Tradisi Tujuh Bulanan dan Perkembangan Janin 30 Minggu

Tujuh bulanan adalah sebuah tradisi yang sudah akrab bagi orang Indonesia. Makna tradisi ini adalah untuk mendoakan sang ibu agar proses persalinannya nanti berjalan dengan lancar.

Sebenarnya waktu ini cukup pas dipilih karena ada banyak perubahan yang dialami baik oleh janin dan calon ibu.  Waktu tujuh bulan atau 30 minggu juga adalah waktu di mana bentuk tubuh janin dan otaknya mulai terbentuk ke arah sempurna. Pada waktu tujuh bulan ini juga sang ibu akan mengalami beberapa perubahan fisik dan hormon.

Tertarik mengetahui apa saja yang akan terjadi pada Anda dan Si Kecil di masa kehamilan 7 bulan? Yuk, baca terus.

Seperti apa perkembangan janin 30 berusia minggu?

Ketika sudah mencapai tahap janin 30 minggu, si Kecil akan memiliki panjang kurang lebih 39,9 sentimeter dengan berat kurang lebih 1,3 kilogram. Bisa dikatakan, janin 30 minggu kurang lebih seukuran dengan kubis atau brokoli.

Dalam tahapan janin 30 minggu, buah hati sudah bisa mengenali gelap dan terang. Oleh karenanya, si Kecil yang berada pada tahapan 30 minggu sudah bisa merespon cahaya yang dipancarkan di perut dengan menolehkan kepalanya dan melihat sumber cahaya.

Akan tetapi, janin usia 30 minggu belum memiliki penglihatan yang sempurna dan masih manjalani proses perkembangan penglihatan. Proses perkembangan penglihatan ini akan terus berlanjut setelah bayi sudah lahir.

Selain penglihatan, otak janin juga makin berkembang. Awalnya permukaan otak si Kecil masih mulus, tetapi saat sudah memasuki waktu tujuh bulan, di otaknya mulai terbentuk lekukan-lekukan atau yang dinamakan gyrus.

Lekukan-lekukan tersebut meningkatkan luas jaringan di otak yang penting untuk membantu anak mempelajari berbagai macam hal nantinya. Janin berusia 30 minggu juga sudah bisa mengatur suhu tubuhnya dan sumsum tulangnya sudah mulai memproduksi sel merah.

Cairan ketuban yang melindungi bayi akan terus meningkat tiap minggunya hingga minggu ke-30 tetapi perlahan pertambahan cairan ketuban akan makin melambat seiring bertumbuhnya bayi dalam kandungan.

Pada masa ini juga janin yang membesar akan mulai mengambil ruang lebih banyak di rahim dan membuat rahim melebar sampai di bawah tulang rusuk.

Kondisi calon ibu saat janin 30 minggu

Bagi calon ibu yang sudah memasuki masa kehamilan 30 minggu atau tujuh bulan akan merasa lebih cepat lelah. Tubuh sang ibu memproduksi berbagai hormon yang membuat persendiannya melonggar dan menimbulkan pembesaran pada kaki yang dapat bersifat permanen. Ditambah dengan munculnya tanda-tanda kehamilan di masa awal, seperti payudara yang melunak, rasa lelah, sembelit, kembung, sensasi panas di dada (heartburn), dan keinginan untuk buang air kecil yang meningkat.

Calon ibu mungkin perlu mencari tahu posisi tidur paling nyaman yang sesuai dengan dirinya. Wanita yang mengandung janin 30 minggu bisa mengalami insomnia, sakit di punggung, dan perubahan suasana hati atau mood. Stretch mark pun mulai terlihat pada masa ini.

Apa yang perlu dilakukan saat janin 30 minggu?

Janin 30 minggu menandakan bahwa Anda hanya memiliki kira-kira 10 minggu lagi untuk mempersiapkan kelahiran si Kecil. Di saat ini, Anda bisa berdiskusi dengan pasangan dan dokter kandungan mengenai metode melahirkan yang sesuai untuk diri Anda.

Calon ibu yang mengandung janin 30 minggu bisa melakukan atau tetap menjalani senam kegel yang dapat membantu melancarkan proses kelahiran bayi.

Sangat direkomendasikan untuk pasangan meletakkan tangannya di perut calon ibu yang sedang mengandung janin 30 minggu untuk merasakan pergerakan dari bayi. Hal ini berguna untuk membentuk hubungan dengan sang buah hati dan pasangan.

Apabila Anda atau pasangan memiliki keluhan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

American Pregnancy Association. https://americanpregnancy.org/week-by-week/30-weeks-pregnant/
Diakses pada 29 November 2019

Babycenter. https://www.babycentre.co.uk/30-weeks-pregnant
Diakses pada 29 November 2019

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-30.aspx
Diakses pada 29 November 2019

Artikel Terkait