Titik Refleksi Insomnia untuk Atasi Susah Tidur


Banyak cara dilakukan untuk mengatasi insomnia, salah satunya dengan akupresur. Memberikan pijatan di titik refleksi tertentu dapat membantu Anda cepat ngantuk, merelaksasi saraf, dan akhirnya terlelap.

0,0
titik refleksi insomniaTitik refleksi atau pijat tertentu dapat membantu mengatasi insomnia
Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat Anda susah tidur. Jika berlangsung terus-menerus, kondisi ini bisa memengaruhi kondisi kesehatan Anda.Itu sebabnya, Anda perlu mengetahui cara mengatasi insomnia, salah satunya dengan pijat refleksi alias, akupresur, pada titik tertentu.Kenali titik refleksi insomnia untuk atasi susah tidur berikut ini.

Manfaat dan cara kerja akupresur untuk atasi insomnia

Untuk mengatasi sulit tidur, akupresur dapat menjadi solusi. Dalam The Journal of Alternative and Complementary Medicine, akupresur termasuk cara yang efektif dan cenderung aman untuk mengatasi insomnia.Berbeda dengan akupunktur yang menggunakan jarum, akupresur melibatkan penggunaan sentuhan tangan dan jari pada titik tekan tertentu. Titik tekan atau titik refleksi ini akan disesuaikan dengan aspek kesehatan. Akupresur bekerja dengan cara merangsang sistem peredaran darah, limfatik, dan hormonal. Hal ini membantu fungsi sistem kekebalan tubuh dan kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Secara umum, manfaat akupresur antara lain:
  • Menghilangkan stres, ketegangan, dan kecemasan
  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Relaksasi otot dan sendi
  • Menenangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat olahraga atau cedera
  • Mengurangi masalah pencernaan
  • Meminimalkan sakit kepala

Titik akupresur agar cepat ngantuk dan atasi insomnia 

Meskipun akupresur biasa dilakukan oleh terapis, Anda juga bisa mengenali titik refleksi insomnia dan melakukan sedikit pijatan sendiri agar dapat cepat tidur. Berikut ini beberapa titik refleksi insomnia untuk mengatasi sulit tidur.

1. An Mian

Di dunia akupresur dan akupunktur, titik An Mian digunakan untuk mengatasi insomnia. Titik An Mian berada di kedua sisi leher.Untuk menemukannya, letakkan jari di belakang daun telinga. Kemudian gerakkan jari tepat di belakang tonjolan tulang dan tekan secara ringan. Selain mengatasi insomnia, An Mian juga dapat digunakan untuk mengurangi kecemasan, vertigo, dan sakit kepala. 

2. Shen Men

Titik refleksi insomnia HT7 atau Shen Men berada di bagian bawah pergelangan tangan, sejajar dengan jari kelingking. Untuk menemukannya, tekuk tangan sedikit ke depan dan temukan lipatannya. Beri tekanan ringan pada bagian terluar yang sejajar dengan jari kelingking. Tekanan dapat dilakukan dengan gerakan memutar atau naik-turun selama 2-3 menit.

3. SP6

Tak hanya sulit tidur, titik refleksi SP6 (San Yin Jiao) juga, kram menstruasi, masalah kencing, dan masalah panggul.Untuk menemukan titik ini, tempatkan 4 jari tangan di bagian teratas pergelangan kaki. Titik teratas adalah titik SP6. Kemudian, tekan dengan dalam menggunakan gerakan memutar atau naik-turun pada titik tersebut. Lakukan penekanan ini selama 4-5 detik. 

4. Tai Chong

Titik LV3 atau Tai Chong dapat mengatasi insomnia yang disebabkan oleh kecemasan dan stres. Titik ini berada di antara jempol kaki dan telunjuk kaki. Tekan dengan kuat dan dalam pada area titik ini, serta lakukan selama 3 menit bergantian sisi kanan dan kiri. 

5. Taixi

Titik Taixi atau KD3 merupakan salah satu titik refleksi insomnia yang berada tepat di atas tumit kaki bagian dalam. Selain membantu meringankan insomnia, kombinasi titik Taixi dan Shen Men juga diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

6. Yin tang

Titik Yin Tang berada di antara alis kanan dan kiri, tepat di atas hidung. Melakukan penekanan pada titik ini dapat mengatasi insomnia, perasaan takut, agitasi, dan kegelisahan. 

Cara lain atasi insomnia 

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sulit tidur. Selain minum obat tidur atau akupresur, beberapa cara berikut ini bisa Anda coba agar cepat tidur di malam hari: 
  • Mematikan lampu kamar saat tidur atau gunakan lampu tidur yang redup
  • Mendengarkan musik yang menenangkan
  • Menggunakan losion dengan aroma yang menenangkan
  • Memasang aromaterapi untuk tidur
  • Melakukan meditasi atau yoga sebelum tidur.

Catatan dari SehatQ

Insomnia adalah gangguan tidur yang paling umum terjadi. Jika dibiarkan kondisi ini bisa berdampak pada berkurangnya kualitas hidup dan masalah kesehatan. Dibandingkan menggunakan obat tidur, teknik akupresur dapat Anda coba terlebih dulu.Dengan membaca artikel di atas, Anda bisa mengetahui dan mempelajari beberapa titik saraf agar cepat tidur yang dapat Anda coba di rumah. Jika ragu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter atau terapis sebelum melakukan akupresur. Anda juga bisa berkonsultasi secara online terkait titik refleksi insomnia atau cara mengatasi masalah tidur lainnya menggunakan fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
tidurwaktu tidurgangguan tidurmasalah tidurpijat
Trials. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5842538/
Diakses pada 4 Agustus 2021
The Journal of Alternative and Complementary Medicine. https://www.liebertpub.com/doi/abs/10.1089/acm.2006.6400
Diakses pada 4 Agustus 2021
Acupuncture and Massage College. https://www.amcollege.edu/blog/benefits-acupressure-massage
Diakses pada 4 Agustus 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327274
Diakses pada 4 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait