Macam-Macam Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 30 Minggu, dan Perubahan yang Dirasakan Ibu


Orangua pasti akan selalu memantau perkembangan anaknya dari masih dalam kandungan sampai sudah dewasa. Saat berada pada tahapan janin 30 minggu, sang buah hati sudah berukuran kurang lebih sebesar kubis atau brokoli.

(0)
02 Dec 2019|Anita Djie
janin 30 minggu penglihatannya semakin berkembangjanin 30 minggu sudah aktif bergerak
Saat memasuki masa kehamilan 7 bulan atau saat usia janin 30 minggu, ada banyak perubahan yang dialami bayi dalam kandungan. Salah satu milestone di usia kandungan yang sudah mencapai 30 minggu adalah bentuk janin dan otaknya mulai sempurna.Di kehamilan usia 30 minggu atau tujuh bulan, sang ibu juga akan mengalami beberapa perubahan fisik dan hormon. Lantas apa saja perkembangan janin di minggu ke-30 ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Seperti apa perkembangan janin 30 minggu?

Ketika sudah mencapai usia 30 minggu, tubuh bayi akan memiliki panjang kurang lebih 39,9 sentimeter atau hampir 40 cm. Sementara berat janin 30 minggu kurang lebih 1,3 kilogram. Bisa dikatakan, janin usia 30 minggu kurang lebih seukuran dengan kubis atau brokoli.Apa lagi perkembangan bayi dalam kandungan di usia kehamilan 30 minggu?

1. Sudah bisa bedakan gelap dan terang

Salah satu perkembangan janin di usia 30 kehamilan adalah buah hati yang sudah bisa mengenali gelap dan terang. Pada minggu ini, si Kecil sudah bisa merespon cahaya yang dipancarkan ke perut Anda dengan menolehkan kepala ke sumber cahaya.Akan tetapi, penglihatan janin usia di 30 minggu masih belum sempurna. Proses perkembangan penglihatan ini akan terus berlanjut setelah bayi sudah lahir.Baca juga: Tahap-tahap Perkembangan Janin Trimester Ketiga

2. Otak janin mulai sempurna

Selain penglihatan, otak janin juga semakin berkembang. Awalnya permukaan otak bayi masih mulus, tepi saat kehamilan sudah memasuki tujuh bulan, otaknya mulai terbentuk lekukan-lekukan yang dinamakan gyrus.Lekukan-lekukan tersebut meningkatkan luas jaringan di otak yang penting untuk membantu anak mempelajari berbagai macam hal nantinya.Janin berusia 30 minggu juga sudah bisa mengatur suhu tubuhnya dan sumsum tulangnya sudah mulai memproduksi sel merah.

3. Paru-paru mulai berkembang

Dikutip dari American Preganancy, cairan ketuban yang melindungi bayi akan terus meningkat hingga minggu ke-30.Namun, perlahan pertambahan cairan ketuban akan semakin melambat seiring bertumbuhnya bayi dalam kandungan.Pada masa ini sistem pernapasan dan paru-paru juga semakin berkembang.Selain itu, janin yang membesar akan mulai mengambil ruang lebih banyak di rahim dan membuat rahim melebar sampai di bawah tulang rusuk.Baca juga: Penyebab Janin Belum Masuk Panggul, Haruskah Bunda Khawatir?

4. Kepala bayi mulai turun ke panggul

Posisi janin usia 30 minggu normalnya sudah harus berada di bawah rahim ibu menuju jalan lahir untuk mempersiapkan kelahiran.Namun, gerakan janin 30 minggu masih bisa terus aktif sehingga dapat menyebabkan kemungkinan posisinya berubah dari posisi kepala di bawah menjadi sungsang.Janin di usia ini juga sudah mulai berlatih pernapasan berulang dengan mengikuti diafragma ibu. Kulitnya juga semakin berlemak hingga semakin tebal dan tidak lagi terlihat keriput.Baca juga: Ini Cara Mengetahui Posisi Bayi dalam Perut dengan Belly Mapping

Apa yang dirasakan ibu saat hamil 30 minggu?

Calon ibu yang sudah memasuki usia kehamilan 30 minggu atau tujuh bulan akan merasa lebih cepat lelah.Sebab, berat badan naik dan tubuh sang ibu memproduksi berbagai hormon yang membuat persendiannya melonggar dan menimbulkan pembesaran pada kaki yang dapat bersifat permanen.Ditambah dengan munculnya tanda-tanda kehamilan di masa awal akibat perubahan hormon, seperti payudara yang melunak, rasa lelah, sembelit, kembung, sensasi panas di dada (heartburn), dan keinginan untuk buang air kecil yang meningkat.Calon ibu mungkin perlu mencari tahu posisi tidur paling nyaman yang sesuai dengan dirinya.Wanita yang mengandung janin usia 30 minggu bisa mengalami insomnia, sakit di punggung, dan perubahan suasana hati atau mood. Stretch mark pun mulai terlihat di tubuh ibu pada masa ini.

Apa yang perlu dilakukan saat janin 30 minggu?

Janin usia 30 minggu menandakan bahwa Anda hanya memiliki kira-kira 10 minggu lagi untuk mempersiapkan kelahiran si Kecil.Di saat ini, Anda bisa berdiskusi dengan pasangan dan dokter kandungan mengenai metode melahirkan yang sesuai untuk diri Anda.Calon ibu yang mengandung janin usia 30 minggu bisa melakukan atau tetap menjalani senam kegel yang dapat membantu melancarkan proses kelahiran bayi.Sangat direkomendasikan untuk pasangan meletakkan tangannya di perut calon ibu yang sedang mengandung janin 30 minggu untuk merasakan pergerakan dari bayi. Hal ini berguna untuk membentuk hubungan dengan sang buah hati dan pasangan.Apabila Anda atau pasangan memiliki keluhan, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengatasinya dengan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.Jika Anda ingin berkonsultasi langsung pada dokter perihal perkembangan janin usia 30 minggu, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
kehamilantrimesteribu hamil
American Pregnancy Association. https://americanpregnancy.org/week-by-week/30-weeks-pregnant/
Diakses pada 29 November 2019
Babycenter. https://www.babycentre.co.uk/30-weeks-pregnant
Diakses pada 29 November 2019
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-30.aspx
Diakses pada 29 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait