logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

18 Titik Rangsang Wanita dari Kepala hingga Kaki yang Banyak Tak Disadari

open-summary

Titi rangsang wanita yang paling sensitif adalah klitoris. Pada klitoris terdapat 8.000 ujung saraf yang membuatnya sangat mudah terstimulasi oleh rangsangan seperti sentuhan tangan maupun lidah. Klitoris bahkan memiliki lebih banyak ujung saraf dibanding vulva yang sering area utama sentuhan ketika melakukan hubungan seksual.


close-summary

9 Agt 2022

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Titik rangsang wanita tersebar dari kepala, leher, perut, vagina, hingga kaki

Titik rangsang wanita tersebar di seluruh tubuh, mulai dari kepala hingga kaki

Table of Content

  • Berbagai titik rangsang wanita
  • Cara lain tingkatkan gairah selain dengan titik rangsang wanita

Tak banyak yang tahu, titik rangsang wanita sebenarnya tersebar di seluruh tubuh. Selain vagina dan payudara, wanita bisa terangsang dengan sentuhan-sentuhan lembut di area kepala, leher, bahkan pergelangan tangan. Tentu, ini semua tergantung dari banyak faktor, seperti ketertarikan wanita tersebut kepada pasangannya ataupun faktor emosional lainnya.

Advertisement

Namun, dengan mengetahui titik rangsang wanita, Anda dan pasangan bisa melakukan eksplorasi untuk membuat hubungan intim kian erat dan seru. Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki titik rangsang yang berbeda-beda, sehingga area-area yang akan di sebutkan di bawah ini, belum tentu akan membangkitkan gairah meski diberikan stimulasi.

Berbagai titik rangsang wanita

Titik rangsang wanita yang utama tentu adalah vagina dan area di sekitarnya. Namun, bisa saja Anda belum mengetahui bahwa ada titik-titik tertentu di vagina yang lebih sensitif, sehingga akan membuat sesi bercinta Anda makin bergairah.

Wanita akan mudah mencapai orgasme apabila saat hubungan seksual yang dijalani disertai dengan stimulasi di berbagai titik rangsangnya.

Berikut adalah titik rangsang wanita yang perlu diketahui:

1. Klitoris

Titik rangsang wanita paling sensitif adalah klitoris
Titik rangsang wanita yang paling sensitif adalah klitoris

Di klitoris, terdapat sekitar 8.000 ujung saraf. Tidak heran, area ini merupakan salah satu bagian titik rangsang wanita yang paling sensitif. Faktanya, fungsi utama dan juga satu-satunya dari klitoris adalah sebagai pemberi kenikmatan seksual pada wanita.

Banyak orang mengira klitoris adalah tonjolan kecil di ujung atas vulva. Meski hal ini tidaklah salah, namun Anda perlu ketahui bahwa tonjolan kecil tersebut hanyalah sebagian dari klitoris. Klitoris sebenarnya adalah jaringan kompleks yang meluas tidak hanya di permukaan kulit, tapi juga ke dalam.

Sebagai titik rangsang wanita yang sensitif, klitoris bisa distimulasi dengan berbagai cara, mulai dari sentuhan tangan, jilatan lidah saat seks oral, hingga getaran dari alat bantu seks (sex toys). Anda dapat menstimulasi atau merangsang bagian klitoris sebagai bagian dari foreplay.

2. G-Spot

Banyak orang menganggap, menstimulasi G-Spot adalah salah satu cara paling jitu agar wanita bisa mencapai orgasme. Lokasi G-Spot berada di dinding vagina bagian dalam, di sebelah atas. Secara anatomi, G-spot disebut sebagai jaringan tebal yang berada di antara vagina dan uretra atau saluran kemih.

Menstimulasi dua titik rangsang wanita sekaligus yaitu klitoris dan G-spot dinilai bisa memberikan klimaks yang penuh atau maksimal bagi wanita. Sebab, stimulasi klitoris dan g-spot akan mengaktifkan ujung-ujung saraf yang berbeda sehingga sensasi kenikmatan yang dialami dianggap lebih menyeluruh.

3. A-Spot

Salah satu area titik rangsang wanita yang belum banyak diketahui adalah A-Spot. A-Spot adalah area yang terdapat di bukaan vagina bagian bawah, lebih tepatnya di antara leher rahim dan kandung kemih. Area ini penuh dengan ujung saraf, sehingga sensitif terhadap rangsangan.

A-spot bisa ditemukan dengan jari. Setelah jari masuk ke lubang vagina, coba tekuk ke atas, ke arah pusar hingga menemukan jaringan tebal yang empuk berukuran sebesar biji kacang. Itu adalah titik G-spot. Dari titik tersebut, arahkan jari semakin ke dalam sekitar 5 cm untuk menemukan A-spot.

4. Leher rahim

Menstimulasi titik rangsang wanita di leher rahim, merupakan tahap selanjutnya. Wanita perlu benar-benar merasa terangsang sebelum bisa menikmati stimulasi di area ini. Stimulasi dapat dilakukan dengan melakukan penetrasi yang dalam pada vagina.

5. Mons pubis

Mons pubis adalah area di atas klitoris dengan banyak ujung saraf yang terhubung ke vagina. Ini adalah area tempat tumbuhnya rambut kemaluan. 

Titik rangsang wanita ini bisa distimulasi dengan memijat ke arah atas dan bawah untuk menstimulasi klitoris dan vagina secara tidak langsung.

6. Payudara

Titik rangsang wanita yang lain adalah payudara
Titik rangsang wanita lain adalah payudara

Menstimulasi payudara, mengaktifkan area yang sama di otak, dengan stimulasi yang diterima di area genital. Sedikit tips, Anda bisa memulai stimulasi secara perlahan dengan “bermain” di area sekitar puting sebelum mulai menstimulasi puting.

7. Bibir

Bibir bisa menjadi titik rangsang wanita selanjutnya. Berciuman, bisa menjadi awal dari foreplay. Anda juga bisa sedikit mengisap bibir bawah pasangan Anda untuk menambah sensasi.

8. Pergelangan tangan bagian dalam

Tak banyak yang tahu jika pergelangan tangan bagian dalam memiliki banyak ujung saraf. Sehingga area ini bisa menjadi titik rangsang wanita yang menarik untuk dieksplorasi saat memulai foreplay. Sentuh area ini secara perlahan sambil berkontak mata, sambil biarkan pasangan menangkap sinyal dari Anda.

9. Leher bagian belakang

Leher bagian belakang titik rangsang wanita
Stimulasi area leher sebagai salah satu titik rangsang wanita

Bagi beberapa wanita, stimulasi di leher bagian belakang, bahkan lebih menggairahkan dibandingkan stimulasi di payudara. Ciuman di leher atau sentuhan secara perlahan dengan jari, bisa memicu gairah pasangan.

10. Telinga

Kulit telinga yang sensitif, ditambah lagi ratusan reseptor sensori di dalam telinga, membuat organ ini menjadi titik rangsang yang disenangi banyak wanita. Anda bisa berbisik ke telinga pasangan atau meniupkan sedikit udara, untuk menggelitik gairahnya.

11. Pusar dan perut bagian bawah

Bermain di titik rangsang wanita yang satu ini bisa menyenangkan. Anda dapat memainkan es batu atau gunakan lidah maupun ujung jari Anda pada titik ini untuk menstimulasi gairah pasangan.

12. Kulit kepala

Kulit kepala bisa menjadi titik rangsang wanita. Sebab, area ini penuh dengan ujung-ujung saraf. Tidak heran, mengelus rambut sedikit saja sudah bisa menimbulkan sensasi tertentu di tubuh.

13. Lutut bagian belakang

Area ini jarang disentuh, namun ternyata memiliki banyak ujung saraf. Sehingga, lutut bagian belakang bisa menjadi titik rangsang wanita yang tidak disangka-sangka. Memijat area tersebut dapat memantik kehangatan antara Anda dan pasangan.

14. Lengan bagian dalam dan ketiak

Belum pernah mencoba bermain di area ketiak saat foreplay? Sekarang, sudah saatnya Anda mulai mencoba. Sensasi awal yang akan keluar pasti adalah rasa geli. Namun setelah itu, hasil stimulasi akan mulai muncul dan membuat foreplay Anda dijamin tidak membosankan.

15. Paha bagian dalam

Paha bagian dalam termasuk salah satu titik rangsang wanita karena sangat sensitif terhadap sentuhan. Mengelus perlahan area tersebut, sambil menstimulasi area lain seperti berciuman, bisa menjadikan foreplay semakin seru.

16. Telapak kaki

Titik rangsang wanita di bagian bawah adalah telapak dan jari kaki
Telapak kaki bisa jadi titik rangsang wanita

Telapak kaki tidak hanya memiliki titik refleksi, tapi juga bisa dijadikan sebagai titik rangsang wanita. Dengan memijat atau menekan beberapa titik di telapak kaki, aliran darah akan semakin lancar dan pada akhirnya bisa membangkitkan gairah. Tentu, selama Anda memijatnya dengan cara yang tepat.

Sebagian wanita mungkin akan merasa geli ketika dirangsang di bagian telapak kaki, tapi sebagian merasa bahwa dipijat dan memijat telapak kaki bisa jadi salah satu cara foreplay, apalagi disertai sedikit permainan seperti menjilat maupun menghisap jari satu per satu.

17. Bokong

Bokong bisa jadi salah satu area tempat wanita suka menerima rangsangan. Komunikasikan pada pasangan jenis rangsangan yang ia suka, sedikit keras atau lebih memilih kelembutan. Anda bisa bermain di area bokong baik saat foreplay maupun ketika berhubungan seksual.

18. Jari-jari dan telapak tangan

Jari-jari dan telapak tangan sebenarnya bisa jadi titik rangsang wanita yang cukup sensitif selama Anda tahu cara bermain dengannya. 

Anda bisa menggenggam telapak tangan pasangan dengan meletakkan tangan Anda di atas tangannya lalu secara perlahan gerakkan jari jemari Anda turun ke telapak. Anda juga bisa menggelitik sekilas bagian telapak tangan pasangan. Untuk meningkatkan intimasi, lakukan hal-hal ini sambil menatapnya dengan lembut langsung di mata.

Baca Juga: Cara Membuat Miss V Geli untuk Sesi Bercinta yang Lebih Seru

Cara lain tingkatkan gairah selain dengan titik rangsang wanita

Sudah mencoba menstimulasi titik rangsang wanita seperti di atas, namun belum berhasil membuatnya lebih bergairah? Ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal tersebut.

Selain karena titik rangsang wanita berbeda-beda, membuat wanita merasa bergairah memang bukan perkara mudah.
Para ahli menyebutkan, jalur wanita untuk terangsang memang lebih rumit jika dibandingkan dengan pria. Faktor lain seperti lingkungan, hormon, atau bahkan kondisi mental, juga dapat memengaruhi.

Meningkatkan gairah tidak hanya sekedar menstimulasi titik rangsang wanita. Cara-cara di bawah ini, juga patut dipertimbangkan agar hubungan seksual menjadi lebih harmonis dalam jangka panjang.

• Perbaiki kualitas hubungan

Jika seorang wanita sudah tidak menikmati perannya dalam satu hubungan, hal ini juga akan berpengaruh pada gairah seksualnya. Penurunan gairah seksual yang dipicu masalah hubungan bisa saja tidak terpengaru meski ada rangsangan di titik sensitif wanita.

Sehingga, agar hubungan intim dengan pasangan bisa kembali menyenangkan, cobalah untuk memperbaiki kembali kualitas hubungan dengan merencanakan kencan, melakukan aktivitas bersama di luar kamar tidur, dan menghabiskan waktu yang berkualitas berdua dengannya.

• Redakan gangguan kecemasan

Cemas berlebihan bisa meredupkan gairah seksual. Karena itu, coba lah untuk meredakan gangguan kecemasan dengan berkonsultasi dengan psikolog maupun psikiater untuk bisa kembali tenang. Tidak hanya untuk kehidupan seksual, meredakan gangguan kecemasan juga akan memperbaiki kehidupan secara keseluruhan. 

• Tidur yang cukup dan berkualitas

Tidur yang cukup dan berkulitas bisa memperbaiki suasana hati dan mengembalikan energi. Sebab, wanita yang tidur cukup saat malam hari, akan memiliki gairah seksual yang lebih tinggi pada keesokan harinya, dibandingkan dengan yang kurang tidur.

• Konsumsi makanan yang bergizi

Makanan yang bergizi, berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk dalam hal seksual. Mengonsumsi sayur, makanan yang rendah gula, dan tinggi protein, bisa mencegah kelainan yang akan berdampak pada turunnya gairah.

• Olahraga teratur

Sama seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara teratur, seperti melatih otot dasar panggul juga dapat membantu mencegah terjadinya gangguan kesehatan, yang akan memengaruhi gairah seksual.

Hal yang terpenting dari mempraktikkan stimulasi pada titik rangsang wanita adalah mengetahui area yang memang disenangi pasangan Anda. Sehingga, komunikasi menjadi hal yang penting untuk mencapai kepuasan seksual bersama.

Baca Juga

  • Begini Cara Jaga Kesehatan Vagina Tanpa Sabun Pembersih Kewanitaan
  • Jenis Pelumas Kondom yang Aman dan Nikmat untuk Digunakan Saat Berhubungan
  • Keputihan Setelah Berhubungan Intim, Kapan Harus Khawatir?

Menstimulasi titik rangsang wanita memang bisa menjadi salah satu cara untuk memperkaya sesi bercinta Anda dan pasangan. Namun ini bukan satu-satunya cara untuk membuat wanita menikmati hubungan intim yang dijalani. Ada koneksi emosional yang perlu dibangun untuk mendapatkan klimaks terbaik. 

Bagi wanita yang kesulitan untuk orgasme, mengeksplor berbagai titik rangsang wanita yang jarang diketahui bisa menjadi salah satu usaha untuk membangkitkan gairah. Sebelum minum obat kuat wanita, ada baiknya Anda mencoba dahulu titik-titik sensitif di tubuh untuk mengetahui keinginan tersembunyi yang selama ini belum diketahui.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar kesehatan seksual, konsultasikan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh gratis di App Store dan Google Play.

Advertisement

hubungan sekshubungan seksualorgan intim wanitaobat perangsang wanita

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved