamic acid atau asam traneksamat yang berfungsi meratakan warna kulit.

(0)
19 Apr 2021|Azelia Trifiana
Tranexamic acid bermanfaat meratakan warna kulitTranexamic acid bermanfaat meratakan warna kulit
Inovasi seputar kandungan dalam produk perawatan kulit atau skincare terus berkembang. Salah satunya adalah tranexamic acid, asam traneksamat yang mungkin belum familiar bagi banyak orang namun punya khasiat menjanjikan. Utamanya, dalam hal meratakan warna kulit.Jika khasiatnya adalah meratakan warna kulit, artinya menjadi harapan baru bagi yang punya keluhan seputar bekas jerawat, melasma, hiperpigmentasi, atau bercak kemerahan di wajah.

Merunut asal usul tranexamic acid

Sebenarnya, wajar apabila belum banyak orang yang familiar dengan kandungan ini. Belum banyak skincare yang menggunakan formula dengan kandungan asam traneksamat di dalamnya. Kandungan asam ini awalnya digunakan sebagai obat untuk mengurangi menorrhagia atau keluarnya darah berlebih saat haid. Selain itu, obat ini juga termasuk dalam daftar WHO sebagai penanganan untuk perdarahan dalam operasi jantung terbuka.Di dunia medis, umumnya asam traneksamat diberikan dalam bentuk tablet atau suntik.Namun pada tahun 1979, para ahli menemukan tanpa sengaja bahwa pasien yang diobati dengan obat mengandung tranexamic acid, tampak membaik kulitnya. Secara spesifik, warna kulit para pasien tampak lebih merata.Perubahan warna kulit terjadi sebagai konsekuensi atas paparan sinar matahari hingga konsumsi obat resep dokter. Kulit memproduksi melanin berlebih sehingga menyebabkan penumpukan di kulit dalam bentuk bintik hitam atau warna kulit wajah lebih gelap.Cara kerja tranexamic acid untuk kulit adalah menghambat sintesis tirosinase di melanosit. Pada saat yang sama, asam ini juga menahan transfer pigmen dari melanosit ke keratinosit pada lapisan terluar kulit (epidermis).Bonusnya, produk ini juga menenangkan kulit serta membantu mengembalikan kelembapan alami kulit.

Manfaat tranexamic acid untuk kulit

kulit wajah cerah
Asam traneksamat mencerahkan kulit wajah
Apabila dirunut apa saja keunggulan tranexamic acid untuk kulit, berikut beberapa di antaranya:
  • Menyamarkan perbedaan warna kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Menyamarkan luka bekas jerawat
  • Mencerahkan bintik hitam
  • Menyamarkan age spot (solar lentigines)
  • Menghilangkan melasma saat hamil dan hiperpigmentasi akibat radang
Lebih jauh lagi, asam traneksamat juga bisa mengatasi secara efektif pigmentasi yang sudah terjadi sebelumnya. Contohnya melasma yang muncul saat kehamilan hingga hiperpigmentasi akibat peradangan, efek samping perawatan laser.Secara umum, kandungan asam traneksamat aman untuk semua jenis kulit. Hanya saja, bagi yang memiliki kulit sensitif atau eksim sebaiknya mencobanya dulu di bagian dalam pergelangan tangan.Kemudian, produk dengan kandungan asam ini bisa Anda gunakan sehari dua kali. Interaksi dengan kandungan lain seperti vitamin C, SPF, hyaluronic acid, dan retinol pun tetap aman.Namun, tidak disarankan menggunakan produk ini berbarengan dengan acid lainnya karena bisa menyebabkan kulit semakin kering.

Efek samping tranexamic acid

Meskipun asam traneksamat aman untuk seluruh jenis kulit, tetap penting mencari tahu bagaimana kemungkinan interaksinya dengan skincare lain yang selama ini digunakan.Efek samping yang paling mungkin muncul adalah menimbulkan iritasi, terutama bagi yang kulitnya sangat sensitif. Reaksi iritasi bisa berupa kulit tampak kemerahan dan kering.Oleh sebab itu, sebaiknya tambahkan produk skincare yang mengandung asam traneksamat secara bertahap.Namun hingga kini, belum ada efek samping dari penggunaan asam traneksamat secara topikal atau oles. Efek samping yang pernah muncul adalah saat dikonsumsi secara oral.Inilah yang membuat asam traneksamat menjadi populer karena rendahnya risiko efek samping. Bahkan, menggunakan produk dengan kandungan ini tidak membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar ultraviolet.

Bagaimana cara menggunakannya?

Cara terbaik untuk mengaplikasikan skincare yang mengandung tranexamic acid adalah sebelum pelembap. Lebih detail lagi, ada beberapa cara untuk menggunakannya, yaitu sebagai:
  • Acid toner
  • Serum
  • Pelembap
Berbeda dengan kandungan asam lain pada skincare, asam traneksamat ini tidak akan memicu terjadinya exfoliate. Meski demikian, mungkin menemukan produk dengan kandungan tranexamic acid lebih sulit dibandingkan dengan acid lainnya. Jadi, kemungkinan besar formula ini ditemukan dalam bentuk serum.Selain itu, ada pula kemungkinan mendapatkan injeksi atau suntikan asam traneksamat lewat perawatan kulit tertentu. Namun bagi yang ingin memperkenalkan bertahap kandungan baru dalam rangkaian skincare, sebaiknya pilih yang berbentuk serum.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara menjaga kesehatan kulit akibat paparan sinar ultraviolet, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitproduk kecantikankosmetik
Byrdie. https://www.byrdie.com/tranexamic-acid-for-skin
Diakses pada 5 April 2021
WHO. https://www.who.int/groups/expert-committee-on-selection-and-use-of-essential-medicines/essential-medicines-lists
Diakses pada 5 April 2021
Journal of Research in Medical Sciences. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4235096/
Diakses pada 5 April 2021
Elle. https://www.elle.com/uk/beauty/skin/a32942673/tranexamic-acid/
Diakses pada 5 April 2021
Glamour Magazine. https://www.glamourmagazine.co.uk/article/tranexamic-acid
Diakses pada 5 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait